Contoh Soal Perhitungan Dana Pensiun dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal perhitungan dana pensiun dan jawabannya terjadi ketika pekerja telah mencapai masa pensiun dimana telah terjadi pemupukan dana yang dikelola secara terpisah dari kegiatan utama perusahaan. Dana pensiun syariah terdiri dari dana pensiun pemberi kerja dan dana pensiun lembaga keuangan.

Pertanyaan tentang dana pensiun brainly tentu mempertimbangkan pajak penghasilan atas manfaat ekonomis yang diterima wajib pajak. Soal uraian dana pensiun pegawai dibayarkan secara bulanan terhadap program iuran pasti dan program iuran manfaat pasti yang dipotongkan dari penghasilan karyawan.

Contoh soal pilihan ganda tentang dana pensiun dan jawabannya akan dilaporkan secara proporsional atas imbalan pasti dan aset atas program yang dijalankan perusahaan. Program iuran pasti akan memisahkan antara risiko aktuaria yang ditanggung peserta dan kewajiban hukum terhadap iuran yang telah disepakati.

Contoh Soal Perhitungan Dana Pensiun dan Jawabannya


Pengertian Dana Pensiun Menurut Para Ahli

Pengertian dana pensiun menurut para ahli adalah program yang telah diikuti pekerja selama bekerja untuk perusahaan dimana manfaatnya akan didapatkan ketika selesai bertugas sampai saat pensiunnya. Program manfaat pasti adalah program yang disediakan perusahaan kepada pekerja atau mantan pekerjanya.

Pengertian dana pensiun menurut UU no 11 tahun 1992 adalah program pascakerja yang diselenggarakan dengan pemupukan dana yang dikelola secara terpisah dari kegiatan utama perusahaan. Perusahaan tidak diperkenankan membentuk dafangan sebagai pembayaran imbalan kerja kepada pekerja dan mantan pekerja.

Pengertian dana pensiun menurut para ahli adalah iuran yang dipotongkan dari penghasilan pegawai tetap perusahaan yang dapat diambil ketika masa pensiunnya datang. Tujuan dan fungsi dana pensiun adalah mengupayakan agar pekerja memperoleh penghasilan walaupun telah mencapai masa pensiunnya.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Kontrak Kontruksi dan Jawabannya

Pertanyaan Tentang Dana Pensiun Syariah Brainly

Pertanyaan tentang dana pensiun syariah brainly tentu mempertimbangkan pajak penghasilan yang dikenakan atas tambahan manfaat ekonomisnya. Faktor yang mempengaruhi nilai kini dari kewajiban imbalan pasti dan program manfaat pasti yang dilakukan perusahaan adalah biaya jasa, biaya bunga, penyelesaian kurtailmen atas kebijakan.

Pertanyaan tentang dana pensiun brainly berkaitan dengan kapan waktu diperolehnya penghasilan atas manfaat yang telah didapatkan pekerja yaitu setelah mencapai usia pensiun. Dana pensiun lembaga keuangan disingkat DPLK adalah lembaga keuangan yang bertugas untuk mengelola dana pensiun agar diperoleh keuntungan.

Pertanyaan pilihan ganda dan soal essay tentang dana pensiun brainly akan dilaporkan sebagai kewajiban jangka pendek. Adanya resiko dana pensiun seperti resiko aktuarial yaitu resiko atas perbedaan asumsi akruaris dan seperti investasi yaitu resiko tidak dicapainya keuntungan yang disepakati.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Jual Obligasi

Contoh Perhitungan Dana Pensiun dan Jawabannya

Contoh soal perhitungan dana pensiun dan jawabannya hanya akan terjadi ketika perusahaan menyetorkan pajak penghasilan orang pribadi. Dana pensiun merupakan objek pajak tetapi pemotongan atas manfaatnya dilakukan ketika diberikan pada saat usia pensiun.

Contoh soal dan jawaban akuntansi dana pensiun akan dikenakan tarif pemotongan pajak penghasilan progresif. Pajak penghasilan dana pensiun bersifat final sehingga tidak dapat dijadikan sebagai kredit pajak pada akhir periode. Imbalan kerja jangka panjang seperti cuti berimbalan dan kompensasi ditangguhkan.

Soal dan jawaban akuntansi dana pensiun terjadi pada PT Masraffi yang telah memotong iuran imbalan pasti sebesar Rp 70.000 dari 60 karyawannya. Apabila PT Masraffi menyetorkan secara tunai pada tanggal 10 bulan berikutnya. Jurnal pembayaran iuran pasti atas pemotongan gaji karyawan adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
10/05/2021Beban Iuran Pensiun Rp 4.200.000
Kas Rp 4.200.000

Baca Juga: Contoh Soal Saham Yang Dipesan dan Jawabannya

Demikian contoh soal perhitungan dana pensiun dan jawabannya agar materi akuntansi keuangan menengah tentang liabilitas jangka pendek dan liabilitas jangka panjang dapat di pertanggungjawabkan. Maka, akuntan harus mengikuti aturan perpajakan yang berlaku.

0 Response to "Contoh Soal Perhitungan Dana Pensiun dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel