Contoh Soal dan Jurnal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal penghentian pemakaian aktiva tetap akan digunakan setelah aset yang dimiliki perusahaan telah mencapai jumlah depresiasi yang ditetapkan. Pelepasan aset tetap dilakukan melalui penjualan, tukar menukar aset bahkan penghentian pemakaian setelah dicapainya nilai penyusutan.

Contoh soal penghentian pemakaian aset tetap dan jawabannya menjadi makalah metode penyusutan aktiva tetap. Masa manfaat aktiva tetap harus menyesuaikan ketentuan perpajakan guna menghindari koreksi fiskal. Harga perolehan akan berpengaruh terhadap penyesuaian aktiva tetap karena dasar perhitungan aset tersebut.

Pencatatan jurnal untuk penghentian aktiva tetap jika memperoleh kerugian yang besar adalah mengakui adanya beban kerugian atas aset tetap yang sudah dibuang. Tujuan penghentian aset tetap adalah tidak mengakuinya aktiva tetap periode mendatang karena sudah rusak, aus bahkan tidak dapat dipergunakan.

Contoh Soal dan Jurnal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap


Bedanya Revenue Expenditure dan Capital Expenditure

Perbedaan revenue expenditure dan capital expenditure adalah pengeluaran yang dilakukan dalam rangka memperoleh pendapatan bahkan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Selama satu periode, perusahaan dapat menggunakan aset tetap dan harus mengeluarkan biaya rutin untuk melakukan perbaikan.

Bedanya revenue expenditure dan capital expenditure adalah pengeluaran yang berguna meningkatkan pendapatan di perusahaan. Perbaikan aktiva tetap diakui sebagai upaya investasi. Capital expenditure atau pengeluaran modal akan mencatat aset sebagai penambah nilai aktiva tetap tersebut.

Perbedaan pengeluaran pendapatan dan pengeluaran modal harus menyesuaikan kebijakan akuntansi di perusahaan. Prinsip materialitas adalah aturan dimana perusahaaan akan melakukan penilaian terhadap penggunaan aktiva tetap berpengaruh atas penetapan kebijakan akuntansi di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Aktiva Tetap dan Pembahasannya

Tujuan dan Cara Penghentian Pemakaian Aset Tetap

Tujuan dan cara penghentian pemakaian aset tetap akan dilakukan agar nilai depresiasi yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan menunjukan nilai aktiva tetap sesuai kebijakan perusahaan. Mencari nilai buku harus segera dilakukan karena adanya kemungkinan selisih biaya perolehan dan nilai depresiasi.

Tujuan penghentian pemakaian aktiva tetap adalah menghapus pencatatan aktiva tetap bergerak dan aktiva tetap tidak bergerak. Mengapa harga perolehan berpengaruh terhadap penghentian pemakaian aset tetap karena perusahaan telah membebankan sejumlah nilai aktiva setiap periodenya untuk kegiatan produksi.

Pencatatan jurnal untuk penghentian pemakaian aktiva tetap jika memperoleh kerugian yang besar dapat diakui sebagai kejadian luar biasa. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai depresiasi adalah biaya perolehan, masa manfaat dan nilai residu yang diharapkan dari total biaya yang dikeluarkan perusahaan.

Baca Juga: Cara Menghitung Piutang Tak Tertagih

Contoh Soal dan Cara Menghitung Penghentian Pemakaian Aset Tetap

Contoh soal dan cara menghitung penghentian pemakaian aset tetap akan terjadi ketika nilai depresiasi telah sesuai nilai buku. Pengertian nilai buku adalah selisih antara nilai depresiasi dan biaya perolehan aktiva tetap. Aktiva tetap harus dicatat sesuai biaya yang telah dikeluarkan perusahaan bersamaan capital expenditurenya.

Cara menghitung penghentian pemakaian aktiva tetap harus mempertimbangkan selisih rugi dan selisih laba ketika terdapat nilai residu pada akhir periode. Aktiva tetap yang sudah dipakai secara penuh tetapi masih dapat digunakan pada akhir periode. Maka, perusahaan tidak pelu membebankan penyusutannya.

Contoh soal penghentian pemakaian aktiva tetap dan jawabannya terjadi pada PT Masraffi yang membeli komputer seharga Rp 11.000.000. Komputer telah dipakai selama 4 tahun dengan nilai sisa Rp 1.000.000. Bagaimana jurnal untuk penghentian aset tetap jika memperoleh kerugian yang besar.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31/12/2021Akumulasi Depresiasi Rp 10.000.000
Beban Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap Rp 1.000.000
Komputer Rp 11.000.000

Baca Juga: Contoh Kasus Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak

Demikian contoh soal dan jurnal penghentian pemakaian aset tetap agar perusahaan dapat memperoleh nilai penuh atas penyusutan yang terjadi. Tujuan penyusutan aktiva tetap adalah membebankan biaya perolehan atas penggunaan aktiva tetap setiap periode yang berjalan di perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jurnal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel