Contoh Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Konten [Tampil]

Contoh jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka adalah transaksi dimana perusahaan akan menerima sejumlah uang atas pemberian barang di masa mendatang. Pendapatan diterima dimuka adalah akun untuk mencatat transaksi uang muka service dan penjualan barang dagang yang diberikan dikemudian hari.

Bagaimana timbulnya pendapatan diterima dimuka yaitu ketika perusahaan memperoleh penghasilan tetapi belum menyerahkan barang dan jasa kena pajak. Jurnal penyesuaian pendapatan yang masih harus diterima menjadi pembuktian bahwa perusahaan telah menerapkan prinsip konservatisme dalam pelaporan keuangan.

Pertanyaan pendapatan diterima dimuka neraca lajur menjadi pilihan bagi akuntan dalam melaporkan transaksi keuangan. Penerimaan penghasilan yang diberikan oleh pelanggan sebagai uang muka menjadi objek pajak pertambahan nilai yang harus dilaporkan dalam laporan posisi keuangan ya.

Contoh Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka


Bagaimana Timbulnya Pendapatan Diterima Dimuka

Pendapatan diterima dimuka timbul ketika perusahaan memperoleh pesanan tetapi pelanggan memutuskan untuk memberikan modal kepada penjual agar dapat melakukan produksi barang yang diinginkan. Posting ke buku besar adalah proses memindahkan akun yang terdapat pada jurnal umum baik disisi kredit atau disisi debit.

Bagaimana timbulnya pendapatan diterima dimuka pada dasarnya merupakan objek pajak pertambahan nilai. Penghasilan diterima dimuka diakui sebagai pos kewajiban dalam laporan posisi keuangan. Daftar yang berisikan informasi nomor akun dan nama akun dalam item laporan posisi keuangan disebut daftar kode akun.

Nomor akun pendapatan diterima dimuka dilaporkan sebagai liabilitas jangka pendek. Liabilitas jangka pendek adalah pos laporan keuangan yang akan dilunasi perusahaan kurang dari satu periode akuntansi. Persamaan dasar akuntansi harus diterapkan agar laporan kinerja perusahaan dapat dibuat.

Baca Juga: Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Contoh Soal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Contoh soal penyesuaian pendapatan diterima dimuka harus menjadi pilihan bagi perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Akun yang digunakan untuk mencatat uang muka penjualan disebut akun penghasilan diterima dimuka yang harus disesuaikan dengan pendapatan yang benar-benar menjadi hak perusahaan.

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka harus dapat mempublikasikan jumlah modal yang telah diberikan pelanggan untuk membuat barang sesuai spesifikasi yang diminta. Hubungan akun riil dengan neraca adalah menjadi akun yang dibawa ke periode akuntansi selanjutnya.

Contoh jurnal penyesuaian penghasilan diterima dimuka terjadi pada PT Masraffi yang menerima pesanan sebesar Rp 74.000.000. Apabila pesanan akan diserahkan 3 bulan dari pembayaran uang muka. Buatlah jurnal untuk mencatat pembayaran pesanan dan penyesuaian yang diperlukan.

Baca Juga: Contoh Kasus Ijarah Muntahiya Bittamlik

Cara Menghitung Penyesuaian Penghasilan Diterima Dimuka

Cara menghitung penyesuaian penghasilan diterima dimuka harus mempertimbangkan jumlah yang telah diberikan klien sebagai pendapatan yang sebenarnya telah menjadi hak perusahaan. Prinsip konservatisme akan mengakui penghasilan ketika benar-benar telah menjadi hak perusahaan pada periode tersebut.

Cara menghitung jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka harus memperhitungkan secara proporsional atas uang yang telah diterima perusahaan. Pembayaran uang muka penjualan akan diakui sebagai objek pajak dan harus diterbitkan faktur pajak pertambahan nilai dan dilaporkan setiap bulannya.

Cara menghitung jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka dapat menghitung selisih antara tanggal pembayaran dan penyerahan barang. Maka jurnal yang harus dibuat oleh PT Masraffi pada saat menerima uang muka penjualan dan penyerahan barang kepada pelanggan adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2021Kas Rp 74.000.000
Uang Muka Penjualan Rp 74.000.000
31/03/2021Uang muka penjualan Rp 74.000.000
PPN Keluaran Rp 7.400.000
Penjualan Rp 66.600.000

Baca Juga: Contoh Soal Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Demikian contoh jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka semoga perusahaan dapat mengakui penghasilan yang menjadi hak dan kewajiban pada periode tertentu.

0 Response to "Contoh Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel