Cara Menghitung Biaya Bahan Baku Per Unit Produksi

Konten [Tampil]

Cara menghitung biaya bahan baku per unit produksi akuntansi biaya berkaitan dengan laporan laba rugi komprehensif. Komponen laporan laba rugi berisikan penghasilan, harga pokok penjualan, biaya-biaya yang digunakan untuk memperoleh pendapatan yang dapat diukur dengan handal selama satu periode.

Contoh soal dan jawaban jurnal pemakaian bahan baku harus dilakukan agar dapat digunakan untuk proses produksi di kemudian harinya. Pengertian bahan baku menurut para ahli adalah persediaan yang digunakan untuk memproduksi barang jadi yang siap untuk diperjualbelikan kepada pelanggan.

Pertanyaan tentang biaya bahan baku akan diajukan sebagai materi akuntansi biaya. Soal essay dan pilihan ganda biaya bahan baku dan biaya konversi diperlukan untuk mencegah adanya kecurangan bagi pelanggan yang tidak mau membayarkan tagihan piutang dan hutang yang telah jatuh tempo di akhir periode.

Cara Menghitung Biaya Bahan Baku Per Unit Produksi


Perbedaan Biaya Bahan Baku dan Biaya Konversi

Perbedaan biaya bahan baku dan biaya konversi tentu diharuskan agar proses pembebanan biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik ke harga pokok penjualan. Harga pokok penjualan adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mempersiapkan barang jadi yang diperjualbelikan kepada pelanggan.

Pengertian biaya konversi menurut para ahli adalah pengeluaran perusahaan untuk mengubah bahan baku menjadi produk jadi. Penggunaan tenaga kerja langsung dan bahan penolong harus mempertimbangkan administrasi sebagai upaya sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan atau proses.

Pengertian biaya bahan baku menurut para ahli adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memesan dan menerima bahan baku dari pemasok. Perusahaan manufaktur memerlukan bahan baku agar kegiatan produksinya dapat berjalan sehingga perolehan penghasilan dan keuntungan semakin besar.

Baca Juga: Cara Menghitung Persediaan Bahan Baku Awal Periode

Mengapa Perusahaan Manufaktur Memerlukan Bahan Baku

Mengapa perusahaan manufaktur memerlukan bahan baku tentu berkaitan dengan alokasi biaya perolehan aktiva dan kekayaan perusahaan. Persediaan bahan terdiri dari raw material, semi finish good dan finish good yang akan dikirimkan kepada pelanggan untuk memperoleh penghasilan.

Mengapa perusahaan manufaktur terdapat rekening persediaan bahan baku tentu berkaitan dengan proses alokasi biaya perolehan atas harga pokok penjualan. Tujuan perusahaan didirikan untuk memperoleh keuntungan atas kegiatan produksi atau penjualan yang dilakukan pada tahun berjalan.

Perusahaan manufaktur memerlukan persediaan bahan baku untuk melangsungkan kegiatan produksinya. Agar kegiatan produksi dapat berjalan maka perusahaan harus mempersiapkan arus kas investasi, arus kas operasional bahkan arus kas pendanaan kegiatan operasional perusahaan.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Konversi Perusahaan Manufaktur

Contoh Jurnal Penyesuaian Persediaan Bahan Baku Akhir Periode

Contoh jurnal penyesuaian persediaan bahan baku akhir periode tentu berlangsung karena adanya pembelian bahan, pemakaian bahan baku, retur pengiriman bahkan potongan harga yang diberikan distributor. Bahan baku akhir akan menentukan harga pokok penjualan produk di perusahaan tersebut.

Contoh soal biaya bahan baku akuntansi biaya terjadi pada PT Masraffi yang melaporkan bahan baku awal sebesar Rp 80.000.000. Laporan keuangan tahun menunjukkan pembelian bahan baku sebesar Rp 90.000.000 dan retur sebesar Rp 9.000.000. Berapakah persediaan bahan baku akhir periode?

Persediaan Bahan Baku Awal Rp 80.000.000
Pembelian Bahan Baku Rp 90.000.000
Retur Pembelian Rp (9.000.000)
Persediaan Bahan Baku Akhir Rp 161.000.000

Jurnal penyesuaian merupakan catatan yang digunakan untuk menyesuaikan kejadian transaksi di perusahaan yang sebenarnya terjadi. Agar alokasi biaya perolehan perusahaan atas bahan baku dan biaya konversi berjalan. Maka jurnal penyesuaian pemakaian bahan baku sebesar Rp 80.000.000 adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/05/2021Biaya Bahan Baku Rp 80.000.000
Persediaan Bahan Baku Rp 80.000.000

Baca Juga: Contoh Kasus Aktiva Tetap Tak Berwujud dan Pembahasannya

Demikian cara menghitung biaya bahan baku per unit produksi yang dihasilkan perusahaan manufaktur. Materi akuntansi biaya tentang sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan akan mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan produksi terutama biaya konversi dan bahan baku.

0 Response to "Cara Menghitung Biaya Bahan Baku Per Unit Produksi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel