Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal biaya bahan baku dan jawabannya menjadi materi akuntansi biaya dan akuntansi keuangan menengah. Bahan baku adalah persediaan yang dipergunakan untuk membuat barang produksi yang dapat diperjualbelikan kepada pelanggan untuk memperoleh pendapatan atau penghasilan ditahun berjalan.

Contoh soal menghitung biaya bahan baku tentu memerlukan sistem pengendalian internal atas pembelian barang produksi. Sistem pembelian bahan baku dimulai dari permintaan pembelian bahan, pelaksanaan pembelian, pengiriman pesanan dari pemasok dan penerimaan bahan baku di produksi.

Akuntansi biaya berisikan materi tentang penentuan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik dalam rangka menentukan harga pokok penjualan. Laba atau rugi didapatkan oleh perusahaan ketika terjadi penjualan produk diatas atau dibawah harga pokok produksi barang tersebut.

Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jawabannya


Pengertian Biaya Bahan Baku Menurut Para Ahli

Pengertian biaya bahan baku menurut para ahli adalah beban yang dikeluarkan perusahaan ketika melakukan pembelian bahan produksi. Sistem pembelian bahan baku berguna untuk menjamin kualitas barang yang dibeli, harga yang kompetitif untuk kebutuhan produksi perusahaan di masa mendatang.

Pengertian bahan baku menurut para ahli adalah biaya yang diperlukan agar perusahaan manufaktur dapat melakukan kegiatan produksi barang jadi. Permintaan pembelian bahan baku harus dilakukan oleh bagian gudang dengan memberikan surat permintaan pembelian kepada pihak purchasing perusahaan akhir periode.

Definisi biaya bahan baku menurut para ahli adalah beban yang ditanggung perusahaan dalam rangka mempersiapkan persediaan barang untuk siap digunakan produksi seperti bahan baku dan biaya pengiriman pesanan. Potongan diskon dan retur pembelian akan menambah pendapatan tahun berjalan.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya

Contoh Soal Biaya Bahan Baku Akuntansi Biaya

Contoh soal biaya bahan baku akuntansi biaya harus dapat memisahkan biaya per departemen produksi. Pemakaian bahan harus dapat dipertanggungjawabkan kebutuhan dan standar kualitas yang dibuat oleh perusahaan setiap periodenya mulai dari departemen produksi, departemen gudang dan akuntansi.

Contoh soal akuntansi biaya tentang perhitungan biaya bahan baku diharuskan agar dapat diprosesnya bahan baku menjadi bahan jadi. Permintaan bahan, pengeluaran bahan dan pencatatan pemakaian bahan harus menerapkan sistem pengendalian internal persediaan untuk mencegah kecurangan di perusahaan. 

Soal dan jawaban biaya bahan baku akuntansi biaya tentu terjadi pemakaian bahan secara fluktuatif di berbagai jenis bahan yang dipergunakan. Sistem pencatatan bahan baku terdari dari metode fisik dan metode perpetual yang diterapkan di perusahaan untuk mencegah terjadinya kecurangan bahan baku.

Baca Juga: Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Jawabannya

Cara Menghitung Bahan Baku Brainly

Cara menghitung bahan baku brainly termasuk materi akuntansi biaya. Bahan baku pada akhir periode berpengaruh terhadap kemungkinan berkurangnya laba tahun berjalan dan pembayaran pajak tahunan badan. Stock opname perusahaan harus dilakukan setiap periodenya untuk mencegah kecurangan yang terjadi.

Contoh soal cara menghitung persediaan bahan baku akhir periode terjadi pada PT Masraffi yang telah memiliki bahan baku awal sebesar Rp 9.000.000. Pembelian bahan baku ditahun berjalan sebesar Rp 54.000.000 dan adanya retur sebesar Rp 1.000.000. Buatlah perhitungan bahan baku akhir metode fisik?

Persediaan Bahan Baku Awal Rp 9.000.000
Pembelian Bahan Baku Rp 54.000.000
Retur Pembelian Rp (1.000.000)
Persediaan Bahan Baku Akhir Rp 62.000.000

Cara menghitung persediaan bahan baku brainly tentu memerlukan rumus siklus akuntansi pembelian. Pembelian berasal dari penambahan bahan baku awal, pembelian bahan baku dan pengurangan dari penggunaan bahan baku dan retur. Apabila ditahun tersebut bahan baku yang digunakan adalah Rp 35.000.000. Jurnal penyesuaian persediaan bahan baku adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/05/2021Biaya Bahan Baku Rp 35.000.000
Persediaan Bahan Baku Rp 35.000.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Demikian contoh soal biaya bahan baku dan jawabannya semoga dapat dipergunakan untuk memperhitungkan jumlah persediaan bahan baku awal dan akhir periode. Soal essay dan pilihan ganda akuntansi biaya dan keuangan menengah perlu dipertimbangkan setiap periodenya

0 Response to "Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel