Contoh Soal Metode Goodwill dan Metode Bonus Kepemilikan Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh soal metode goodwill dan metode bonus pada perubahan kepemilikan persekutuan menjadikan firma harus mengalokasikan persentase pembagian laba rugi masing-masing sekutu. Jika salah satu anggota sekutu meninggal dunia maka firma secara hukum akan dibubarkan atau dilanjutkan dengan perubahan akta pendirian.

Contoh soal masuknya anggota sekutu baru dalam persekutuan menjadikan adanya tambahan investasi untuk menjalankan kegiatan operasional. Perubahan kepemilikan persekutuan terjadi dengan adanya pemilik modal yang tidak sesuai akta pendirian sehingga diharuskan merubah akta pendirian firma.

Contoh soal dan jawaban perubahan pemilikan firma terjadi dengan membeli hak anggota lama atau memasukkan kekayaan anggota baru. Penerimaan sekutu baru atau pelepasan sekutu lama mengakibatkan adanya perubahan dalam persentase pembagian laba rugi periode tersebut.

Contoh Soal Metode Goodwill dan Metode Bonus Kepemilikan Persekutuan


Pertanyaan Tentang Perubahan Kepemilikan Persekutuan

Pertanyaan tentang perubahan kepemilikan persekutuan terjadi ketika sekutu baru membeli hak sekutu lama atau memasukkan kekayaan pada firma. Apabila terjadi perubahan terhadap komposisi pemilik modal maka firma harus melakukan perubahan terhadpa akta pendirian perusahaan.

Perubahan kepemilikan firma akibat adanya anggota baru yang masuk dapat terjadi karena persekutuan menghasilkan keuntungan setiap periodenya. Firma akan bertahan ketika memperoleh keuntungan sehingga dapat menarik minat sekutu baru untuk menginvestasikan sebagian modal sebagai tambahan kekayaan.

Pertanyaan tentang perubahan kepemilikan persekutuan harus menyesuaikan dengan proses pertumbuhan dan penyesuaian kondisi ekonomi. Akuntansi perubahan pemilikan firma harus dipahami karena menyesuaikan dengan karakteristik umur terbatas yang disebut limited life.

Baca Juga: Cara Menghitung Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Metode Pencatatan Masuknya Anggota Sekutu Baru

Metode pencatatan masuknya anggota sekutu baru dalam persekutuan menjadi harapan bagi masing-masing sekutu untuk memperoleh tambahan kekayaan dalam menjalankan kegiatan produksi. Contoh soal persekutuan akuntansi keuangan lanjutan menjadi pembahasan tentang kegiatan usaha yang bertujuan memperoleh laba.

Metode pencatatan masuknya anggota sekutu baru dalam firma menjadi pertimbangan bagi akuntan dalam memahami akuntansi keuangan lanjutan. Apa yang dimaksud dengan "ownership of an interest in a partnership" adalah seluruh harta yang telah disetorkan masing-masing sekutu menjadi harta kekayaan bersama.

Metode pencatatan masuknya sekutu baru dan keluarnya sekutu lama dapat menggunakan metode goodwill dan metode bonus. Perbedaan metode goodwill dan metode bonus akan berpengaruh terhadap kewajaran laporan keuangan. Laporan kinerja keuangan menjadi informasi tentang pembagian laba rugi pada periode tersebut.

Baca Juga: Contoh Kasus Akuntansi Pendirian Persekutuan

Contoh Soal dan Jawaban Metode Goodwill dan Metode Bonus

Contoh soal dan jawaban metode goodwill dan metode bonus tentunya melibatkan adanya pembagian laba rugi berdasarkan tingkat partisipasi dalam mengelola kegiatan usaha. Sebelum menjalankan kegiatan produksi, badan usaha harus membuat kesepakatan masing-masing sekutu yang disebut akta pendirian.

Contoh soal metode goodwill dan metode bonus dalam perubahan kepemilikan firma menjadi hal yang sering terjadi. Apabila terjadi perubahan terhadap kekayaan yang telah disetorkan oleh sekutu akan mengakibatkan perubahan terhadap persentase pembagian laba rugi firma.

Contoh soal metode bonus dan metode goodwill terjadi pada Firma ABC yang didirikan oleh masraffi dan kakraffi dengan modal sebesar Rp 32.000.000 dan Rp 12.000.000. Apabila ada sekutu baru yang menginvestasikan modal sebesar Rp 20.000.000 dan diakui sebesar 40% dari total kekayaan baru. Buatlah jurnal mencatat penambahan kekayaan persekutuan?

Jumlah Modal Firma
- Masraffi Rp 32.000.000
- Kakraffi Rp 12.000.000
- Sekutu Baru Rp 20.000.000
Total Kekayaan Rp 64.000.000
Hak Modal Sekutu Baru Rp 25.600.000
Kelebihan Setoran Rp 5.600.000
Pemberian bonus
- Masraffi Rp 4.072.727
- Kakraffi Rp 1.527.273
Pengurang Hak Sekutu Lama Rp 5.600.000

Jurnal masuknya anggota sekutu baru pada persekutuan yang dapat dibuat oleh firma ABC adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2021Kas Rp 20.000.000
Modal Masraffi Rp 4.072.727
Modal Kakraffi Rp 1.527.273
Modal Sekutu Baru Rp 25.600.000

Baca Juga: Contoh Soal Penghapusan Piutang Langsung dan Tidak Langsung

Demikian contoh soal metode goodwill dan metode bonus pada perubahan pemilikan persekutuan firma semoga dapat memahami prosedur masuknya anggota sekutu baru dan keluarnya anggota sekutu lama sehingga dapat membantu proses perubahan persentase pembagian laba rugi.

0 Response to "Contoh Soal Metode Goodwill dan Metode Bonus Kepemilikan Persekutuan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel