Contoh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi di Perusahaan Manufaktur

Konten [Tampil]

Contoh penerapan sistem informasi akuntansi di perusahaan manufaktur dimulai dari pengembangan suatu produk dan pengolahan bahan baku. Komponen sistem akuntansi akan berguna sebagai dasar untuk mengelola perusahaan sehingga mampu menangani kegiatan operasional perusahaan.

Sistem informasi akuntansi di perusahaan manufaktur dapat berupa flowchart, analisis, makalah dan dokumen yang diperlukan sebagai bukti transaksi. Jenis dokumen transaksi perusahaan manufaktur akan menyesuaikan komponen SIA yaitu blok masukan agar data dapat diproses sesuai program yang dijalankan.

Komponen sistem informasi akuntansi di perusahaan manufaktur dan perusahaan jasa akan berguna sebagai alat pengendalian kekayaan yang ada di perusahaan. Sistem akuntansi yang baik harus dapat mencegah dari ancaman kehilangan data dan bencana alam dengan pembuatan tempat penyimpanan data cadangan.

Contoh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi di Perusahaan Manufaktur


Contoh Jenis-Jenis Dokumen Transaksi Perusahaan Manufaktur

Contoh jenis-jenis dokumen transaksi perusahaan manufaktur terdiri dari formulir yang digunakan sebagai dasar dalam pencatatan transaksi akuntansi. Dokumen sumber dan dokumen pendukung pada perusahaan jasa dan manufaktur harus disimpan untuk dapat membuktikan bahwa transaksi benar terjadi di perusahaan.

Dokumen dan kelengkapan pencatatan perusahaan manufaktur harus dilengkapi sebelum pengguna memasukan data ke blok masukan (input block). Komponen utama sistem informasi terdiri dari blok masukan, blok model dan blok keluaran agar laporan yang dikendaki dapat disesuaikan kebutuhan perusahaan.

Jenis-jenis dokumen transaksi perusahaan manufaktur dan jasa seperti invoice, faktur pajak, surat pesanan, surat pembelian barang baku. Dokumen sumber dan dokumen pendukung akan dicatat dalam formulir bukti transaksi. Formulir adalah dokumen yang berguna untuk merekam transaksi yang terjadi di perusahaan.

Baca Juga:

Makalah Analisis Sistem Informasi Akuntansi Perusahaan Manufaktur dan Jasa

Makalah analisis sistem informasi akuntansi perusahaan manufaktur dan jasa akan memberikan alur bagaimana sebuah formulir dapat digunakan untuk membuat laporan keuangan. Tujuan pengembangan sistem informasi adalah mempermudah manajemen mendapatkan informasi atas kegiatan yang berlangsung di perusahaan.

Flowchart SIA perusahaan manufaktur dan jasa akan menjelaskan alur pembuatan dokumen. Fungsi sia (sistem informasi akuntansi) di perusahaan adalah menjamin data masukan telah terverifikasi sehingga memperbaiki pengendalian internal perusahaan dan mengurangi biaya krerikal pembuatan dokumen.

Makalah penerapan sistem akuntansi pada perusahaan tentu harus mempertimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh. Siapakah yang membuat sistem informasi akuntansi? yaitu seorang analis sistem. Analis sistem adalah pihak yang bertanggungjawab untuk membangun sistem berdasarkan enam blok komponen yaitu information system building control.

Contoh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi di Perusahaan Manufaktur

Contoh penerapan sistem informasi akuntansi di perusahaan manufaktur akan difokuskan pada kegiatan operasional perusahaan sehari-hari. Kegiatan pokok perusahaan manufaktur dimulai dari desain dan perancangan produk, pembelian material dan penjualan produk jadi ke pelangggan. 

Contoh sistem informasi akuntasi di perusahaan dapat disesuaikan dengan pos laporan keuangan. Sistem akuntansi adalah sistem yang bertujuan untuk menyimpan seluruh bukti transaksi yang dapat digunakan menampilkan informasi penjualan atau data keuangan. Agar kegiatan operasional perusahaan dapat diatasi, maka dibutuhkan SIA sebagai berikut:

  • Sistem akuntansi pokok.
  • Sistem akuntansi kas dan setara kas,
  • Sistem akuntansi piutang dan utang
  • Sistem akuntansi penggajian dan pengupahan,
  • Sistem akuntansi pendapatan dan biaya
  • Sistem akuntansi persediaan dan aset tetap.

Penerapan sistem akuntansi di perusahaan akan memerlukan dokumen sumber dan dokumen pendukung. Dokumen sumber adalah dokumen yang digunakan sebagai pencatatan dalam catatan akuntansi. Dokumen pendukung adalah dokumen yang digunakan sebagai penguat data yang tercantum di dokumen sumber.

Demikian contoh penerapan sistem informasi akuntansi di perusahaan manufaktur semoga dapat memahami bagaimana makalah tentang flowchart dan analisis pengendalian internal perusahaan dapat diciptakan.

0 Response to "Contoh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi di Perusahaan Manufaktur"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel