Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka akuntansi keuangan menengah dan pengantar menjadi pokok bahasan yang harus disesuaikan oleh perusahaan jasa dan dagang. Perusahaan dagang adalah perusahaan yang melakukan jualbeli barang dagang tanpa mengubah fisik benda tersebut.

Jurnal penyesuaian pendapatan yang masih harus diterima termasuk akun piutang dan diakui sebagai aktiva perusahaan. Pendapatan diterima dimuka timbul ketika perusahaan melakukan pemberian uang muka agar proses pesanan dapat segera dilakukan produksi oleh lawan transaksi.

Contoh soal dan jawaban pendapatan diterima dimuka akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah dapat dilakukan koordinasi penarikan dana bagi perusahaan. Perusahaan jasa dan dagang kadang menerima penghasilan sebagai pembayaran uang muka barang yang akan diserahkan kemudian hari.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka


Pengertian Pendapatan Diterima Dimuka Menurut Para Ahli

Pengertian pendapatan diterima dimuka menurut para ahli adalah penghasilan yang diterima oleh perusahaan dagang dan perusahaan jasa sebagai akibat adanya pesanan dimasa mendatang. Jurnal penyesuaian atas laporan laba rugi komprehensif dan laporan posisi keuangan harus diterbitkan setiap periode.

Pengertian pendapatan diterima dimuka menurut para ahli adalah kekayaan perusahaan jasa lain yang diserahkan sebagai tanda bukti agar segera dilakukan proses produksi. Penerimaan kas sebelum diserahkannya barang kepada pembeli harus diperlakukan sebagai hutang jangka pendek atau liabilitas.

Pendapatan diterima dimuka menurut para ahli diartikan sebagai hutang perusahaan yang harus segera dilunasi dengan penyerahan barang dan jasa dimasa mendatang. Akun liabilitas jangka pendek berisikan informasi tentang hutang perusahaan yang belum terlunasi sampai akhir periode karena tertundanya barang tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Umur Piutang Tak Tertagih

Contoh Soal dan Jawaban Pendapatan Diterima Dimuka

Contoh soal dan jawaban pendapatan diterima dimuka perusahaan jasa dan dagang berkaitan dengan penerimaan kas tanpa adanya penyerahan barang dan jasa kepada pembeli. Penjual harus mengakuinya sebagai hutang jangka pendek karena akan dilakukan penyerahan sebelum berakhirnya jasa tersebut.

Contoh soal pendapatan diterima dimuka perusahaan jasa terjadi pada PT Masraffi yang memproduksi alat kesehatan. PT Masraffi menerima pesanan sebanyak 400 buah dengan harga Rp 90.000. PT Masraffi mensyaratkan membayarkan uang muka sebesar 25% dari total tagihan sebelum termasuk pajak.

Pendapatan diterima dimuka masuk akun liabilitas jangka pendek karena perusahaan jasa belum menyerahkan barang kepada pembeli. Pajak pertambahan nilai harus dikenakan karena termasuk objek pajak. Adapun jurnal penerimaan kas atas uang muka penjualan yang terjadi adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2021Kas Rp 9.900.000
Uang Muka Penjualan Rp 9.000.000
PPN Keluaran Rp 900.000
(Jurnal Uang Muka Penjualan Barang)

Baca Juga: Perbedaan Perusahaan Dagang dan Perusahaan Jasa

Jurnal Penyesuaian Pendapatan Yang Masih Harus Diterima

Jurnal penyesuaian pendapatan yang masih harus diterima akan dibuat oleh perusahaan yang memiliki investasi seperti obligasi dan reksa dana. Arus kas atau cash flow harus dipertimbangkan karena menyangkut keberlangsungan hidup perusahaan dalam rangka mencari laba rugi dimasa mendatang.

Jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka akan membalikkan rekening hutang jangka pendek karena perusahaan jasa telah menyerahkan produk yang disepakati. Pendapatan yang masih harus diterima akan diperlakukan sebagai piutang karena termasuk kekayaan perusahaan yang belum terakui.

Contoh soal pendapatan diterima dimuka berupa jurnal penyesuaian dan pencatatan pada laporan posisi keuangan. Apabila pada tanggal 11 mei 2021, PT Masraffi telah menyerahkan barang produksi dan pembeli membayarkan pesanan. Maka, jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
11/05/2021Uang Muka Penjualan Rp 9.000.000
Kas Rp 29.700.000
Penjualan Barang Rp 36.000.000
PPN Keluaran Rp 2.700.000
(Jurnal Pelunasan Tagihan Penjualan Barang)

Baca Juga: Contoh Kasus Joint Venture dalam Kehidupan Sehari-Hari

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka yang menjadi materi akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar. Pendapatan yang masih harus diterima diakui pada laporan posisi keuangan sebagai tambahan kekayaan perusahaan walaupun kas belum masuk ke rekening perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel