Contoh Soal dan Laporan Kantor Pusat dan Cabang

Konten [Tampil]

Contoh soal laporan kantor pusat dan cabang harus mempertimbangkan otonominya dalam rangka melaksanakan kegiatan usaha. Perbedaan kantor pusat, agen dan cabang adalah perlakuan pembiayaan yang dilakukan oleh kantor pusat untuk menyelenggarakan kegiatan jualbeli di perusahaan tersebut.

Soal dan jawaban laporan keuangan kantor pusat dan cabang terdapat beberapa sistem yang dipergunakan diantaranya sistem sentraliasi dan sistem desentralisasi. Hubungan kantor cabang dan kantor pusat adalah penambahan modal dan pertukaran persediaan barang dagang untuk menjalankan kegiatan operasionalnya.

Pertanyaan tentang akuntansi kantor pusat dan cabang menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan. Penggunaan rekening timbal balik atau reciprocal account berguna untuk membuat laporan laba rugi komprehensif dan laporan posisi keuangan berdasarkan beberapa cabang yang telah didirikan.

Contoh Soal dan Laporan Kantor Pusat dan Cabang


Bedanya Kantor Pusat, Cabang dan Agen

Perbedaan kantor pusat, cabang dan agen adalah perlakukan akuntansi dalam pencatatan laba pada entitasnya. Kantor cabang diberikan kekuasaan untuk melakukan pembelian barang dagang dari pihak ketiga bahkan melaksanakan siklus akuntansi penjualan dan akuntansi pembelian secara penuh.

Bedanya kantor pusat dan agen adalah kantor pusat akan menyerahkan persediaan barang dagang kepada agen yang dipergunakan untuk menjual aktiva tersebut. Kantor agen tidak diperkenankan melaksanakan kegiatan penjualan kecuali hanya melaksanakan jualbeli barang yang berasal dari kantor pusat saja.

Perbedaan kantor pusat, agen dan cabang tentu menyebabkan perlakukan akuntansi yang berbeda disetiap periodenya. Penggunaan sistem sentralisasi akan membuat pencatatan dan pembukuan kantor cabang dan agen akan dilaksanakan oleh kantor pusat. Cabang dapat membuat pembukuan seperti aktiva, hutang dan laporan laba rugi.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Pajak Penjualan Saham Preferen dan Saham Biasa

Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Kantor Pusat dan Cabang

Soal dan jawaban laporan keuangan kantor pusat dan cabang memberikan informasi tentang kondisi pendapatan dan beban di tahun berjalan. Kantor pusat dan cabang dapat menggunakan rekening timbal balik dalam kondisi mengakui pengiriman ang, biaya, dan pengakuan laba rugi per periode yang dilakukan.

Contoh soal dan jawaban laporan keuangan kantor pusat dan cabang harus diselenggarakan pemisahan pencatatan transaksi usaha. Cabang memiliki kebebasan untuk menjual produk sesuai keinginannya serta melaksanakan pencatatan sebagai tanggungjawaban kepada kantor pusat.

Soal dan jawaban laporan keuangan kantor cabang dan kantor pusat menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan. Contoh transaksi agen adalah memberikan sampel kepada calon konsumen akhir dan meminta pengiriman barang kepada kantor pusat ketika terjadi transaksi penjualan.

Baca Juga: Masalah Kantor Pusat dan Agen

Pertanyaan Tentang Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Pertanyaan tentang akuntansi kantor pusat dan cabang melibatkan pengiriman barang dagang dan pengiriman kas antar cabang. Kantor cabang dapat menjual persediaan barang dagang yang diberikan kantor pusat diatas harga pokok yang diterimanya dalam rangka memperoleh keuntungan.

Contoh soal dan jawaban akuntansi kantor pusat dan cabang seharusnya menjadi dasar dalam pembuatan laporan posisi keuangan. Ongkos kirim antar cabang dapat ditanggung oleh cabang lain dengan menginformasikan biaya kirim yang telah diselenggarakan oleh kantor cabang pengirim.

Pertanyaan tentang akuntansi kantor pusat dan cabang terjadi pada PT Masraffi yang mengirimkan uang ke kantor cabang semarang sebesar Rp 80.000.000 dan kantor cabang bandung Rp 20.000.00. Apabila PT Masraffi meminta kantor cabang semarang kirim uang sebesar Rp 9.000.00 ke bandung. Bagaimana jurnal eliminasinya?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/02/2021R/K Kantor Pusat Rp 80.000.000
Kas Rp 80.000.000
02/02/2021R/K Kantor Pusat Rp 20.000.000
Kas Rp 20.000.000
03/02/2021R/K Kantor Bandung Rp 9.000.000
R/K Kantor Semarang Rp 9.000.000

Baca Juga: Contoh Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Demikian contoh soal dan laporan kantor pusat dan cabang semoga dapat memahami masalah akuntansi yang berkaitan dengan pengiriman kas dan persediaan barang dagang supaya terhindar dari kerugian di tahun fiskal.

0 Response to "Contoh Soal dan Laporan Kantor Pusat dan Cabang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel