Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsinya

Konten [Tampil]

Pengertian sistem informasi akuntansi menjadi materi kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa dalam rangka mengetahui tujuan, fungsi, perbedaan dan definisinya. Akuntansi sebagai sistem informasi artinya informasi yang berupa laporan keuangan dapat digunakan untuk mengambil keputusan taktis bagi perusahaan.

Tujuan sistem informasi akuntansi didirikan adalah mengevaluasi pengendalian internal dalam proses memperoleh bukti transaksi bagi perusahaan. Sistem informasi yang menangani tugas-tugas dari akuntansi disebut dengan sistem informasi akuntansi manajemen. Contoh sistem seperti sistem pernafasan di tubuh.

Fungsi sistem informasi akuntansi akan mencegah terjadinya kecurangan dalam pembuatan bukti transaksi. Makalah sistem informasi manajemen keuangan sekurang-kurangnya berisi pengertian, tujuan, fungsi, perbedaan dan contoh sistem informasi akuntansi yang ada diperusahaan.

Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsinya


Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian sistem informasi akuntansi menurut para ahli adalah sistem yang dibuat dalam rangka menyelesaiakan pekerjaan yang secara rutin terjadi. Sistem akuntansi akan berisikan tentang dokumen formulir dan catatan yang digunakan untuk membuat laporan informasi keuangan pada periode tertentu.

Pengertian sistem informasi akuntansi menurut para ahli adalah pengorganisasian dokumen berupa formulir dan catatan yang akan diproses menjad jurnal, buku besar dan neraca lajur agar dibuatkan laporan laba rugi komprehensif dan laporan posisi keuangan.

Definisi sistem informasi akuntansi menurut para ahli adalah sebuah alat yang berasal dari beberapa unsur untuk membentuk bagian yang terorganisasi sehingga dapat mencapai tujuan sistem akuntansi. Sebuah sistem akan menjadi bagian dari sistem akuntansi yang lebih besar agar terbentuk sistem informasi keuangan perusahaan.

Baca Juga: Contoh Sistem Informasi Akuntansi Perusahaan Manufaktur

Perbedaan Sistem dan Prosedur

Perbedaan sistem dan prosedur harus diketahui agar proses pembuatan bukti transaksi dapat ditanggani dengan baik. Pengertian sistem adalah prosedur yang digunakan untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan agar mendapatkan formulir yang penting dalam pembuatan laporan keuangan.

Perbedaan prosedur dan sistem dalam sistem informasi akuntansi adalah prosedur akan beroperasi ketika satu departeman atau lebih akan berupaya menanggani transaksi perusahaan yang berulang-ulang. Prosedur adalah urutan kegiatan untuk menciptakan bukti transaksi sedangkan sistem adalah kesatuan berbagai bukti transaksi.

Perbedaan sistem dan prosedur akuntansi adalah SIA (Sistem Informasi Akuntansi) akan terdapat beberapa prosedur seperti kegiatan menulis, menggandakan, menghitung dan pemberian kode, memilih dan memindahkan informasi dalam rangka membandingkan hasil informasi agar diketahui kebenaran sistemnya.

Baca Juga:

Fungsi dan Tujuan Sistem Informasi Akuntansi

Apa fungsi dan tujuan sistem informasi akuntansi manajemen dibentuk oleh perusahaan tentunya setiap sistem yang dibuat akan berguna untuk menyediakan informasi tentang kegiatan usaha perusahaan. Perusahaan manufaktur memerlukan SIA yang lengkap terutama bagian prosedur utang piutang perusahaan.

Apa tujuan dan fungsi sistem informasi akuntansi dibentuk perusahaan tentunya akan mengevaluasi pengendalian internal perusahaan sehingga dapat meningkatkan kualitas informasi dan keandalan catatan keuangan agar dapat dipertanggungjawabkan kekayaan perusahaan.

Fungsi sistem informasi akuntansi dan tujuan sismtem informasi manajemen berperan sebagai alat untuk memperbaiki catatan keuangan perusahaan. Sistem informasi yang menanggani tugas-tugas dari akuntansi disebut SIA. Contoh sistem informasi akuntansi adalah sistem piutang, sistem kas, sistem persediaan.

Baca Juga: Komponen Utama Sistem Informasi

Hubungan Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Informasi Manajemen

Hubungan sistem informasi akuntansi dan sistem informasi manajemen terjadi ketika manajemen perusahaan menjalankan kegiatan operasional dalam rangka memperoleh penghasilan. Sistem informasi dibentuk dalam rangka agar perusahaan dapat mengambil keputusan taktis.

SIA dan SIM adalah sistem yang diperlukan agar kegiatan produksi dan pemasaran dapat berjalan. Sistem akuntansi dapat digunaan untuk mencatat transaksi keuangan dan menjalankan kegiatan bisnis perusahaan. Jadi, Sistem akuntansi merupakan subsistem dari sistem informasi manajemen yang mengolah data keuangan perusahaan.

Hubungan sistem informasi manajemen dan sistem informasi akuntansi akan berperan dalam menjalan kegiatan operasional perusahaan. Sistem akuntansi berperan menyediakan informasi keuangan yang berdasarkan bukti transaksi yang diperoleh dari lawan transaksi.

Baca Juga: Siapakah Yang Membuat Sistem Akuntansi?

Demikian pengertian, tujuan dan fungsi, contoh dan definisi sistem akuntansi semoga mahasiswa dapat membuat makalah sistem informasi akuntansi yang lebih baik.

0 Response to "Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsinya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel