Contoh Soal Akuntansi Kontrak Kontruksi dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi kontrak kontruksi dan jawabannya akan dilakukan setelah perusahaan memperoleh pendapatan dan biaya yang telah dikeluarkan. Bagaimana penyajian akuntansi kontruksi dalam pengerjaan dalam neraca berkaitan dengan alokasi biaya perolehan aset dan passiva perusahaan pada akhir periode.

Contoh soal akuntansi pendapatan kontrak kontruksi metode persentase penyelesaian dan kontrak kontruksi harus dilakukan agar diperolehnya penghasilan di tahun fiskal. Metode pengakuan pendapatan kontrak kontruksi harus dikaitkan secara permanen untuk melihat kondisi keuntungan perusahaan.

Pertanyaan tentang kontruksi dalam pengerjaan biasanya melibatkan pembangunan aktiva tetap dibangun sendiri. Contoh soal dan jawaban metode kontrak selesai dan metode persentase penyelesaian akan melihat jumlah penghasilan kena pajak yang harus dibayarkan perusahaan bersamaan dengan penyimpangan pekerjaan kontrak atau klaim.

Contoh Soal Akuntansi Kontrak Kontruksi dan Jawabannya


Pengertian dan Akuntansi Pendapatan Kontrak Kontruksi

Pengertian dan akuntansi pendapatan kontrak kontruksi berawal dari pencatatan penghasilan yang diperoleh dari kerjasama jangka panjang antar perusahaan. Pengakuan pendapatan penjualan cicilan akan berguna sebagai penambah kekayaan perusahaan terhadap piutang usaha yang ditanggung investor.

Pengertian pendapatan kontrak kontruksi adalah penghasilan yang diperoleh perusahaan dari adanya pengerjaan kerjasama jangka panjang. Makalah akuntansi kontrak kontruksi berisi informasi tentang karakteristik dan penyimpangan kerjasama yang dilakukan perusahaan.

Akuntansi pendapatan kontrak kontruksi akan menimbulkan masalah pengakuan pendapatan pada akhir periode. Kontruksi dalam pengerjaan diakui sebagai aktiva tetap perusahaan walaupun entitas belum menerima manfaat secara penuh atas penggunaan aset tersebut. 

Baca Juga: Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Contoh Soal dan Jawaban Pendapatan Kontrak Kontruksi

Contoh soal dan jawaban pendapatan kontrak kontruksi akuntansi keuangan menengah akan melibatkan penghasilan yang terdiri dari pendapatan dalam kontrak dan penyimpangan pengerjaan. Kontrak kontruksi terdiri dari kontruksi aset tetap dan penghancuran aktiva tetap atau restorasi aset.

Contoh soal pendapatan kontrak kontruksi dan jawabannya akan diakui ketika telah terjadi penyelesaian aktivitas kontrak tertanggal akhir periode laporan keuangan. Klaim atas penyimpangan kontrak diakui sebagai penghasilan ketika adanya negosiasi dan persetujuan pembeli.

Metode akuntansi kontrak kontruksi terdiri dari metode prosentase penyelesaian dan kontrak selesai. Metode prosentase penyelesaian akan mengakui penghasilan ketika terjadi penyerahan barang kena pajak atau jasa kena pajak pada tahun fiskal. Metode kontrak selesai akan mengakui pendapatan ketika kerjasama berakhir.

Baca Juga: Jurnal Penyesuaian Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Ayat Jurnal Penyesuaian Kontrak dalam Pengerjaan

Ayat jurnal penyesuaian kontrak dalam pengerjaan akuntansi keuangan menengah akan berguna sebagai dasar pengerjaan penghasilan kena pajak. Contoh soal metode kontrak selesai dan metode prosentase penyelesaian berdampak pada pelaporan keuangan atas penghasilan perusahaan.

Contoh soal dan jawaban metode prosentase penyelesaian akuntansi kontrak kontruksi terjadi pada PT Masraffi yang melaporkan kerjasama dengan hasil Rp 590.000.000 dan biaya yang dikeluarkan Rp 140.000.000. Apabila ditahun pertama hanya berhasil menyelesaikan 34% dari pekerjaan. Bagaimana jurnal penghasilan yang dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Kontruksi dalam Pengerjaan Rp 47.600.000
Kas Rp 47.600.000
31/12/2021Piutang Usaha Rp 200.600.000
Kontruksi dalam Pengerjaan Rp 200.600.000

Ayat jurnal penyesuaian kontrak dalam pengerjaan terdiri dari prosentase penyelesaian dan kontrak selesai. Pihak akuntan perusahaan dapat mempergunakan kebijakan akuntansi yang diterapkan sesuai ketentuan umum perpajakan yang berlaku. Kontrak dalam pengerjaan diakui sebagai aktiva tetap perusahan.

Baca Juga: Contoh Soal Saham Treasury dan Pembahasannya

Demikian contoh soal akuntansi kontrak kontruksi dan jawabannya semoga dapat membantu alokasi penghasilan dan biaya perolehan aset tetap perusahaan. Kontraktor harus mengungkapkan penghasilan yang terjadi pada periode tersebut walaupun tidak menerima kas dan setara kasnya.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Kontrak Kontruksi dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel