Contoh Soal Kas Kecil Metode Dana Tetap dan Tidak Tetap

Konten [Tampil]

Contoh soal kas kecil metode dana tetap dan tidak tetap diperuntukkan agar sistem pengendalian internal pemakaian kas dapat diterapkan. Kas kecil adalah uang kas yang digunakan sebagai pembayaran tagihan dengan nominal kecil dan tidak mengandung pembayaran pajak pertambahan nilai untuk setiap transaksinya.

Contoh soal dana kas kecil metode imprest dan fluktuasi boleh dipilih oleh akuntan perusahaan dalam rangka menjalankan kebijakan akuntansi. Setiap penggunaan dana kas kecil harus didukung dengan bukti pengeluaran kas dan diotorisasi oleh orang yang menerima kas dan atasannya berkaitan dengan penggunaan dana.

Jurnal penyesuaian kas kecil metode imprest dan fluktiasi terdiri dari jurnal pembentukan kas, jurnal pengisian kembali kas dan jurnal penggunaan kas. Pengertian petty cash (kas kecil) menurut para ahli adalah kas untuk pembayaran kegiatan operasional perusahaan yang memiliki nominal kurang material.

Contoh Soal Kas Kecil Metode Dana Tetap dan Tidak Tetap

Pengertian Imprest Fund System Petty Cash (Kas Kecil Metode Dana Tetap)

Imprest fund system adalah mekanisme alokasi kas kecil untuk pembayaran tagihan dalam nominal kecil agar dapat mengalokasikan keperluan perusahaan. Metode dana tetap bertujuan untuk mencegah terjadinya penggunaan dana kas kecil yang tidak terotorisasi dan dapat merugikan perusahaan tersebut.

Pengertian kas kecil metode dana tetap sering disebut metode imprest. Imprest fund system artinya dana kas kecil akan berjumlah sama ketika terjadi pengisian sesuai dengan jumlah pengeluaran perusahaan. Penetapan kas kecil harus menunjuk seorang kasir yang bertanggungjawab mengelola dana yang dibawanya.

Keuntungan menggunakan dana tetap dalam mengelola kas kecil adalah setiap pengeluaran perusahaan untuk pembayaran tagihan menggunakan kas kecil akan terotorisasi. Metode pencatatan dana kas kecil dimana saldo kas kecil berubah-ubah bergantung pada banyaknya transaksi disebut metode fluktuasi.

Baca Juga: Imprest Method VS Fluctuative Method

Contoh Soal Kas Kecil Metode Dana Tetap dan Tidak Tetap

Contoh soal kas kecil metode dana tetap dan tidak tetap berperan sebagai alat alokasi informasi keuangan terutama aktiva lancar. Kas dan setara kas adalah aset lancar yang memiliki risiko bawaan dan risiko pengendalian. Risiko bawaan kas adalah kas mudah untuk diselewengkan penggunaannya untuk pembayaran tagihan.

Contoh soal dana kas kecil metode fluktuasi dan imprest bertujuan agar penggunaan kas kecil tercatat sesuai jenis pembayaran tagihan. Kapan pencatatan dana kas kecil dilakukan jika perusahaan menggunakan metode dana tetap yaitu ketika terjadi pengisian kembali saldo petty cash diakhir bulan.

Contoh soal kas kecl metode dana tetap terjadi pada PT Masraffi yang menetapkan saldo kas kecil sebesar Rp 56.200.000. Total penggunaan dana kas kecil sebesar Rp 48.950.000. Buatlah jurnal pembentukan dana kas kecil, pengisian kembali kas kecil dan penggunaan petty cash untuk pembayaran tagihan?

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Perusahaan Dagang

Jurnal Penyesuaian Kas Kecil Metode Imprest

Jurnal penyesuaian kas kecil metode imprest dibuat ketika entitas melaksanakan penetapan dana kas kecil, penggunaan petty cash dan pengisian kembali dana tersebut. Perbedaan metode imprest dan metode fluktuasi dalam pengelolaan dana kas kecil adalah pengisian kembali saldo berdasarkan jumlah pengeluaran perusahaan.

Sistem pengendalian internal kas dan setara kas bertujuan agar entitas dapat melaksanakan pembayaran operasional secara normal. Pengeluaran apa saja yang dapat dibiayai oleh kas kecil? yaitu setiap biaya yang memerlukan saldo kas kecil tanpa adanya pembayaran dengan cek. Selisih kas adalah akun penampung selisih pembayaran dan penerimaan tagihan.

Kapan pencatatan dana kas kecil dilakukan jika perusahaan menggunakan dana tetap yaitu terdapat dua situasi dimana terjadi pengisian kembali saldo kas dan penetapan saldo kas kecil. Contoh bukti pembayaran kas kecil dibutuhkan perusahaan yaitu kuitansi dan formulir permintaan dana. Adapun jurnal penyesuaian kas kecil metode dana tetap yang diperlukan adalah

Jurnal Penetapan Dana Kas Kecil

Contoh soal kas kecil metode dana tetap dan tidak tetap akan dimulai dengan jurnal penetapan saldo kas kecil. Kas kecil merupakan kas yang diperuntukkan sebagai alat pembayaran tagihan yang bernominal kecil. Perusahaan dapat menetapkan saldo kas kecil berdasarkan pengalamannya dimasa lampau.

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/01/2022Petty Cash Rp 56.200.000
Cash in Mandiri Bank Rp 56.200.000
(Created petty cash journal)

Jurnal Penyesuaian Pengisian Kembali Dana Kas Kecil Metode Imprest

Jurnal penyesuaian untuk pengisian kembali dana kas kecil metode imprest atau metode dana tetap tidak akan merubah saldo petty cash yang telah digunakan. Pihak kasir akan meminta cek sesuai dengan nominal pembayaran yang telah dipergunakan ketika kas kecil dikeluarkan dari brankas.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/01/2022All in Expance Rp 48.950.000
Cash in Mandiri Bank Rp 48.950.000
(Refill petty cash journal)

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2 Kolom dan Pembahasannya

Demikian contoh soal kas kecil metode dana tetap dan tidak tetap dalam pelaksanaan sistem pengendalian internal kas dan setara kas. Prinsip-prinsip aktivitas pengendalian internal perusahaan akan berjalan baik ketika sumber daya manusianya memiliki kualitas dan mampu menjaga aktivitas bisnis.

0 Response to "Contoh Soal Kas Kecil Metode Dana Tetap dan Tidak Tetap"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel