Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung Per Unit dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal biaya tenaga kerja langsung per unit dan jawabannya menjadi materi akuntansi biaya karena berkaitan dengann penentuan harga pokok penjualan produk. Tenaga kerja menurut para ahli adalah seseorang yang membantu perusahaan melaksanakan kegiatan produksi dengan diberikan upah kepadanya.

Contoh jurnal pencatatan gaji dan upah berkaitan dengan seluruh imbal jasa yang diberikan kepada pekerja dalam melaksanakan kegiatan produksi. Perbedaan gaji dan upah bagi pekerja adalah proses perhitungan dan pembayaran imbal balik atas jasa yang diberikan oleh pekerja dalam beberapa waktu.

Cara menghitung biaya tenaga kerja langsung akuntansi biaya berkaitan dengan fungsi utama perusahaan yaitu fungsi pemasaran, fungsi produksi dan fungsi administrasi. Upah, gaji dan tunjangan karyawan menjadi faktor penting dalam menentukan tingkat produktivitas tenaga kerja dalam periode tersebut.

Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung Per Unit dan Jawabannya


Produktivitas Tenaga Kerja

Contoh soal produktivitas tenaga kerja dan jawabannya berkaitan dengan keberhasilan perusahaan memaksimalkan sumber daya manusia dalam mengerjakan sebuah produk. Proses produksi yang efektif dan efisien akan menghasilkan tingkat produktivitas yang tinggi melalui riset teknologi dan pengembangan karyawan.

Produktivitas tenaga kerja dan jawabannya perlu ditentukan standar kinerja agar tidak menimbulkan permasalahan antara perusahaan dengan serikat kerja. Manfaat produktivitas tenaga kerja yang efisien adalah meningkatkan laba perusahaan dan pendapatan kena pajak sehingga daya saing pekerja maksimal.

Contoh soal produktivitas tenaga kerja dan jawabannya berkaitan dengan kegiatan produksi yaitu tenaga kerja langsung dan tenaga kerja tidak langsung. Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan harus menentukan tingkat sumber daya manusia yang dipergunakan agar laba dan rugi dilaporkan sesuai keadaannya.

Baca Juga: Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Bedanya Tenaga Kerja Langsung dan Tenaga Kerja Tidak Langsung

Perbedaan tenaga kerja langsung dan tenaga kerja tidak langsung berkaitan dengan proses produksi persediaan barang jadi. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan mengakui biaya tenaga kerja sebagai pekerja yang tidak langsung atau biaya overhead pabrik dalam periode tersebut.

Bedanya tenaga kerja langsung dan tenaga kerja tidak langsung akan menetapkan biaya pekerja sebagai upah atau gaji. Sistem pengendalian internal biaya tenaga kerja berkaitan dengan alokasi beban pekerja selama tahun berlangsung sebagai gaji, insentif bahkan tunjangan karyawan per unit periode.

Komponen biaya tenaga kerja harus didasarkan pada manfaat yang diserahkan pekerja kepada perusahaan. Program upah, insentif dan premi lembur bagi karyawan akan meningkatkan produktivitas tenaga kerja sehingga pekerja akan memberikan manfaat maksimal kepada perusahaan dalam bentuk laba.

Baca Juga: Contoh Kasus Akuntansi Joint Venture dan Jawabannya

Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Per Unit Akuntansi Biaya

Cara menghitung biaya tenaga kerja per unit akuntansi biaya berkaitan dengan materi akuntansi biaya. Komponen biaya tenaga kerja harus mempertimbangkan manfaat bagi karyawan dan perusahaan agar didapatkan hasil maksimal bagi insentif individu atau insentif kelompok atau grub.

Contoh soal biaya tenaga kerja langsung per unit menggunakan metode rencana unit kerja langsung terjadi pada PT Masraffi. PT Masraffi menerapkan standar kinerja bagi karyawan adalah mampu memproduksi sebanyak 30 unit dengan tarif sebesar Rp 3.000. Jika karyawan mampu melebihi target akan diberikan bonus sebesar Rp 500 per unit yang dihasilkan.

PT Masraffi akan membayarkan biaya tenaga kerja langsung kepada masing-masing karyawan yang telah bekerja sesuai dengan tabel yaitu:

Nama PekerjaUnit Per Jam Upah Pokok
Dinda27 Rp 3.000
Leni30 Rp 3.000
Annisa33 Rp 3.000

Program unit kerja langsung atau straigt piecework plan adalah pemberikan insentif kepada pekerja dengan membayarkan upah atau gaji tambahan ketika pekerja berhasil mencapai target yang ditentukan perusahaan. Adapun cara menghitung biaya tenaga kerja langsung per unit akuntansi biaya adalah

Nama PekerjaUnit Per Jam Upah Pokok Tarif Per UpahUpah Yang DiterimaBiaya Tenaga Kerja Per Unit
Dinda27 Rp 3.000 Tidak Tercapai Rp 3.000 Rp 111
Leni30 Rp 3.000 Tidak Tercapai Rp 3.000 Rp 100
Annisa33 Rp 3.000 500 Rp 4.500 Rp 136

Baca Juga: Contoh Perhitungan Biaya Bahan Baku dan Jawabannya

Demikian contoh soal biaya tenaga kerja langsung per unit dan jawabannya semoga dapat memahami materi akuntansi biaya. Pertanyaan tentang biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik menjadi materi akuntansi biaya yang dapat di download berupa file pdf atau word.

0 Response to "Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung Per Unit dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel