Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai

Konten [Tampil]

Contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai dan jawabannya akan dilakukan bagi perusahaan yang memperoleh penghasilan lebih dari satu periode akuntansi. Kelebihan dan kelemahan metode presentase penyelesaian dan kontrak selesai membuat perusahaan harus menetapkan kebijakan akuntansi tentang adanya penghasilan yang diterima.

Cara menghitung pengakuan pendapatan metode presentase penyelesaian dan kontrak selesai pada akad istishna menjadi solusi bagi perusahaan agar terhindar dari rugi tahun berjalan. Beberapa contoh pengakuan pendapatan menjadi pilihan agar perusahaan mengikuti ketentuan umum pajak dan kebijakan akuntansi.

Contoh kasus pengakuan pendapatan dapat menggunakan prinsip konservatisme yaitu pendapatan tidak boleh diakui ketika tidak dapat diukur dengan andal. Pendapatan kontrak kontruksi adalah seluruh penghasilan kontrak ditambah adanya pembayaran atas klaim, insentif dan penyimpangan dari kegiatan tersebut.

Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai


Pengertian Pendapatan Kontrak Kontruksi Menurut Para Ahli

Pengertian pendapatan kontrak kontruksi menurut para ahli adalah penghasilan yang diterima oleh pengusaha kontruksi bangunan yang akan diselesaikan lebih dari satu periode akuntansi. Kontrak kontruksi terdiri dari kegiatan membangun aktiva tetap atau kegiatan untuk menghancurkan atau restorasi aktiva tetap.

Pendapatan kontrak kontruksi menurut para ahli dapat berbentuk kontrak harga tetap yaitu kontrak dengan nilai tetap walaupun terjadi penyimpangan kegiatan dan kontrak biaya plus yaitu kontrak dengan harga tertentu dan akan bertambah ketika adanya penyimpangan dari kontrak yang diajukan perusahaan.

Definisi pendapatan kontrak kontruksi yaitu seluruh penghasilan yang telah disetujui dalam kontrak ditambahkan dengan pendapatan yang berasal dari penyimpangan kegiatan membangun aktiva tetap. Penyimpangan kontrak adalah perintah perusahaan untuk memberikan perubahan terhadap lingkup pekerjaan sesuai kontrak.

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Pembiayaan Mudharabah dan Pembahasannya

Kelebihan dan Kekurangan Metode Persentase Penyelesaian  dan Kontrak Selesai

Kelebihan dan kekurangan metode persentase penyelesaian dan kontrak selesai dapat menjadi pilihan kebijakan akuntansi pengakuan pendapatan. Metode kontrak selesai adalah pengakuan pendapatan pada saat kontrak telah terlaksana. 

Metode persentase penyelesaian adalah pengakuan pendapatan pada saat transaksi terjadi. Kelebihan metode persentase penyelesaian adalah apabila kontrak hanya dapat dilakukan lebih dari satu periode akuntansi maka perusahaan tetap memperoleh penghasilan sesuai periode yang telah dilaluinya.

Kelebihan dan kekurangan metode kontrak selesai adalah perusahaan hanya boleh mengakui pendapatan pada saat kontrak selesai dilaksanakan. Perusahaan yang melaksanakan kontrak lebih dari satu periode akuntansi tidak akan memperoleh penghasilan sampai kontrak terlaksana.

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung

Contoh Kasus Pengakuan Pendapatan Kontrak Kontruksi

Contoh kasus pengakuan pendapatan kontrak kontruksi metode kontrak selesai menjadi salah satu bentuk pelaporan penghasilan perusahaan. Metode pengakuan pendapatan terdiri dari presentase penyelesaian dan kontrak selesai sehingga perusahaan dapat memilih salah satu kebijakan akuntansi yang diinginkan.

Contoh soal akuntansi kontrak kontruksi terjadi pada PT Masraffi yang memperoleh membangun aktiva tetap mulai juli 2020 sampai juni 2021 sebesar Rp 57.000.000. Apabila biaya yang diperlukan untuk membangun aktiva adalah 45% dari total pendapatan. Buatlah jurnal metode kontrak selesai pada akhir periode.

Jurnal pengakuan pendapatan perusahaan kontruksi harus dibuat tidak perlu mempertimbangkan waktu yang dilakukan perusahaan dalam membangun aktiva. Akuntansi pendapatan kontrak kontruksi harus dibuatkan jurnal pengakuan pendapatan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2020Tidak Dibuat Jurnal
31/12/2021Kas Rp 57.000.000
Pendapatan Kontrak Kontruksi Rp 57.000.000
Beban Operasi Rp 25.650.000
Hutang Usaha Rp 25.650.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Aktiva Pajak Tangguhan

Demikian contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan metode kontrak selesai semoga dapat membantu proses alokasi biaya dan penghasilan sesuai dengan periode pendapatan tersebut.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel