Contoh Soal Keluarnya Anggota Persekutuan dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal keluarnya anggota persekutuan dan jawabannya berkaitan dengan proses perubahan pemilikan firma yang diakibatkan adanya sekutu yang meninggal dunia atau mengakhiri perjanjian usaha. Jika anggota sekutu meninggal dunia maka persekutuan akan dibubarkan diganti dengan firma dengan akta pendirian baru.

Contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan firma akibat keluarnya anggota sekutu mengakibatkan terjadinya pembagian laba rugi firma yang tidak sesuai kesepakatan. Kewajiban anggota sekutu yang keluar adalah melunasi seluruh permasalah yang terjadi seperti masalah keuangan atau kekayaan yang tertanam di firma.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan tentang persekutuan dapat menjadi jalan bagi sekutu memperoleh keuntungan dari hasil investasinya. Metode pencatatan yang digunakan dalam perubahan kepemilikan firma adalah metode goodwill dan metode bonus disesuaikan kebijakan akuntansi yang diterapkan.

Contoh Soal Keluarnya Anggota Persekutuan dan Jawabannya


Perubahan Pemilikan Firma Karena Adanya Anggota yang Keluar

Perubahan pemilikan firma karena adanya anggota yang keluar biasanya diakibatkan permasalahan keuangan atau pembagian laba rugi yang tidak sesuai akta pendirian. Keluarnya anggota lama akan mengakibatkan perubahan jumlah modal yang diakui di firma sebagai metode goodwill dan metode bonus.

Kasus perubahan pemilikan firma sebab masuknya dan keluarnya anggota sekutu berakibat pada pembagian laba rugi yang harus disesuaikan. Sekutu yang keluar dari persekutuan diharuskan melunasi kewajiban yang masih tertanggung dan akan diberikan jumlah modal akhir yang tercatat di pembukuan.

Perbedaan metode bonus dan metode goodwill harus dijabarkan dalam akuntansi keuangan lanjutan. Buatlah neraca saldo awal persekutuan dimana masing-masing anggota sekutu memberikan aktiva non kas. Aktiva non kas harus diakui sesuai dengan nilai wajar pada saat pendirian.

Baca Juga: Contoh Laporan Laba Rugi Full Costing dan Variable Costing

Anggota Firma Yang Keluar Memperoleh Hak Lebih Besar Daripada Saldo Modalnya

Anggota firma yang keluar memperoleh hak lebih besar daripada saldo modalnya tentu akan diakui sebagai bonus atau goodwill yang dibebankan ke firma. Modal sekutu akan dibagikan sesuai dengan modal yang tercantum pada laporan likuidasi persekutuan yang dibuat pada akhir periode.

Anggota firma yang keluar memperoleh hak sama dengan saldo modalnya mengakibatkan tidak adanya keuntungan yang diperoleh sekutu tersebut. Saldo modal akhir menjadi patokan bagi pihak akuntan untuk memberikan hak dan kewajiban sekutu sebelum meninggalkan usahanya.

Anggota sekutu firma yang keluar mendapatkan hak kurangi dari modal yang tercatat tentunya diakibatkan adanya permasalahan keuangan dipersekutuan. Contoh soal metode goodwill dan metode bonus dapat dilakukan agar perusahaan memperoleh keuntungan berdasarkan laporan kinerja perusahaan.

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Contoh Soal dan Jawaban Keluarnya Anggota Persekutuan

Contoh soal dan jawaban keluarnya anggota persekutuan dapat menjadi awal perbaikan kinerja perusahaan. Tujuan utama firma didirikan adalah upaya memperoleh keuntungan yang didasarkan modal bersama. Modal yang telah disetorkan di firma akan menjadi modal bersama masing-masing sekutu.

Contoh soal keluarnya anggota persekutuan dan jawabannya dapat menjadi pertimbangan bagi auditor dalam menganalisis laporan keuangan yang diterbitkan. Pembayaran pajak penghasilan badan harus dilakukan untuk mengikuti aturan pemerintah tentang subyek dan objek pajak penghasilan.

Contoh kasus perubahan pemilikan persekutuan karena adanya anggota sekutu yang keluar terjadi pada Firma Kejora dimana Masraffi akan meninggalkan persekutuan karena dugaan manipulasi data keuangan. Apabila modal masraffi sebesar Rp 63.000.000 dan memperoleh hak sebesar Rp 86.000.000. Buatlah jurnal metode bonus atau metode goodwill yang digunakan?

Cara menghitung bonus atau goodwill yang diberikan untuk sekutu baru atau sekutu lama dapat membandingkan antara hak dan modal yang telah diinvestasikan. Proses likuidasi adalah perubahan aktiva non kas menjadi kas yang akan diserahkan kepada masing-masing sekutu. 

Jurnal keluarnya anggota sekutu lama yang harus dibuat persekutuan adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Modal Masraffi Rp 63.000.000
Goodwill Rp 23.000.000
Kas Rp 86.000.000

Baca Juga: Contoh Kasus Metode Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Demikian contoh soal keluarnya anggota sekutu dan jawabannya semoga dapat membantu proses perhitungan firma dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. 

0 Response to "Contoh Soal Keluarnya Anggota Persekutuan dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel