Cara Menghitung Perubahan Modal Anak Perusahaan Metode Ekuitas

Konten [Tampil]

Cara menghitung perubahan modal anak perusahaan metode ekuitas dan metode biaya akan dipengaruhi pembuatan laporan keuangan konsolidasi. Pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan mengakibatkan adanya kerjasama dalam kegiatan operasional yang disebut hubungan afiliasi.

Contoh soal perubahan modal anak perusahaan oleh induk perusahaan menggunakan metode biaya dan metode ekuitas dilakukan sebagai tanggungjawab dalam pembayaran pajak penghasilan badan. Modal anak perusahaan dapat berubah dikarenakan adanya perubahan laba rugi dan investasi yang dilakukan investor.

Perubahan jumlah ekuitas induk dan anak perusahaan berakibat pada perubahan persentase hak kontrol atas perusahaan berafiliasi. Perbedaan metode equity dan metode cost adalah pengakuan pencatatan besarnya investasi perusahaan induk dan anak pada akhir periode. Jurnal eliminasi dan jurnal penggabungan usaha dapat dilakukan.

Cara Menghitung Perubahan Modal Anak Perusahaan Metode Ekuitas


Mengapa Anak Perusahaan Menjual Saham Kepada Induk Perusahaan

Mengapa anak perusahaan menjual saham kepada induk perusahaan tentu didasarkan hubungan afiliasi. Contoh soal laporan perubahan modal perusahaan dagang, perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur dimulai dari jumlah modal akhir laporan keuangan ditambah laba atau rugi dan pengambilan pribadi pemilik perusahaan.

Perubahan pemilikan transaksi saham anak perusahaan dan induk perusahaan berakibat pada laporan keuangan konsolidasi yang dibuatnya. Laporan perubahan modal perusahaan manufaktur terdiri dari laba atau rugi tahun berjalan ditambahkan dengan jumlah modal akhir periode sebelumnya.

Mengapa anak perusahaan menjual saham kepada induk perusahaan karena keinginan untuk melakukan penggabungan usaha. Penggabungan usaha melalui akuisisi saham mengakibatkan perolehan hak kontrol perusahaan lain ketika terjadi pembelian saham. Perubahan ekuitas entitas anak terjadi ketika adanya pembagian dividen.

Baca Juga: Contoh Soal Keluarnya Anggota Sekutu pada Firma Persekutuan

Transaksi Perubahan Pemilikan Saham Anak dan Induk Perusahaan

Transaksi perubahan pemilikan saham anak dan induk perusahaan dapat mempergunakan metode ekuitas dan metode biaya. Terjadinya perolehan laba bersih, kerugian tahun berjalan, pembagian dividen dan adanya penambahan kekayaan anak perusahaan berakibat pada hak kontrol yang didapatkan induk perusahaan.

Transaksi perubahan pemilikan saham anak perusahaan ketika mengguanakan metode equity akan menyesuaikan pencatatan pada rekening investasi saham anak perusahaan. Besarnya prosentase kepemilikan saham induk perusahaan terhadap anak dipertanggungjawabkan pada laporan perubahan modal.

Transaksi yang mengakibatkan jumlah investasi anak perusahaan bertambah adalah pengakuan laba dan penambahan kekayaan anak perusahaan. Pencatatan yang mengakibatkan perubahan investasi saham anak perusahaan adalah pembagian dividen dan induk perusahaan mengurangi kekayaan yang disetorkan kepada anak perusahaan.

Baca Juga: Contoh Penjualan Angsuran dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal Perubahan Modal Anak Perusahaan oleh Induk Perusahaan

Contoh soal perubahan modal anak perusahaan oleh induk perusahaan harus mengerti hubungan afiliasi. Hak minoritas adalah kekayaan perusahaan anak yang berdiri sendiri dimana harus setorkan pajak penghasilan badan. Pengumuman pembagian dividen secara tunai akan merubah persentase hak kontrol perusahaan.

Laporan keuangan konsolidasi menjadi kewajiban induk perusahaan. Perubahan modal anak perusahaan diakibatkan transaksi laba dan rugi, pembagian dividen dan penambahan kekayaan oleh induk perusahaan. Adapun contoh laporan posisi keuangan berdasarkan laporan perubahan modal adalah:

PT Masraffi
Laporan Posisi Keuangan
- Aktiva- Passiva
-- Kas Rp 19.720.320 -- Utang Usaha Rp 46.219.500
-- Piutang Usaha Rp 34.510.560 -- Utang Wesel Rp 23.109.750
-- Perlengkapan Rp 9.860.160 - Modal Saham Rp 23.109.750
-- Uang Muka Pembelian Rp 39.440.640 - Agio Saham Rp 23.109.750
-- Aktiva Tetap Rp 19.720.320 - Laba Ditahan Rp 7.703.250
- Total Aktiva Rp 123.252.000 - Total Aktiva Rp 123.252.000

Pembelian saham anak perusahaan terjadi ketika PT Safelock membeli saham sebanyak 200lot secara tunai. Perubahan modal terjadi ketika anak perusahaan melaporkan memperoleh laba sebesar Rp 21.000.000 dan membagian dividen sebesar Rp 6.000.000. Buatlah jurnal elimasi dan jurnal perubahan modal perusahaan:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2021Investasi Saham PT Masraffi Rp 20.000.000
Kas Rp 20.000.000
(Jurnal Pembelian Saham Anak Perusahaan)
06/01/2021Investasi Saham PT Masraffi Rp 18.270.000
Laba PT Masraffi Rp 18.270.000
(Jurnal Pengakuan Laba Anak Perusahaan)
31/01/2021Kas Rp 5.220.000
   Investasi Saham PT Masraffi Rp 5.220.000
(Jurnal Pembagian Dividen Saham)

Baca Juga: Contoh Biaya Yang Timbul Dalam Penggabungan Usaha

Demikian cara menghitung perubahan modal anak perusahaan metode ekuitas semoga dapat mempertanggungjawabkan perhitungan pajak penghasilan badan. Pengakuan laba rugi akan mempengaruhi laporan perubahan modal yang dibuatkan neraca saldo awal periode.

0 Response to "Cara Menghitung Perubahan Modal Anak Perusahaan Metode Ekuitas"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel