Contoh Soal dan Cara Membuat Skedul Umur Piutang Tak Tertagih

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara membuat skedul umur piutang tak tertagih bertujuan agar entitas menilai kemampuan pelanggan dalam membayarkan tagihan setelah barang dikirimkan. Piutang terjadi karena perusahaan telah menyerahkan pesanan tetapi pelanggan akan membayar sesuai masa jatuh tempo penagihannya.

Contoh soal cadangan kerugian piutang menjadi salah satu metode penghapusan piutang tak tertagih. Penyisihan piutang bertujuan agar entitas mampu mengkaji tentang ketidakmampuan pelanggan membayarkan tagihan sesuai masa jatuh temponya. Piutang termasuk akun aktiva lancar di laporan posisi keuangan.

Perhitungan analisis umur piutang dan jurnal penyesuaiannya dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kesalahan pemberian kebijakan kredit bagi perusahaan. Umur piutang akan menentukan pemberian kebijakan penjualan kredit dimasa mendatang dan hubungan kerjasama serta harga jual yang diberikannya.

Contoh Soal dan Cara Membuat Skedul Umur Piutang Tak Tertagih

Mengapa Daftar Umur Piutang Diperlukan Audit?

Mengapa daftar umur piutang diperlukan audit karena entitas harus melaporkan estimasi uang masuk dimasa mendatang. Tujuan penjualan kredit adalah meningkatkan omzet tahun berjalan atas penjualan barang dan jasa yang diberikan kepada pelanggan. Termin pembayaran adalah jangka waktu maksimal piutang harus dikembalikan.

Contoh soal dan cara membuat skedul umur piutang tak tertagih bertujuan agar perusahaan mengetahui estimasi piutang yang mampu dibayarkan pelanggan. Kelemahan penjualan kredit adalah perusahaan yang tidak mampu menilai kualitas pembayaran pelanggan akan mengalami kesulitan saat penagihan invoice jatuh tempo.

Mengapa daftar umur piutang diperlukan audit karena untuk membuktikan kebenaran barang yang dikirimkan dan harga jual yang disepakati. Piutang yang lama menandakan adanya kesulitan keuangan dari pelanggan ketika akan membayarkan tagihan yang jatuh tempo dan mengakibatkan adanya piutang tak tertagih.

Baca Juga: Contoh Sistem Pengendalian Internal Kas dan Setara Kas

Contoh Soal Analisis Umur Piutang dan Jawabannya

Contoh soal analisis umur piutang dan jawabannya menjadi dasar bagi wajib pajak melaporkan saldo piutang di akhir periode. Tujuan pembuatan akun cadangan kerugian piutang adalah menghindari kerugian akibat tidak mampunya pelanggan melaksanakan pembayaran setelah melewati masa jatuh temponya.

Contoh soal metode penghapusan piutang dengan cadangan kerugian piutang harus dilaksanakan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kesalahan dalam prosedur pembuatan laporan keuangan. Perhitungan analisis umur piutang tak tertagih dan jurnal penyesuaiannya harus dibentuk pada akhir periode akuntansi.

Contoh soal dan cara membuat skedul umur piutang tak tertagih terjadi pada PT Masraffi yang melaporkan akun cadangan kerugian piutang sebesar Rp 1.245.000 pada tanggal 31 desember. Buku besar pembantu piutang dagang menunjukkan adanya total tagihan dan termin pembayaran sebagai berikut:

Nama PelangganTanggal Faktur Pajak Tagihan Termin pembayaran
PT. Firdaus01/08/2022 Rp 84.000.000 n/30
PT. Mikail02/12/2022 Rp 85.000.000 n/30
PT. Angel01/11/2022 Rp 11.000.000 n/30

Baca Juga: Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang

Cara Membuat Skedul Umur Piutang Tak Tertagih

Cara membuat skedul umur piutang tak tertagih berdasarkan metode cadangan kerugian piutang bermanfaat untuk mengalokasikan biaya penyisihan piutang. Umur piutang adalah usia dari barang terkirim dari gudang penjual sampai adanya pembayaran tagihan atas barang yang telah diterimanya.

Contoh soal penyisihan piutang tak tertagih metode tidak langsung dapat dikerjakan dengan mengestimasikan seluruh pendapatan perusahaan. Metode tidak langsung artinya perusahaan membentuk akun cadangan kerugian piutang untuk mengestimasikan atas keterlambatan pembayaran tagihan.

Contoh soal dan cara membuat skedul umur piutang tak tertagih diawali dengan menentukan tanggal cut-off laporan keuangan. Tanggal faktur pajak diterbitkan menjadi awal dari tanggal jatuh tempo penagihan. Adapun langkah-langkah membuat daftar umur piutang dagang sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Beban Kerugian Piutang Rp 3.505.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 3.505.000

Baca Juga: Contoh Soal Penilaian Persediaan Metode Fifo Periodik

Demikian contoh soal dan cara membuat skedul umur piutang tak tertagih serta pembahasannya dalam materi akuntansi pengantar. Daftar umur piutang menunjukkan adanya nilai tagihan yang mampu dibayarkan oleh pelanggan secara tepat waktu sesuai termin pembayaran yang akan diselenggarakan perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal dan Cara Membuat Skedul Umur Piutang Tak Tertagih"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel