Contoh Tes Potensi Akademik dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh tes potensi akademik dan pembahasannya biasanya berkaitan dengan pemahaman seorang siswa yang diuji untuk masuk universitas favorit. Tes tps online bersertifikat hanya dikeluarkan oleh bappenas dan dapat digunakan untuk masuk kuliah ke fakultas favorit di universitas negeri atau swasta.

Tes tpa bappenas online gratis dan skor dapat dipergunakan dalam rangka menilai kemampuan seseorang dalam menggunakan logika berfikirnya. Tes potensi akademik masuk kuliah terdiri dari tes kemampuan verbal, tes kemampuan numerik, tes kemampuan penalaran dan tes kemampuan spasial.

Soal tes potensi akademik dan kunci jawabannya dipergunakan untuk menguji kemampuan berfikir seseorang dalam menyelesaikan permasalahan logika dalam kehidupan nyata. TPA atau Tes Potensi Akademik adalah metode yang harus dilakukan calon mahasiswa agar diterima di universitas negeri.

Contoh Tes Potensi Akademik dan Pembahasannya


Soal Tes Potensi Akademik dan Kunci Jawaban

Soal tes potensi akademik dan kunci jawabannya memudahkan seseorang untuk memahami bagaimana metode yang dapat dipergunakan untuk menyelesaikan masalah di kehidupan nyata. Penalaran dan logika menjadi faktor utama untuk menjawab pertanyaan tpa online gratis yang untuk menghadapi tes bappenas.

Soal tes potensi akademik masuk kuliah dan jawabannya menjadi dasar menentukan siapakah yang berhak menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan mahasiswa di universitas negeri. TPA yang diakui di berbagai universitas di Indonesia adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh Oto Bappenas.

Contoh soal tpa masuk kuliah dan pembahasannya terdiri dari berbagai macam latihan soal. Tes kemampuan numerik mengharuskan seseorang melakukan perhitungan matematika secara cepat dan tepat. Kemampuan numerik terdiri dari deret bilangan, deret huruf, aritmatika sosial dan aritmatika berpola.

Baca Juga: Contoh TPA Kemampuan Spasial dan Pembahasannya

Contoh Soal Tes Potensi Akademik dan Pembahasannya

Contoh soal tes potensi akademik dan pembahasannya menjadi pedoman bagi seseorang agar dapat mencari fakultas favorit atau tips lulus cpns. TPA atau tes kemampuan terdiri dari test verbal, tes numerik, tes logis dan tes spasial. Cara menghitung benar atau salahnya tentunya terdapat ketentuan tersendiri dari berbagai penyelenggara test tersebut.

Contoh soal tes potensi akademik dan pembahasannya yang akan dibahas adalah kemampuan numerik. Soal tpa matematika dan kunci jawabannya menjadi materi dari kemampuan numerik di perusahaan yang terdiri dari deret bilangan, deret huruf, aritmatika sosial dan matematika berpola.

Latihan soal tes kemampuan numerik adalah cara yang digunakan untuk mengevaluasi bagaimanakah seseorang dapat menghitung dengan cepat dan tepat menyesuaikan kondisi lingkungan. Aritmatika sosial adalah kemampuan matematika yang digunakan untuk kegiatan bermasyarakat atau sosial seperti jual beli atau menghitung bunga.

Baca Juga: Contoh TPA Kemampun Verbal dan Pembahasannya

Contoh Soal Aritmatika Sosial dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh soal aritmatika sosial dalam kehidupan sehari-hari menjadi dasar seseorang dapat mengubah pola menghitung penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Manfaat aritmatika sosial dalam kehidupan sehari-hari adalah membantu penjual untuk menentukan tingkat keuntungan dan kerugian atas transaksi penjualan.

Contoh soal tes potensi akademik aritmatika sosial dalam kehidupan sehari-hari dapat terjadi ketika seseorang menjalankan transaksi bisnis. Aritmatika sosial masuk dalam kategori kemampuan numerik yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan menghitung seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

1. Masraffi menabung di Bank Rafinternet yang memberikan suku bunga sebesar 8%. Apabila Masraffi menabung selama 25 bulan dan tabungannya menjadi Rp 2.150.000. Berapakah tabungan awal Masraffi? ...

Saldo Akhir = (Waktu x Bunga x Tabungan)
2.150.000 = (25/12 x 8/100 x Tabungan) + Tabungan
2.150.000 = 0,16Tabungan + Tabungan
2.150.000 = 1,16Tabungan
Tabungan = 2.150.000/1,16
Tabungan = Rp 1.853.450

2. Harga sebuah mobil setelah dinaikkan 30% dan terjadi kenaikan lagi sebesar 10%. Dua kali kenaikan harga tersebut setara dengan satu kali kenaikan harga sebesar? ...

Kenaikan harga pertama = x + 30%x = 3/10x
Kenaikan harga kedua = 3/10x + 10/100 * 3/10x
Kenaikan harga kedua = 3/10x + 3/100x = 33/100x 
Kenaikan harga kedua = 1,33x = 33%

3. Masraffi membeli baju seharga Rp 500.000 dengan potongan harga sebesar 20% dan dibebankan PPN dengan tarif 10%. Berapakah yang harus dibayarkan Masraffi?

Pembayaran = (Rp 500.000 x 20%) x 110%
Pembayaran = Rp 110.000

4. Masraffi membeli 2 kodi piring dengan harga Rp 250.000. Apabila Masraffi menjual kembali piring dan mengharapkan keuntungan Rp 75.000. Berapa besar harga jual piring tersebut?

Harga Beli Barang = Rp 250.000 / 40 = Rp 6.250
Harga Jual Barang = (Rp 250.000 + Rp 75.000) / 40
Harga Jual Barang = Rp 325.000 / 40
Harga Jual Barang = Rp 8.125

Demikian contoh soal TPA Online Gratis semoga dapat membantu calon mahasiswa dan calon pegawai negeri sipil diterima sebagai kandidat terbaik ketika masuk ke universitas negeri atau kantor pegawai pemerintah.


0 Response to "Contoh Tes Potensi Akademik dan Pembahasannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel