Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Konten [Tampil]

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode cost akan memberitahukan hubungan afiliasi antara anak dan induk perusahaan. Dalam metode cost kapan laba atau rugi anak perusahaan diakui yaitu pada saat pembentukan perubahan hak kontrol atas pembelian saham oleh induk perusahaan.

Cara menyusun laporan keuangan konsolidasi dengan menggunakan metode cost memiliki perbedaan metode equity. Laba dan rugi anak perusahaan hanya diakui ketika induk perusahaan menyusun neraca saldo konsolidasi dengan membentuk akun laba yang ditahan untuk induk.

Penyusunan laporan keuangan konsolidasi berdampak pada penghapusan akun modal saham, agio saham dan laba ditahan anak perusahaan. Kertas kerja penyusunan necara saldo, jurnal eliminasi dan neraca konsolidasi hendaknya mempertimbangkan perolehan saldo awal dan akhir dari anak perusahaan.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost


Pengakuan Perubahan Modal Anak Perusahaan Metode Cost

Pengakuan perubahan modal anak perusahaan menggunakan metode cost atau biaya tidak akan berdampak pada rekening investasi saham. Metode biaya adalah cara yang digunakan mencatat investasi sebesar harga perolehannya. Investor hanya mengakui perubahan hasil investasi berdasarkan laba yang diakumulasikan.

Pengakuan perubahan modal anak perusahaan oleh induk perusahaan akan mempertimbangkan pembentukan rekening laba ditahan untuk induk. Jumlah yang tercatat pada rekening laba ditahan untuk induk harus disesuaikan dengan persentase hak kontrol yang diakui berdasarkan kepemilikan sahamnya.

Prosedur perubahan modal anak perusahaan karena induk perusahaan membeli saham akan berdampak pada kegiatan operasional dimana terjadi pembagian laba atau rugi. Pembagian laba rugi anak perusahaan berdampak tidak dibuatkannya jurnal penyesuaian kecuali adanya pembagian dividen pada tahun berjalan.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Pembagian Dividen Anak Perusahaan

Makalah Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Harga Perolehan

Makalah laporan keuangan konsolidasi metode harga perolehan disebut metode ekuitas. Harga perolehan adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam rangka memperoleh hak kontrol atas aktiva bersih anak perusahaan baik melalui akuisisi saham, merger atau konsolidasi antar perusahaan.

Makalah laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan biaya sering dipergunakan dalam rangka menerapkan kebijakan akuntansi antar perusahaan. Anak perusahaan akan menjalankan kegiatan operasional sehingga mendatangkan keuntungan atau kerugian yang berdampak pada kinerja perusahaan.

Laporan keuangan konsolidasi akuntansi keuangan lanjutan harus dilakukan karena berbagai macam tipe perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Dalam metode cost, kapan laba atau rugi anak perusahaan akan diakui yaitu pada saat dibentuknya neraca konsolidasi dengan pembukaan akun laba ditahan untuk induk.

Baca Juga: Pengertian Laba Ditahan untuk Induk Perusahaan

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode cost tidak akan merubah jumlah investasi saham anak perusahaan kecuali adanya pengakuan pembagian laba atau rugi dan dividen perusahaan. Jurnal eliminasi dan neraca konsolidasi akan mempermudah menghitung hak minoritas anak perusahaan.

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode cost dan pembahasannya telah terjadi pada CV Masraffi yang akan dibeli sahamnya sebanyak 41 lot. Apabila periode berjalan CV Masraffi mendapatkan laba sebanyak Rp 4.400.000 dan membagian dividen sebesar Rp 300.000. Buatlah jurnal pembelian saham berdasarkan neraca saldo awal anak perusahaan.

Keterangan CV Masraffi
-- Aktiva
- Kas Rp 8.668.000
- Piutang Rp 6.501.000
- Persediaan Rp 4.334.000
- Tanah Rp 13.002.000
   Total Aktiva Rp 32.505.000
-- Passiva
- Hutang Dagang Rp 3.250.500
- Hutang Wesel Rp 6.501.000
- Modal Saham @2.100 Rp 13.002.000
- Agio Saham Rp 8.126.250
- Laba Ditahan Rp 1.625.250
   Total Passiva Rp 32.505.000

Jurnal eliminasi penggabungan usaha metode cost dan equity harus mempertimbangkan jumlah hak kontrol sebesar 40lot dibandingkan 62 lot sehingga induk perusahaan memperoleh hak pengendalian sebesar 65%. Berikut jurnal penggabungan usaha yang harus dibuat oleh perusahaan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/03/2021Investasi Saham CV Masraffi Rp 8.400.000
Kas Rp 8.400.000
(Jurnal Investasi Saham Anak Perusahaan)
06/03/2021Investasi Saham CV Masraffi Rp 3.437.010
Laba CV Masraffi Rp 3.437.010
(Jurnal Pembagian Laba rugi Anak Perusahaan)
27/03/2021Kas Rp 1.550.531
Investasi Saham CV Masraffi Rp 1.550.531
(Jurnal Pembagian Dividen Saham Anak Perusahaan)

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Ditahan pada Laporan Keuangan

Demikian contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode cost atau biaya dan jawabannya semoga dapat membantu materi akuntansi keuangan lanjutan. Jurnal yang harus dibuat induk perusahaan dengan metode cost pada saat pembagian dividen adalah mengakuinya sebagai pendapatan dividen.

0 Response to "Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel