Contoh Soal Pendirian Firma Oleh Anggota Yang Sudah Memiliki Usaha

Konten [Tampil]

Contoh soal pendirian firma oleh anggota yang sudah memiliki usaha menjadikan akuntan harus menyesuaikan aktiva yang telah dimiliki berdasarkan nilai wajar pada saat pembentukan persekutuan. Jurnal pembentukan persekutuan dapat dibuat dengan mencatat penyetoran kekayaan anggota yang belum memiliki usaha.

Contoh soal persekutuan akuntansi keuangan lanjutan 1 dapat dilakukan dengan menggunakan buku anggota yang sudah menjalankan kegiatan usaha. Necara pendirian persekutuan dapat dibuat agar memberikan informasi tentang jumlah aktiva yang sudah dimiliki oleh perusahaan.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 tentang persekutuan dapat berbentuk pilihan ganda pendirian firma, pembagian laba rugi persekutuan, likuidasi bahkan keluaranya anggota lama. Setelah neraca saldo awal dibuat maka akuntan dapat menentukan rasio pembagian laba rugi sesuai akta pendirian.

Contoh Soal Pendirian Firma Oleh Anggota Yang Sudah Memiliki Usaha


Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 Persekutuan

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan dapat menggunakan buku salah satu anggota sekutu yang telah memiliki usaha. Laporan keuangan persekutuan dapat menjadi pedoman dalam menentukan kewajiban pemungutan pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai bagi firma.

Soal pilihan ganda persekutuan akuntansi keuangan lanjutan menjadi materi yang harus dipahami oleh calon akuntan karena berkaitan dengan pendirian suatu organisasi bisnis. Firma adalah organisasi bisnis yang bertujuan mencari laba dengan menjalankan kegiatan operasionalnya sehari-hari

Soal dan jawaban akl 1 persekutuan firma menjadikan laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif menjadi dasar dalam menentukan kewajiban menjadi pengusaha kena pajak. Akuntansi pendirian firma bergantung pada sekutu yang telah memiliki usaha atau sekutu yang belum memiliki usaha.

Baca Juga: Contoh Soal Aktiva dan Kewajiban Pajak Tangguhan

Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Persekutuan

Contoh soal akuntansi pembentukan persekutuan berasal dari adanya perjanjian antara dua orang untuk menjalankan kegiatan bisnis dalam bentuk firma. Perbedaan utama antara persekutuan dan perseroan terbatas adalah modal yang diinvestasikan untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan.

Contoh soal dan jawaban akuntansi pembentukan persekutuan berkaitan dengan sekutu yang terlibat. Perbedaan sekutu aktif dan sekutu pasif tentunya memerlukan adanya tugas dan tanggungjawab dalam mencari keuntungan di perusahaan. Firma memiliki umur terbatas karena setiap adanya perubahan terhadap struktur organisasi menyebabkan adanya perubahan akta pendirian.

Soal dan jawaban akuntansi pembentukan persekutuan dapat berlangsung antara sekutu yang telah memiliki usaha dengan sekutu yang tidak memiliki usaha. Prosedur masuknya sekutu baru dan prosedur keluarnya sekutu lama menjadikan terjadinya perubahan akta pendirian firma.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan Kontrak Selesai

Contoh Kasus Pendirian Persekutuan Firma dan Pembahasannya

Contoh kasus pendirian persekutuan firma dan pembahasannya dapat menjadi karakteristik yang membedakan antara persekutuan dengan perseroaan terbatas. Kekayaan yang ditanamkan ke firma tidak akan terlepas dari harta pribadi sekutu sehingga pemenuhan tanggungjawab harus diselesaikan ketika proses likuidasi.

Contoh kasus pembentukan firma persekutuan terjadi pada Firma Anugerah yang didirikan oleh Masraffi dan Kakraffi. Kakraffi menyetorkan kas senilai Rp 72.000.000 dan mobil seharga Rp 21.000.000. Laporan keuangan persekutuan yang didirikan oleh masraffi adalah:

Firma Masraffi
Laporan Posisi Keuangan
Kas Rp 42.000.000 Hutang Usaha Rp 35.000.000
Piutang Rp 14.000.000 Hutang Bank Rp 21.000.000
Perlengkapan Rp 28.000.000
Aktiva tetap Rp 5.600.000 Modal Masraffi Rp 84.000.000
Jumlah Rp 140.000.000 Jumlah Rp 140.000.000

Akuntansi pendirian firma terjadi ketika pembukuan transaksi melanjutkan transaksi salah satu sekutu. Adapun penyesuaian yang terjadi adalah piutang hanya diakui sebesar 80%, kas ditarik oleh sekutu sebesar Rp 4.000.000 dan perlengkapan diambil oleh sekutu sebesar Rp 12.000.000. Jurnal penyesuaian pembentukan persekutuan yang dibuat adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2021Modal Masraffi Rp 27.200.000
Kas Rp 4.000.000
Piutang Rp 11.200.000
Perlengkapan Rp 12.000.000
Kas Rp 72.000.000
Aktiva Tetap Rp 21.000.000
Modal Kakraffi Rp 93.000.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Demikian contoh soal pendirian firma oleh anggota yang sudah memiliki usaha semoga dapat membantu membuat jurnal pembentukan persekutuan agar dapat melaporka neraca saldo awal ketika organisasi laba didirikan.

0 Response to "Contoh Soal Pendirian Firma Oleh Anggota Yang Sudah Memiliki Usaha"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel