Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan persekutuan terjadi ketika adanya sekutu baru yang masuk atau sekutu lama yang keluar dari firma. Metode pencatatan goodwill dan bonus menjadi keharusan yang dimiliki perusahaan dalam rangka memenuhi karakteristik persekutuan yang memiliki umur terbatas.

Masuknya anggota baru dalam persekutuan membuat firma mengalami perubahan dalam akta pendirian. Jika salah satu anggota persekutuan meninggal dunia, maka firma akan dibubarkan. Perbedaan metode bonus dan goodwill dalam prosedur masuknya sekutu baru dan keluarnya sekutu lama membuat pencatatan akuntansi sesuai kebijakan yang berlaku.

Sebutkan dan jelaskan metode pencatatan masuknya sekutu baru menjadikan persekutuan mengalami adanya perubahan dalam akta pendirian. Jumlah modal yang disetor lebih dari jumlah modal tertanam mengharuskan firma mengajukan adanya perubahan akta pendirian karena tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan


Metode Pencatatan Masuknya Anggota Baru Dalam Persekutuan

Metode pencatatan masuknya anggota baru dalam persekutuan menjadikan perusahaan mengalami perubahan sehingga tidak sesuai dengan keadaan pada saat firma didirikan. Akuntansi pendirian firma bergantung pada kepemilikan usaha sebelum sekutu bergabung sehingga mempengaruhi transaksi yang terjadi.

Metode pencatatan masuknya anggota baru dalam persekutuan dapat terjadi karena sekutu mengalami keuntungan dan kerugian yang mempengaruhi minat investor. Pembagian laba rugi menjadi kunci utama dalam mengatasi adanya kerugian dan membagikan keuntungan sesuai dengan persentase yang telah disepakati.

Perbedaan metode goodwill dan metode bonus dalam mengakui anggota firma yang masuk dan keluar dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan proses akuntasi. Akuntansi perubahan pemilikan firma terdiri dari adanya sekutu baru yang bergabung dan sekutu lama yang keluar dari usaha yang telah dijalankan.

Baca Juga: Contoh Soal Metode Bonus dan Goodwill

Apa Penyebab Terjadinya Perubahan Kepemilikan Persekutuan

Apa penyebab terjadinya perubahan kepemilikan persekutuan tentu berkaitan dengan karakteristik firma. Karakteristik firma yang memiliki umur terbatas disebut limited life yang menjadikan adanya perubahan komposisi sekutu dapat menjadikan perubahan dalam akta pendirian yang telah dicantumkan.

Mengapa metode bonus dan metode goodwill digunakan dalam mencatat penerimaan sekutu baru sebab transaksi perubahan komposisi pemilik modal harus dicatat dalam sistem informasi akuntansi. Apa yang dimaksud "ownership of an interest in a partnership" adalah kekayaan yang telah diserahkan di firma menjadi kekayaan bersama untuk masing-masing sekutu.

Penyebab terjadinya perubahan kepemilikan persekutuan karena adanya anggota baru yang masuk dan andanya anggota lama yang keluar atau meninggal dunia. Jika salah satu anggota persekutuan meninggal dunia, maka firma secara badan hukum akan dibubarkan.

Baca Juga: Pertanyaan Tentang Pembubaran Persekutuan

Contoh Soal Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan

Contoh soal masuknya anggota baru dalam persekutuan dapat dilakukan dengan membeli hak sekutu lama atau memasukkan investasi pada firma. Cara masuknya anggota baru akan merubah seluruh komposisi modal di persekutuan sehingga menyebabkan akta pendirian sudah tidak berlaku lagi dan harus di revisi.

Contoh soal dan jawaban masuknya anggota baru dalam persekutuan menjadikan adanya modal anggota baru dicatat lebih besar atau lebih kecil daripada kekayaan yang disetorkan kepada firma. Pembelian hak sekutu akan mengakibatkan perubahan persentase laba yang seharusnya diterima oleh investor tersebut.

Contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan persekutuan terjadi pada FIRMA Anugerah yang didirikan oleh masraffi dan kakraffi. Apabila modal masraffi sebesar Rp 42.000.000 dan kakraffi Rp 23.000.000 dimana persentase laba yang dibagikan adalah 2:1. Buatlah jurnal masuknya sekutu dengan membeli hak anggota lama (masraffi) sebesar 20%?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/01/2021Modal Masraffi Rp 8.400.000
Modal Sekutu Baru Rp 8.400.000

Baca Juga: Contoh Soal Metode Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Demikian contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan persekutuan dengan cara membeli anggota sekutu lama. Sekutu baru dapat menambahkan kekayaan firma tetapi akan merubah persentase pembagikan keuntungan berdasarkan metode goodwill atau bonus.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel