Contoh Soal Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas

Konten [Tampil]

Contoh soal perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas akan terjadi ketika para sekutu menginginkan memperoleh tambahan modal yang berasal dari pihak eksternal. Mekanisme perubahan cv menjadi pt harus didasarkan pada akta pendirian yang akan dilakukan pengubahan terhadap beberapa pasal didalamnya.

Prosedur mengubah bentuk badan usaha dari cv menjadi pt secara berurutan tentu dilakukan agar proses pencatatan transaksi dapat menggunakan buku persekutuan lama atau membuat buku baru. Tugas direksi dalam perseroan terbatas adalah merancang strategi untuk memperoleh omzet penjualan dan meminimalkan biaya.

Contoh kasus perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas dan jawabannya dilakukan karena ingin merubahan dasar modal yang berasal dari aktiva bersih milik masing-masing sekutu menjadi modal saham. Saham adalah kepemilikan seseorang terhadap modal yang ada di perusahaan beserta pertanggungjawabannya.

Contoh Soal Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas


Prosedur Mengubah CV Menjadi PT

Prosedur mengubah cv menjadi pt hendaknya dilakukan agar proses pembentukan biaya dan pertanggungjawaban masing-masing pemilik modal sesuai akta pendirian. Pencatatan yang berhubungan dengan persekutuan dan perseroan terbatas dapat dilakukan menggunakan buku baru atau meneruskan buku lama.

Prosedur mengubah bentuk badan usaha dari cv menjadi pt secara berurutan tentu mengeluarkan biaya administrasi seperti biaya notaris atau biaya pengiriman produk. Perseroan terbatas adalah bentuk perusahaan dimana akan dilaksanakan pembagian laba rugi berdasarkan persentase sahamnya.

Prosedur mengubah cv menjadi perseroan terbatas hendaknya mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah. Contoh akta notaris perubahan cv menjadi pt berkaitan dengan pasal perubahan komposisi modal yang diberikan masing-masing calon pemegang saham di perseroan terbatas.

Baca Juga: Kasus Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Metode Pencatatan Perubahan Firma Menjadi Perseroan Terbatas

Metode pencatatan perubahan firma menjadi perseroan terbatas hendaknya diberlakukan pencatatan terpisah mengikuti aturan akuntansi yang berlaku. Apabila perseroan terbatas meneruskan buku persekutuan lama maka harus diadakan pembuatan jurnal penyesuaian atas aktiva barunya.

Metode pencatatan perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas terdiri dari metode buku baru dan metode meneruskan buku lama. Penyesuaian terhadap nilai buku aktiva dan hutang perusahaan hendaknya disesuaikan dengan nilai wajar atau nilai kini atas biaya perolehan yang didapatkan dimasa lalu.

Jurnal perubahan persekutuan menjadi PT dapat dilakukan pada awal pendirian karena memiliki karakteristik berbeda. Bedanya persekutuan dan perseroan terbatas adalah pertanggungjawaban terhadap kekayaan dan hutang yang dilakukan sekutu ketika menderita kerugian tahun fiskal.

Baca Juga: Materi Pembubaran Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas

Contoh soal dan jawaban perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas hendaknya memisahkan nilai kini dan nilai buku atas transaksi masa lalu. Nilai buku aktiva dan passiva harus mencerminakan nilai pasar dari aset. Apabila terjadi selisih antara nilai buku dan nilai wajar dianggap sebagai goodwill.

Contoh soal perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas hendaknya menentukan tingkat pembagian laba rugi firma yang diperlukan. Jurnal pencatatan goodwill akan mempengaruhi tingkat laba yang didapatkan oleh masing-masing sekutu yang akan diberikan pada akhir periode.

Contoh kasus perubahan persekutuan menjadi PT Masraffi yang didirikan oleh Masraffi dan Kakraffi dengan pembagian laba rugi sebanyak 6:4. PT Masraffi akan menjual aktiva tetap dengan harga Rp 250.000.000. 

Firma Masraffi
Kas Rp 59.000.000 Hutang Usaha Rp 309.750.000
Piutang Rp 147.500.000 Modal Masraffi Rp 51.625.000
Aktiva Tetap Rp 206.500.000 Modal Kakraffi Rp 51.625.000
Total Rp 413.000.000 Total Rp 413.000.000

Buatlah jurnal penyesuaian transaksi pembubaran persekutuan metode meneruskan buku lama?

Tanggal Keterangan DebitKredit
31/20/21 Kas Rp 250.000.000
Aktiva Tetap Rp 206.500.000
Laba Penjualan Aktiva Tetap Rp 43.500.000
(Jurnal mencatatan penjualan aktiva tetap)
31/20/21 Laba Penjualan Aktiva   Tetap Rp 43.500.000
Modal Masraffi Rp 26.100.000
Modal Kakraffi Rp 17.400.000
(Jurnal pembagian laba rugi persekutuan)

Baca Juga: Cara Menghitung Goodwill Persekutuan Firma

Demikian contoh soal perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas semoga dapat membantu menjawab pertanyaan pilihan ganda dan soal essay akuntansi keuangan lanjutan. Agar proses pencatatan sistem konsinyasi dapat berjalan maka harus mengikuti aturan yang berlaku.

0 Response to "Contoh Soal Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel