Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Konten [Tampil]

Cara menyusun laporan keuangan konsolidasi metode equity dilakukan sebab terjadinya perubahan modal anak perusahaan. Pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan mengakibatnya bertambahnya hak kontrol dan berkurangnya hak minoritas berkaitan pemilikan aktiva dan passiva perusahaan.

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan jawabannya harus dilakukan untuk membuat kertas kerja pemeriksaan. Induk perusahaan yang mempunyai sebagian besar saham anak perusahaan secara langsung atau tidak langsung harus melaporkan transaksi hubungan afiliasi dalam laporan keuangannya.

Penyusunan laporan keuangan konsolidasi antara induk perusahaan dengan anak perusahaan bertujuan memberikan informasi data keuangan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan sebagai satu kesatuan ekonomis. Induk perusahaan harus menyusun laporan keuangan dengan menggabungkan laporan keuangan seluruh anak perusahaan yang dimilikinya.

Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity


Prosedur Pembuatan Laporan Posisi Keuangan Konsolidasi

Prosedur pembuatan laporan posisi keuangan konsolidasi hendaknya mengikuti aturan akuntansi keuangan lanjutan tentang penerapan kebijakan akuntansi. Laporan keuangan konsolidasi tidak wajib dibuat ketika pembelian saham anak perusahaan bertujuan jangka pendek dan dibatasi adanya restrukturitasi dana perusahaan.

Prosedur pembuatan laporan keuangan konsolidasi induk dan anak perusahaan harus menyesuaikan kebijakan akuntansi terhadap transaksi dan peristiwa yang dilaporkan. Penjumlahan aktiva, liabilitas, ekuitas harus mematuhi aturan pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK no 22)

Prosedur pembuatan laporan keuangan konsolidasi hendaknya menjadi prioritas sebelum memutuskan melakukan audit keuangan. Kertas kerja pemeriksaan dan neraca saldo akan dijadikan berkas permanen ketika audit dilakukan. Metode ekuitas berarti terdapat perusahaan terhadap modal anak perusahaan.

Baca Juga: Bagaimana Pengungkapan Transaksi Anak Perusahaan oleh Induk Perusahaan

Penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Penyusunan laporan keuangan konsolidasi metode equity akan memperlihatkan kemampuan perusahaan dalam mengelola dana yang telah disetorkan oleh induk perusahaan. Perubahan modal anak perusahaan berakibat berubahnya hak kontrol yang dimiliki sehingga pembagian laba rugi harus disesuaikan.

Penyusunan laporan keuangan konsolidasi hendaknya mengikuti kebijakan akuntansi yang berlaku. Metode penggabungan usaha terdiri dari metode ekuitas dan metode biaya. Perbedaan metode equity dan metode cost berkaitan dengan pengakuan mutasi modal induk dan anak perusahaan yang dilaporkannya.

Cara menyusun laporan keuangna konsolidasi dapat dilakukan dengan menyesuaikan rekening investasi saham anak perusahaan, kas, piutang dividen dan pembagian laba rugi. Kertas kerja pemeriksaan digunakan untuk melihat mutasi transaksi modal yang telah berlangsung di perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Pembagian Dividen Akuntansi Keuangan Menengah

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Ekuitas dan Jawabannya

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan pembahasannya harus dilakukan dalam rangka memperoleh mutasi modal karyawan. Pengungkapan transaksi dalam laporan keuangan harus berkaitan dengan daftar anak perusahaan, alasan proses konsolidasi dan sifat hubungan afiliasi yang terjadi.

Contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas menjadi anjuran bagi induk perusahaan agar melaporkan transaksi berdasarkan keadaan sebenarnya. Induk perusahaan tidak diperkenankan membuat laporan keuangan terpisah dari transaksi yang terjadi pada anak perusahaan.

Soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi akuntansi keuangan lanjutan terjadi pada CV Masraffi yang memperoleh laba bersih sebesar Rp 5.320.000 dan membagi dividen tunai sebesar Rp 2.400.000. Apabila CV Masraffi telah dibeli sahamnya sebanyak30 lot dengan harga Rp 2.50. Maka neraca saldo sebelum proses konsolidasi adalah:

Keterangan CV Masraffi
-- Aktiva
- Kas Rp 6.708.533
- Piutang Rp 5.031.400
- Persediaan Rp 3.354.267
- Tanah Rp 10.062.800
   Total Aktiva Rp 25.157.000
-- Passiva
- Hutang Dagang Rp 2.515.700
- Hutang Wesel Rp 5.031.400
- Modal Saham @2.100 Rp 10.062.800
- Agio Saham Rp 6.289.250
- Laba Ditahan Rp 1.257.850
   Total Passiva Rp 25.157.000

Jurnal eliminasi transaksi pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan dapat menyesuaikan persentase hak kontrol yang dimilikinya. Apabil total saham yang dimiliki CV Masraffi yaitu 48 lot dan sudah dibeli 30 lot maka hak kontrolnya adalah 62,5%

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/03/2021Investasi Saham CV Masraffi Rp 7.500.000
Kas Rp 7.500.000
(Jurnal Investasi Saham Anak Perusahaan)
06/03/2021Investasi Saham CV Masraffi Rp 3.325.000
Laba CV Masraffi Rp 3.325.000
(Jurnal Pembagian Laba rugi Anak Perusahaan)
27/03/2021Kas Rp 1.500.000
Investasi Saham CV Masraffi Rp 1.500.000
(Jurnal Pembagian Dividen Saham Anak Perusahaan)

Baca Juga: Cara Menghitung Perubahan Hak Kontrol Induk Perusahaan

Demikian cara menyusun laporan keuangan konsolidas metode equity pada makalah akuntansi keuangan lanjutan. Laba ditahan induk perusahaan harus dilaporkan sesuai keadaan sebenarnya di perusahaan dan menyesuaikan persentase hak kontrol yang dimilikinya.

0 Response to "Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel