Contoh Soal Akuntansi Joint Venture dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi joint venture dan jawabannya menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan. Pengertian joint venture adalah tindakan kerjasama antara penjual dan pembeli dalam rangka mengadakan kegiatan bersama untuk beberapa waktu dan akan berakhir ketika tujuan telah tercapai.

Contoh kasus joint venture dalam kehidupan sehari-hari akan dimulai dengan mengelola dana hasil pekerjaan yang ditentukan. Perbedaan joint venture dan persekutuan firma adalah waktu kegiatan kerjasama dimana joint venture memiliki usia yang lebih pendek bahkan akan berakhir ketika telah tercapai tujuannya.

Contoh pertanyaan tentang joint venture menjadi pilihan ganda akuntansi keuangan lanjutan. Pembagian laba rugi akuntansi joint venture harus dikelola oleh penanggungjawab kegiatan yang disebut managing partner. Akuntansi keuangan lanjutan untuk kegiatan joint venture dilaksanakan dengan metode laba terpisah dan tidak terpisah.

Contoh Soal Akuntansi Joint Venture dan Jawabannya


Pengertian dan Jenis-Jenis Joint Venture

Pengertian joint venture menurut para ahli adalah kerjasama antar beberapa pihak yang menyelenggarakan kegiatan jualbeli produk tertentu yang akan berakhir ketika perjanjian telah disepakati. Laba joint venture menjadi hak masing-masing sekutu yang terlibat dan dibagikan oleh managing partner.

Jenis-jenis joint venture bergantung pada penerapan kebijakan akuntansi di perusahaan. Penyelenggaraan pencatatan transaksi keuangan di perusahaan harus mengikuti kebijakan akuntansi keuangan lanjutan berkaitan dnegan metode akuntansi laba terpisah dan akuntansi laba tak terpisah.

Pengertian joint venture menurut para ahli merupakan tindakan seseorang yang bekerjasama dalam suatu musim untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Pembagian laba rugi persekutuan harus didasarkan pada kesepakatan masing-masing sekutu yang dicantumkan pada akta pendirian firma.

Baca Juga: Contoh Joint Venture dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Pertanyaan Tentang Joint Venture

Contoh pertanyaan tentang joint venture akuntansi keuangan lanjutan harus dilakukan untuk menentukan tingkat keuntungan dan kerugian yang didapatkan oleh sekutu. Pembagian laba rugi joint venture harus disesuaikan dengan akta pendirian dan akad kerjasama yang ditentukan sebelum kegiatna berlangsung

Contoh soal pertanyaan tentang akuntansi joint venture akan berlaku ketika seluruh persediaan barang yang dibelikannya laku terjual. Jurnal pencatatan transaksi joint venture metode laba terpisah pada dasarkan akan dikelola oleh managing partner untuk memaksimalkan jumlah laba yang didapatkannya.

Contoh pertanyaan tentang joint venture berkaitan dengan alokasi pendapatan dan biaya dalam rangka mengalokasikan aktiva, liabilitas, ekuitas dan penghasilan selama periode berlangsung. Jangka waktu kerjasama joint venture biasanya memiliki usia yang lebih pendek daripada persekutuan.

Baca Juga: Masalah Barang Joint Venture Belum Terjual Sampai Akhir Periode

Contoh Kasus Pembagian Laba Rugi Joint Venture

Contoh kasus pembagian laba rugi joint venture bergantung pada penerapan kebijakan akuntansi di perusahaan. Entitas yang menggunakan metode laba terpisah dan metode laba tak terpisah dapat mempublikasikan penghasilan yang bukan berasal dari kegiatan operasionalnya di laporan posisi keuangan.

Contoh soal pembagian laba rugi joint venture terjadi ketika CV ABC membagikan hasil kerjasamanya kepada Masraffi dan Kakraffi dengan persentase 6,5:3,5. Apabila CV ABC memperoleh laba sebesar Rp 80.000.000 dan kakraffi akan diberikan bonus sebesar 10% sebelum laba dibagikan. Bagaimanakan perhitungannya?

Keterangan Masraffi Kakraffi Total
Total Laba Rp 80.000.000
Bonus Rp 8.000.000 Rp 8.000.000
Sisa Laba Rugi Rp 46.800.000 Rp 25.200.000 Rp 72.000.000

Jurnal pembagian laba rugi joint venture harus dicantumkan dan dinilai sesuai dengan ketentuan akuntansi keuangan lanjutan. Penerapan metode akuntansi laba terpisah akan memisahkan kegiatan operasional dengan penghasilan lainnya. Adapun jurnal laba rugi joint venture yang dibuat perusahaan adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
03/03/2021Laba Rugi Rp 80.000.000
Modal Masraffi Rp 46.800.000
Modal Kakraffi Rp 33.200.000

Baca Juga: Contoh Kasus Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas

Demikian contoh soal akuntansi joint venture dan jawabannya akuntansi keuangan lanjutan. Agar soal essay dan pilihan ganda joint venture dapat dikerjakan maka sebaiknya perusahaan mengalokasikan laba yang diperoleh berdasarkan tingkat partisipasi masing-masing sekutu dalam berbisnis.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Joint Venture dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel