Contoh Soal Kurva Permintaan dan Penawaran Serta Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal kurva permintaan dan penawaran serta jawabannya menjadi bagian dari ilmu ekonomi dasar. Transaksi pembelian dan penjualan menjadi upaya perusahaan memperoleh penghasilan atas seluruh pengeluaran kas ketika melaksanakan transaksi pembelian bahan baku dan penggunaan sumber daya manusia.

Fungsi kurva keseimbangan permintaan dan penawaran adalah melihat sejauh mana akibat perubahan harga yang ditetapkan perusahaan atas permintaan barang dan penawaran barang ke pelanggan. Teori ekonomi terdiri dari permintaan atau demand dan penawaran atau supply barang dagang.

Bagaimana pergerakan dan pergeseran kurva permintaan dan penawaran dapat terjadi ketika sebuah perusahaan melakukan perubahan terhadap harga, jumlah barang beredar, harga barang pengganti dan intensitas penggunaan barang untuk keperluan sehari-hari. Teori ekonomi membahas transaksi jualbeli barang dagang.

Contoh Soal Kurva Permintaan dan Penawaran Serta Jawabannya

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pergerakan Kurva Permintaan dan Penawaran

Faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan kurva permintaan dan penawaran berakibat pada laporan keuangan perusahaan. Laporan laba rugi terdiri dari penghasilan dan biaya produksi serta biaya non produksi yang membantu perusahaan memperoleh pendapatan pada tahun berjalan.

Faktor yang menyebabkan pergeseran kurva penawaran dan permintaan barang dipengaruhi oleh harga produk pengganti, intensitas dan popularitas produk, harga dan jumlah penduduk di suatu daerah. Kurva keseimbangan permintaan dan penawaran berfungsi untuk menyakinkan harga barang dagang disuatu periode.

Pengertian kurva permintaan adalah ilustrasi yang dilakukan perusahaan atas adanya perubahan harga sebagai penyebab dari penambahan dan penurunan pesanan penjualan. Kurva permintaan bersifat negatif artinya semakin rendah harga barang maka permintaan barang akan semakin tinggi.

Baca Juga: Cara Mencari Fenomena dalam Jurnal dan Skripsi Penelitian

Gambar Kurva Keseimbangan Permintaan dan Penawaran

Gambar kurva keseimbangan permintaan dan penawaran barang akan memiliki sifat positif dan negatif. Mengapa terjadi pergeseran kurva permintaan dan penawaran dikarenakan adanya perubahan atas tagihan dan pembayaran barang yang ada dipasar. Harga pasar adalah harga yang mau dibayarkan oleh pembeli.

Jelaskan hukum teori permintaan dan penawaran produk memiliki bunyi yang berbeda. Fungsi penawaran berbunyi ketika sebuah produk dinaikkan harganya maka terdapat peningkatan penawaran produk ke pelanggan. Penawaran produk disebut supply atau permintaan barang kepada produsen.

Pengertian kurva permintaan dan penawaran adalah sejumlah ilustrasi atas kebutuhan produk yang dipesan oleh pembeli. Kurva keseimbangan berfungsi menyatukan permintaan dan penawaran produk yang akan menjadi titik dimana perusahaan akan mengembalikan investasi yang telah dilakukannya.

Baca Juga: Pertanyaan Substantif dan Compliant Aktiva Tetap

Contoh Soal Kurva Keseimbangan Permintaan dan Penawaran

Contoh soal kurva keseimbangan permintaan dan penawaran digunakan dalam memprediksi kemungkinan peningkatan kapasitas produksi di masa depan. Hubungan jumlah barang dan harga produk adalah hubungan negatif artinya jika jumlah barang sedikit maka harga barang akan naik.

Contoh pergerakan kurva permintaan terjadi ketika harga produk berkurang dan bertambah menyesuaikan kebutuhan pasar. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh harga barang pengganti dan popularitas produk di dunia maya. Permintaan dalam ilmu ekonomi disebut dengan demand.

Contoh kasus kurva permintaan terjadi pada PT Masraffi yang memiliki fungsi penawaran dan permintaan yaitu Qd = 100.000 - 2P. Apabila perusahaan menaikkan harga menjadi Rp 10.000. Berapakah kurva keseimbangan penawaran yang akan terbentuk dari transaksi tersebut.

Qd = 100.000 - 2P
Qd = 100.000 - 2(10.000)
Qd = 100.000 - 20.000
Qd = 80.000

Baca Juga: Contoh Kasus Biaya Penuh dan Biaya Variabel Akuntansi Biaya

Demikian contoh soal kurva keseimbangan permintaan dan penawaran serta jawabannya yang menjadi bagian dari ilmu ekonomi. Gambarkan dan jelaskan hukum penawaran dan permintaan produk menjadi kajian dalam ilmu ekonomi dasar agar seorang mahasiswa mengetahui peluang pasar penjualannya.

0 Response to "Contoh Soal Kurva Permintaan dan Penawaran Serta Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel