Contoh Soal Akuntansi Musyarakah dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi musyarakah dan jawabannya tentu berlangsung antara mitra aktif dan mitra pasif. Akad musyarakah adalah kerjasama antara dua orang dalam menjalanan kegiatan usaha dimana masing-masing pihak memberikan tenaga dan modal. Musyarakah dalam akuntansi keuangan lanjutan dikenal firma atau persetukuan.

Contoh perhitungan nisbah bagi hasil akad musyarakah dan jawabannya akan memperlihatkan bagimana alur pembagian kerugian dan keuntungan usaha. Kerugian investasi musyaraka akan mengakibatkan penurunan nilai aset sebagai pengurang dana investasi masing-masing mitra.

Pertanyaan tentang akuntansi akad musyarakah berkaitan dengan pengembalian modal mitra pasif dalam investasi musyarakah menurun. Bagi hasil atau nisbah akan disesuaikan dengan laporan laba rugi dan dasar yang digunakan dalam pembagian keuntungan perusahaan pada akhir periode.

Contoh Soal Akuntansi Musyarakah dan Jawabannya


Contoh Soal Akad Musyarakah dan Jawabannya

Contoh soal akad musyarakah dan jawabannya akan menjadikan masing-masing mitra bertanggungjawab atas pengeloaan dana pada usaha yang dijalankan. Kerugian akan dibebankan secara proporsional bergantung jumlah modal yang disetorkan atau nisbah yang disepakati mitra aktif dan mitra pasif.

Contoh soal transaksi akad musyarakah pada dasarnya hampir sama dengan transaksi mudharabah. Pengertian musyarakah menurut para ahli adalah akad kerjasama antara pemilik modal untuk menjalankan kegiatan usaha agar memperoleh keuntungan yang disepakati dan memperlebar pangsa pasar.

Contoh soal akuntansi musyarakah dan jawabannya telah terjadi pada PT Masraffi yang didirikan oleh Ayahraffi dan Iburaffi. Mitra aktif dan mitra pasif akan memperoleh bagi hasil sebesar 2:3 dan PT Masraffi memperoleh laba tahun berjalan sebesar Rp 63.765.000. Bagaimana cara membagi nisbah musyarakah?

Baca Juga: Contoh Soal Akad Ijarah dan Jawabannya

Pertanyaan Tentang Akuntansi Musyarakah Menurun dan Musyarakah Permanen

Pertanyaan tentang akuntansi musyarakah menurun dan musyarakah permanen tentunya berkaitan dengan dana yang digunakan untuk membuat suatu usaha. Makalah akuntansi transaksi pembiayaan musyarakah akan mengingat bahwa perusahaan telah mengeluarkan dana agar investasi dapat mendatangkan keuntungan.

Pertanyaan tentang akuntansi musyarakah menurun adalah kerjasama dimana modal dari salah satu pihak akan berkurang selama periode menjalankan usaha tersebut. Contoh musyarakah menurun seperti usaha yang dibantu oleh perbankan sehingga mitra aktif harus dapat mengembalikan pinjaman dana tersebut.

Pertanyaan tentang akad musyarakan dalam akuntansi syariah tentunya melibatkan kapan waktu berakhirnya akad tersebut. Pengakuan awal transaksi musyarakah yaitu ketika adanya kas atau setara kas yang diserahkan ke perusahaan. Akad musyarakah akan berakhir ketika adanya pelanggaran terhadap akad dan tidak terpenuhinya prinsip syariah dalam menjalankan kegiatan usaha.

Baca Juga: Contoh Soal Akad Istishna dan Jawabannya

Cara Menghitung Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah

Cara menghitung bagi hasil pembiayaan musyarakah akan membagikan nisbah kepada mitra aktif dan mitra pasif. Mitra aktif akan memperoleh keuntungan lebih besar daripada mitra pasif. Pengelola dana musyarakah harus menyelenggarakan pencatatan agar dapat melaporkan kinerja keuangan mitra usaha tersebut.

Contoh soal perhitungan bagi hasil pembiayaan musyarakah akan mengakui investasi yang belum dikembalikan sebagai kewajiban jangka pendek. Pendapatan bagi mitra aktif akan diakui sebagai pendapatan usaha. Sedangkan, Pendapatan bagi mitra pasif akan diakui sebagai bagi hasil investasi musyarakah.

Cara menghitung nisbah pembiayaan musyarakah harus menetapkan laporan laba rugi sebagai dasar penentuan bagi hasil. Profit sharing menjadi dasar pembagian nisbah karena masing-masing pihak akan menanggung laba atau rugi transaksi. Adapun perhitungan nisbah bagi hasil sebagai berikut:

Nisbah Mitra Pasif = Rp 63.765.000 x 3 : 5 = Rp 38.259.000
Nisbah Mitra Aktif = Rp 63.765.000 x 2 : 5 = Rp 25.506.000

Baca Juga: Contoh Soal Akad Salam dan Penyelesaiannya

Demikian contoh soal akuntansi musyarakah dan jawabannya semoga dapat membantu menghitung keuntungan dan kerugian yang harus ditanggung oleh mitra aktif atau mitra pasif.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Musyarakah dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel