Contoh Soal Akad Ijarah Muntahiya Bittamlik dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akad ijarah muntahiya bittamlik adalah bentuk transaksi sewa menyewa yang mengikuti prinsip syariah. Akuntansi ijarah adalah pencatatan atas adanya sewa menyewa yang dilakukan perusahaan baik melalui finance lease dan operating lease.

Makalah akuntansi syariah akad ijarah biasanya memberikan informasi detail tentang pengertian dan dalil, syarat dan rukun serta contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari. Contoh soal akad ijarah dan jawabannya dapat memudahkan seseorang untuk menjalankan azas dan prinsip transaksi syariah.

Contoh transaksi dan pencatatan akad ijarah seharusnya pembuatan jurnal umum yang dilakukan berdasarkan prinsip persaudaraan, keadilan, kemaslahatan, keseimbangan dan universalime yang berjalan di perusahaan. Kumpulan pertanyaan tentang akuntansi ijarah dapat disesuaikan dengan paradigma transaksi syariah.

Contoh Soal Akad Ijarah Muntahiya Bittamlik dan Jawabannya


Contoh Kasus Akuntansi Ijarah Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh kasus akuntansi ijarah dalam kehidupan sehari-hari dapat diasumsikan seperti kegiatan leasing atua sewa guna usaha. Ijarah dalam transaksi syariah dianggap sebagai operating lease yang menerapkan prinsip dan asas syariah dalam menjalankan kegiatan usaha yang dilakukannya.

Contoh kasus ijarah dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadikan aset leasing untuk perpindah hak kepemilikan. Akuntansi ijarah bagi penyewa bergantung obyek yang disewakan tetapi pada dasanya penyewa harus membayar beban sewa setiap bulannya karena adanya penggunaan barang milik pemilik.

Contoh kasus transaksi ijarah dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari adanya pihak yang mengakui penyusutan atau depresiasi aktiva tetap. Akuntansi syariah bagi pemilik barang yang disewa akan menjalankan proses penentuan biaya perolehan dan alokasi beban depresiasi serta mengakui adanya perpindahan hak milik barang pada akhir periode.

Baca Juga: Asas dan Prinsip Akuntansi Syariah

Pertanyaan Tentang Akuntansi Ijarah dan Penyelesaiannya

Pertanyaan tentang akuntansi ijarah dan penyelesaiannya berkaitan dengan proses perpindahan hak milik ketika periode sewa menyewa aset selesai. Bagi pihak penyewa, perpindahan hak milik akan diakui sebagai hibah atau penjualan barang dengan nilai yang lebih kecil dari nilai buku tercatat.

Kumpulan pertanyaan tentang akuntansi syariah akad ijarah melibatkan laporan keuangan yang harus menaati prinsip persaudaraan dan prinsip keadilan. Prinsip persaudaraan dalam asas transaksi syariah adalah nilai kebersamaan antar masing-masing pihak yang bertransaksi dengan disertai semangat tolong menolong.

Pertanyaan tentang akuntansi ijarah dan jawabannya harus perpedoman pada prinsip akidah dan syariah. Syariah adalah hukum islam yang digunakan untuk mengatur kehidupan manusia yang berisikan perintah dan larangan. Akidah adalah hukum yang mengatur hubungan manusia dengan tuhan.

Baca Juga: Kasus Murabahah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal Akad Ijarah dan Jawabannya

Contoh soal akad ijarah dan jawabannya biasanya berkaitan dengan proses alokasi biaya perolehan yang disebut depresiasi. Penyusunan laporan keuangan sebaiknya menggunakan dasar akrual dan kelangsungan usaha agar dapat menjamin keandalan data keuangan agar sesuai prinsip syariah.

Contoh soal akad ijarah dalam akuntansi syariah bertujuan agar pencatatan dapat disesuaikan dengan asas syariah yang berlaku. Makalah akuntansi transaksi ijarah memungkinkan pemilik barang memperoleh penghasilan sewa dan penjualan aktiva tetap leasing pada akhir periode.

Contoh soal dan jawaban akad ijarah muntahiya bittamlik terjadi pada PT Masraffi yang menjadi perusahaan sewa motor. PT Masraffi memiliki motor dengan harga perolehan Rp 24.100.000 yang disewakan selama 3 tahun dengan penghasilan Rp 9520.000 per periode. Apabila pada akhir periode, berapakah keuntungan PT Masraffi yang memindahkan kepemilikan hak milik dengan cara hibah?

Pendapatan Ijarah Rp 34.272.000
Penyusutan Motor Rp 24.100.000
Pendapatan Kotor Rp 10.172.000
Nilai Sisa Rp -
Pendapatan Bersih Rp 10.172.000

Contoh transaksi dan pencatatan akad ijarah yang harus dilakukan pemilik barang dan penyewa barang diharuskan menaati prinsip dan asas akuntansi syariah. Adapun jurnal pencatatan pada saat perpindahan kepemilikan barang secara hibah adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Akumulasi Penyusutan Rp 24.100.000
Motor Rp 24.100.000

Baca Juga: Contoh Soal Akad Salam dan Penyelesaiannya

Demikian contoh soal akad ijarah muntahiya bittamlik dan jawabannya alangkah baiknya mahasiswa dapat memahami pertanyaan akuntansi syariah transaksi ijarah.

0 Response to "Contoh Soal Akad Ijarah Muntahiya Bittamlik dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel