Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang dan jawabannya akan menentukan pengaruh setiap aktivitas kas masuk dan kas keluar terhadap laporan posisi keuangan. Siklus akuntansi akan dimulai dari adanya bukti transaksi yang diolah dengan menggunakan asersi manajemen dalam mengklasifikasikan akun.

Contoh soal dan jawaban persamaan dasar akuntansi sederhana dapat berupa 10 dan 15 transaksi yang diawali penyetoran modal pemilik. Hal-hal yang harus dianalisa dalam bukti transaksi adalah ketepatan pencatatan, perhitungan dan pembayaran tagihan untuk setiap arus kas yang melalui rekening giro perusahaan.

Analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi bertujuan agar setiap transaksi dapat melaporkan kondisi keuangan. Catatan atas laporan posisi keuangan akan mendistribusikan kemampuan perusahaan dalam menganalisa transaksi terutama soal pilihan ganda dan soal essay siklus akuntansi perusahaan dagang.

Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang dan Jawabannya

Contoh Soal dan Jawaban Persamaan Dasar Akuntansi Sederhana

Contoh soal dan jawaban persamaan dasar akuntansi sederhana harus dapat melaporkan transaksi keuangan selama menjalankan aktivitas bisnis. Pengertian akun dalam jurnal umum adalah pencatatan akuntansi secara tersendiri yang berisikan informasi kenaikan dan penurunan jumlah kekayaan dan hutang perusahaan.

Persamaan dasar akuntansi adalah sistem pencatatan dimana aktiva yang didapatkan perusahaan akan berpengaruh terhadap modal atau hutang dagang. Sistem pembukuan berganda akan mengkategorikan informasi tentang prive, laba besih dan setoran modal awal pemegang saham setiap terjadi penggabungan usaha.

Contoh tabel persamaan dasar akuntansi berisikan informasi tentang liabilitas, ekuitas dan aktiva. Pengertian liabilitas adalah penggunaan harta kekayaan milik perusahaan lain yang akan dikembalikan sesuai termin pembayaran yang disepakati. Akun riil adalah akun yang merepresentasikan posisi keuangan perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Tagih dan Pembahasannya

Analisis Transaksi dan Pencatatan Persamaan Dasar Akuntansi

Analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi akan dimulai dengan adanya penyetoran modal pemilik. Modal pemilik adalah kekayaan utama sebagai dasar menjalankan aktivitas perusahaan. Modal terbagi menjadi modal ditanam, modal disetor dan modal ditahan dalam akta pendirian perusahaan.

Contoh soal essay persamaan dasar akuntansi brainly akan memberikan kepastian tentang jumlah modal yang diserahkan kepada perusahaan. PT Masraffi didirikan dengan menyetorkan kas sebesar Rp 48.200.000 dan kendaraan senilai Rp 104.200.000. Bagaimana konsep sistem pembukuan berganda yang harus dicatat?

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Kendaraan Modal Mas Raffi
- Setoran Awal Rp 48.200.000 Rp 104.200.000 Rp 152.400.000
- Prive Rp (7.000.000) Rp (7.000.000)

Contoh Soal Essay Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang

Contoh soal essay persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang akan memberikan gambaran tentang kondisi keuangan perusahaan atas aktivitas bisnis perusahaan. Arus kas terdiri dari arus kas investasi, arus kas operasional dan arus kas pendanaan untuk pembiayaan barang dan bangunan pada masa mendatang.

Soal essay dan pilihan ganda siklus pencatatan transaksi keuangan akan dilanjutkan dengan adanya pembelian perlengkapan dan peralatan kantor. Perusahaan akan diberikan kebijakan pembelian kredit dan pembelian tunai oleh supplier berdasarkan kemampuan pembayaran dimasa lampau atas tagihan yang diberikan.

Analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi akan membuktikan adanya hubungan antara akun riil dengan laporan posisi keuangan. PT Masraffi telah melakukan pembelian tunai sebesar Rp 11.560.000 dan pembelian kredit sebesar Rp 12.465.000. Bagaimana tabel persamaan dasar akuntansinya?

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Peralatan Modal Mas Raffi
- Pembelian Tunai Rp (11.560.000) Rp 11.560.000
- Pembelian Kredit Rp 12.465.000 Rp 12.465.000

Baca Juga: Contoh Soal Kurva Permintaan dan Kurva Penawaran

Apa Pengaruh Transaksi Keuangan Terhadap Persamaan Dasar Akuntansi

Apa pengaruh transaksi keuangan terhadap persamaan dasar akuntansi adalah setiap aktivitas bisnis yang mengakibatkan sumber aktiva berubah maka harus dicatat dalam jurnal umum. Jurnal umum adalah proses pencatatan pertama kali bukti transaksi sesuai dengan asersi manajemen yang dipergunakan.

Hubungan antara akun riil dengan neraca saldo adalah akun aktiva akan melampirkan informasi tentang sumber daya keuangan, akun passiva akan melampirkan sumber daya bagi perusahaan. Akun riil adalah akun yang dipergunakan dalam menilai kemampuan perusahaan mempertahankan hidupnya.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang terjadi ketika PT Masraffi mampu melaksanakan penjualan kredit sebesar Rp 44.238.000 dan penjualan tunai sebesar Rp 57.812.000. Bagaimana cara mencatat bukti transaksi dalam siklus akuntansi sebagai berikut:

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Piutang Modal Mas Raffi
- Penjualan Kredit Rp 44.238.000 Rp 44.238.000
- Penjualan Tunai Rp 57.812.000 Rp 57.812.000

Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi 10 Transaksi Perusahaan

Contoh soal persamaan dasar akuntansi 10 transaksi perusahaan akan mendistribusikan kekayaan perusahaan ke dalam beberapa jenis akun. Akun nominal dan akun riil diperuntukkan bagi entitas yang ingin melaporkan transaksi keuangan. Entitas harus dapat mempertangungjawabkan setiap aktivitas bisnis.

Analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi brainly terjadi ketika PT Masraffi membayarkan tagihan yang jatuh tempo sebesar Rp 55.000.000 dan membayarkan biaya listrik selama satu periode seharga Rp 100.000. Bagaimana tabel persamaan akuntansi yang harus dibuat?

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Modal Mas Raffi
- Pembayaran Tagihan Rp (55.000.000) Rp (55.000.000)
- Bayar Sewa Rp (100.000) Rp (100.000)

Baca Juga: Apa itu Jurnal Umum dan Neraca Lajur?

Demikian contoh soal persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang dan jawabannya dalam penilaian kebijakan akuntansi keuangan yang diterapkan. Siklus akuntansi akan dimulai dengan meminta bukti transaksi untuk pembayaran dan penagihan agar didapatkan informasi keuangan setiap periodenya.

0 Response to "Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel