Contoh Soal Metode Bonus Perubahan Pemilikan Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh soal metode bonus perubahan pemilikan persekutuan menjadi hal yang harus diterangkan dalam akta pendirian. Metode pencatatan masuknya anggota sekutu dan keluarnya anggota sekutu lama menjadi hal yang harus dilakukan agar perusahaan memperoleh keuntungan yang sesuai dengan kesepakatan.

Apa penyebab terjadinya perubahan pemilikan firma adalah hal-hal yang mempengaruhi kekayaan diperusahaan dalam rangka mendistribusikan pembagian laba rugi persekutuan. Jika anggota sekutu meninggal dunia maka firma dinyatakan dibubarkan secara hukum dan dapat dilanjutkan dengan merubah akta pendirian.

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan materi persekutuan dapat terjadi ketika pembentukan firma, pembagian laba rugi persekutuan dan prosedur masuk dan keluarnya sekutu. Mengapa metode bonus dan metode goodwill digunakan dalam mengakui nilai lebih anggota sekutu karena penilaian terhadap aktiva dalam laporan posisi keuangan.

Contoh Soal Metode Bonus Perubahan Pemilikan Persekutuan


Metode Pencatatan Masuknya Anggota Sekutu dan Keluarnya Anggota Firma

Metode pencatatan masuknya anggota sekutu dan keluarnya anggota firma dapat terjadi ketika masing-masing sekutu telah sepakat untuk memperoleh keuntungan berdasarkan akta pendirian. Sebelum kegiatan operasional perusahaan dijalankan, masing-masing sekutu akan bersepakat tentang akta pendirian dan jumlah modal disetorkan.

Sebut dan jelaskan metode pencatatan masuknya anggota sekutu dan keluarnya anggota firma terdiri dari metode goodwill dan metode bonus. Perbedaan metode bonus dan metode goodwill adalah kesepakatan sekutu lama untuk ditambahkan atau dikurangkan modal sebagai akibat adanya nilai lebih dari sekutu baru.

Alasan mengapa anda setuju atau menolak metode bonus dalam perubahan persekutuan sebab penggunaan metode ini akan mempengaruhi jumlah modal sekutu lama. Metode goodwill tidak akan merubah modal yang telah ditanamkan karena akan diakui sebagai tambahan aktiva perusahaan.

Baca Juga: Cara Menghitung Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan

Contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan persekutuan terjadi karena firma memperoleh keuntungan dan kerugian selama menjalankan kegiatan usahanya. Keuntungan yang diperoleh firma akan menarik minat sekutu baru untuk menambahkan kekayaan firma agar proses produksi semakin maksimal.

Contoh soal perubahan kepemilikan persekutuan dan jawabannya dapat dilakukan dalam rangka mengantisipasi adanya pasal yang tidak sesuai dengan akta pendirian. Ownership of an interest in a partnership adalah seluruh kekayaan yang telah di ditanamkan dalam firma sebagai kekayaan bersama.

Perubahan kepemilikan firma terjadi karena adanya anggota baru masuk atau anggota lama keluar. Jika anggota sekutu meninggal dunia maka firma akan mengalami perubahan kepemilikan sebab nama dan modal yang telah disetorkan telah berganti dan secara badan hukum firma dianggap telah dihentikan.

Baca Juga: Contoh Laporan Laba Rugi Full Costing dan Variable Costing

Contoh Soal dan Jawaban Metode Goodwill dan Metode Bonus

Contoh soal dan jawaban metode goodwill dan metode bonus berkaitan dengan cara perusahaan mengakui adanya tambahan kekayaan atau pengalihan modal sekutu lama ke sekutu baru. Sekutu dapat menjual modal ke sekutu baru dimana apabila terjadi selisih maka tidak dianggap sebagai transaksi yang berjalan diperusahaan.

Contoh soal metode goodwill dan metode bonus dalam perubahan pemilikan persekutuan dapat dilakukan agar proses alokasi nilai lebih sekutu baru dapat diakui sebagai tambahan kekayaan perusahaan. Jika anggota sekutu meninggal dunia maka firma akan dibubarkan atau diteruskan dengan mengubah akta pendirian.

Contoh kasus perubahan akta pendirian perusahaan terjadi pada Firma Cahaya dimana sekutu aktif terdiri dari masraffi dan kakraffi. Apabila jumlah modal yang disetorkan adalah Rp 34.000.0000 dan Rp 45.000.000. Ketika sekutu baru bergabung akan memperoleh hak sebesar 25% dengan menyetorkan modal Rp 39.500.000.

Cara menghitung kelebihan dan kekurangan dari jumlah modal disetorkan sekutu baru akan mengakibatkan perubahan modal sekutu lama apabila menggunakan metode bonus. Metode bonus adalah metode yang diterapkan dengan menambah atau mengurangi kekayaan sekutu lama. Adapun perhitungan metode bonus sebagai berikut:

Jumlah Modal Firma
- Masraffi Rp 34.000.000
- Kakraffi Rp 45.000.000
- Sekutu Baru Rp 39.500.000
Total Kekayaan Rp 118.500.000
Hak Modal Sekutu Baru Rp 29.625.000
Kelebihan Setoran Rp 9.875.000
Pemberian bonus
- Masraffi Rp 4.250.000
- Kakraffi Rp 5.625.000
Penambah Hak Sekutu Lama Rp 9.875.000

Jurnal mencatat transaksi masuknya anggota sekutu lama menggunakan metode bonus akan mempengaruhi modal sekutu lama. Jurnal penambahan kekayaan anggota sekutu lama adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2021Kas Rp 39.500.000
Modal Masraffi Rp 4.250.000
Modal Kakraffi Rp 5.625.000
Modal Sekutu Baru Rp 29.625.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan

Demikian contoh soal metode bonus dalam perubahan pemilikan persekutuan menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan. Perbedaan metode bonus dan metode goodwill harus diketahui sebelum akuntan melakukan pencatatan terhadap transaksi tersebut.

0 Response to "Contoh Soal Metode Bonus Perubahan Pemilikan Persekutuan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel