Contoh Soal dan Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun berdampak pada pembebanan biaya perolehan aktiva tetap yang didapatkan selama satu periode. Rumus depresiasi metode garis lurus, metode saldo menurun berganda dan metode jumlah angka tahun akan menghasilkan koreksi fiskal atas pendapatan perusahaan.

Cara menghitung depresiasi metode jumlah angka tahun adalah langkah yang digunakan untuk mengalokasikan biaya perolehan atas pembelian aktiva tetap agar dapat dimanfaatkan selama periode yang ditetapkan. Rumus penyusutan jumlah angka tahun excel bergantung lama waktu depresiasinya.

Soal dan pembahasan metode jumlah angka tahun akan memunculkan penyusutan karena aktiva tetap dipakai sendiri. Nilai buku adalah selisih antara biaya perolehan dengan beban depresiasi yang telah dibebankan selama satu periode. Penurunan kualitas aktiva tetap terjadi ketika adanya pemakaian dan keausan produk tersebut.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun


Pengertian Metode Jumlah Angka Tahun dalam Penyusutan

Pengertian metode jumlah angka tahun dalam penyusutan menurut para ahli adalah tindakan akuntan untuk mengalokasikan biaya perolehan aktiva tetap selama jangka waktu yang digunakan agar menyesuaikan kebijakan akuntansi yang berlaku. Penurunan fungsi aktiva tetap dapat terjadi ketika aset ketinggalan zaman dan kurang memadai fungsinya.

Metode jumlah angka tahun dalam penyusutan berakibat pada depresiasi yang dikarenakan adanya pemakaian dan keausan aset tetap. Pengakuan penyusutan aset tetap tidak mengakibatkan adanya penggantian aset lama ketika masa pakainya telah habis.

Pengertian metode jumlah angka tahun menurut para ahli adalah tindakan mengalokasikan faktor-faktor dalam perhitungan depresiasi seperti biaya perolehan, masa manfaat dan nilai residu. Nilai residu adalah harga aktiva tetap yang diharapkan didapatkan pada akhir masa depresiasi tersebut.

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2 dan 4 Kolom Beserta Pembahasannya

Soal dan Pembahasan Metode Jumlah Angka Tahun

Soal dan pembahasan metode jumlah angka tahun terjadi karena adanya faktor-faktor perhitungan depresiasi. Metode penyusuan aset tetap terdiri dari metode garis lurus, metode saldo menurun, metode angka-angka tahun dan metode satuan kegiatan atas produk yang berhasil dibuat oleh aktiva tetap.

Soal dan pembahasan metode jumlah angka tahun dipengaruhi oleh adanya biaya perolehan, nilai residu dan masa manfaat. Nilai residu adalah taksiran harga aset tetap yang dimungkinkan dapat dijual pada akhir periode. Masa manfaat adalah jangka waktu pemakaian aset tetap sampai terjadi keausan.

Contoh soal dan cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun terjadi pada PT Masraffi yang membeli mesin produksi seharga Rp 92.200.000. Masa manfaat aktiva tetap selama 4 tahun dan dikategorikan sebagai aktiva tetap pertama di perpajakan. Berapakah penyusuan aktiva tetap setiap periodenya?

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Biaya Produksi 2 Departeman atau Lebih

Bagaimana Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Bagaimana cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun bergantung pada masa pemakaian aktiva tetap. Perbedaan penyusutan akuntansi dan penyusuan perpajakan karena adanya perbedaan temporer pengakuan beban depresiasi setiap periodenya. Koreksi fiskal negatif terjadi ketika beban depresiasi akuntansi lebih besar daripada beban depresiasi perpajakan.

Bagaimana cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun yaitu dilakukan dengan mempertimbangkan penjumlahan masa manfaat aktiva tetap. Contoh jumlah angka tahun yaitu aktiva tetap dipakai selama 4 tahun. Maka, pembagi masa manfaat adalah 1+2+3+4 = 10.

Tabel depresiasi aktiva tetap metode jumlah angka tahun dipergunakan agar rumus penyusutan jumlah angka tahun excel digunakan. Adapun, tabel penyusuan aset tetap metode jumlah angka tahun berdasarkan soal dan pembahasan amortisasi aktiva tetap sebagai berikut.

TahunBeban DepresiasiAmortisasi DepresiasiNilai Buku
0 Rp 92.200.000
1 Rp 36.880.000 Rp 36.880.000 Rp 55.320.000
2 Rp 27.660.000 Rp 64.540.000 Rp 27.660.000
3 Rp 18.440.000 Rp 82.980.000 Rp 9.220.000
4 Rp 9.220.000 Rp 92.200.000 Rp -

Jurnal penyusuan aktiva tetap metode jumlah angka tahun harus dibuatkan setiap akhir periode. Pembelian aktiva tetap sepaket atau aktiva tetap dibangun sendiri akan memiliki biaya perolehan yang berbeda antar perusahaan. Adapun, jurnal penyusuan aktiva tetap pada akhir periode pertama adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Beban Depresiasi Rp 36.880.000
Akumulasi Depresiasi Rp 36.880.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Cara Menghitung Piutang Tak Tertagih

Demikian contoh soal dan cara menghitung penyusuan metode jumlah angka tahun semoga akuntan tidak perlu melakukan rekonsiliasi fiskal dengan mematuhi ketentuan umum perpajakan tentang masa manfaat aktiva tetap.

0 Response to "Contoh Soal dan Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel