Contoh Soal dan Jawaban Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban masuknya anggota baru dalam persekutuan dapat mengakibatkan perubahan terhadap komposisi modal di firma. Apa penyebab terjadinya perubahan pemilikan persekutuan adalah perubahan terhadap pemodal yang menginvestasikan dananya untuk memperoleh laba tahun berjalan.

Metode pencatatan masuknya anggota baru dalam persekutuan dapat terjadi karena firma berkembang dengan memperoleh keuntungan setiap periodenya. Contoh soal penerimaan sekutu baru menjadi bukti bahwa persekutuan telah memperoleh keuntungan yang menarik minat investor baru.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan dapat dilakukan penyetoran modal bagi sekutu baru. Penyetoran modal sekutu baru akan menambah kekayaan firma dan sekutu baru akan memperoleh hak pada firma dengan persentase yang ditetapkan masing-masing sekutu pada akta pendirian baru.

Contoh Soal dan Jawaban Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan


Contoh Soal Penerimaan Sekutu Baru dan Jawabannya

Contoh soal penerimaan sekutu baru dan jawabannya dapat berasal dari pembelian hak sekutu lama, membeli sebagian hak sekutu lama atau menyetorkan tambahan modal di firma. Hak sekutu baru bisa lebih rendah dan lebih tinggi daripada jumlah modal yang diakui pada neraca awal pendirian persekutuan.

Contoh soal dan jawaban penerimaan sekutu baru diakibatkan adanya keadaan firma sebelum sekutu baru masuk atau setoran sekutu baru yang lebih tinggi. Metode goodwill akan mengakui adanya keuntungan yang diakibatkan adanya nilai lebih dari masing-masing sekutu yang diakui sebagai harta perusahaan.

Contoh soal penerimaan sekutu baru dan jawabannya dapat berupa setoran modal berupa kas, aktiva non kas, aktiva tetap tidak berwujud seperti keahlian dan nama terkenal. Oleh sebab itu, hak sekutu baru mungkin tidak sesuai dengan jumlah setoran yang telah diberikan kepada firma sebagai akibat adanya goodwill dan bonus sekutu lama.

Baca Juga: Cara Menghitung Aktiva dan Kewajiban Pajak Tangguhan

Metode Pencatatan Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan

Apa yang dimaksud metode pencatatan masuknya anggota baru dalam persekutuan adalah mekanisme jurnal transaksi yang dilakukan oleh firma dalam rangka mencatat transaksi yang berjalan. Transaksi adalah seluruh kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan kondisi keuangan seperti penerimaan kas dan pengeluaran kas.

Sebut dan jelaskan metode pencatatan masuknya anggota baru dalam persekutuan terdiri dari metode goodwill dan metode bonus. Perbedaan metode bonus dan metode goodwill adalah pengakuan nilai lebih sekutu baru yang berakibat pada perubahan modal sekutu lama di firma.

Metode pencatatan masuknya anggota baru dalam persekutuan dapat dilakukan transaksi sesuai dengan kondisi neraca saldo pada awal pendirian. Perubahan pemilikan persekutuan diakibatkan perubahan akta pendirian yang tidak sesuai dengan kondisi pada awal akuntansi pembentukan firma persekutuan.

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Contoh Soal Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan dan Jawabannya

Contoh soal masuknya anggota baru dalam persekutuan dan jawabannya berasal dari transaksi yang mengakibatkan perubahan modal sekutu lama. Akuntansi firma terdiri dari pembentukan persekutuan, pembagian laba rugi firma, masuknya sekutu baru dan keluarnya sekutu lama, proses likuidasi persekutuan pada akhir periode.

Contoh soal dan jawaban masuknya anggota sekutu baru dalam firma mengakibatkan perubahan terhadap persentase laba rugi. Besarnya laba rugi yang diterima oleh sekutu ditentukan berdasarkan tingkat partisipasi dalam mengelola persekutuan dalam rangka memperoleh keuntungan dengan menjalankan kegiatan usaha.

Contoh soal dan jawaban perubahan pemilikan persekutuan dapat terjadi ketika firma memperoleh keuntungan setiap periodenya. Kasus Firma ABC yang didirikan oleh masraffi dengan modal Rp 90.000.000 dan dekraffi dengan modal Rp 60.000.000 menarik sekutu baru untuk bergabung. Apabila sekutu baru bergabung memperoleh hak sebesar 32% dengan menyetorkan kas sebesar Rp 70.000.000?

Bagaimana cara menghitung metode bonus dalam prosedur masuknya anggota sekutu baru pada materi perubahan pemilikan persekutuan hanya akan terjadi pada akuntansi keuangan lanjutan. Maka, contoh perhitungan bonus yang diperoleh oleh sekutu baru atau sekutu lama yaitu:

Jumlah Modal Firma
- Masraffi Rp 90.000.000
- Dekraffi Rp 60.000.000
- Sekutu Baru Rp 70.000.000
Total Kekayaan Rp 220.000.000
Hak Modal Sekutu Baru Rp 70.400.000
Kelebihan Setoran Rp 400.000
Pemberian bonus
- Masraffi Rp 240.000
- Dekraffi Rp 160.000
Penambah Hak Sekutu Baru Rp 400.000

Jurnal penerimaan sekutu baru dan pelepasan sekutu lama harus diakui selama adanya transaksi kas dan setara kas yang keluar dan masuk ke perusahaan. Adapun jurnal transaksi penerimaan sekutu baru adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2021Kas Rp 70.000.000
Modal Masraffi Rp 240.000
Modal Dekraffi Rp 160.000
Modal Sekutu Baru Rp 70.400.000

Baca Juga: Laporan Laba Rugi Full Costing dan Variable Costing

Demikian contoh soal dan jawaban masuknya anggota sekutu baru dalam persekutuan semoga dapat membantu proses firma akuntansi keuangan lanjutan. Perbedaan metode bonus dan goodwill harus diketahui sebagai upaya perusahaan mendistribusikan keuntungan pada masing-masing sekutu.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel