Contoh Soal Penjualan Downstream dan Upstream dalam Perusahaan Afiliasi

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan downstream dan upstream dalam perusahaan afiliasi sering dipergunakan sebagai dasar penentuan harga pokok penjualan dan laba ditahan. Penjualan barang dagangan oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan terjadi ketika induk menjual barang diatas harga pokok yang disepakati.

Contoh soal transaksi entitas induk dan entitas anak terjadi pada akun persediaan, aktiva tetap dan pemilikan saham beredar. Kapan laba belum terealisasi dapat diakui anak perusahaan yaitu ketika entitas melakukan penyusunan laporan keuangan konsolidasi dengan metode ekuitas dan metode biaya.

Penjualan downstream dan penjualan upstream akan berdampak pada pembayaran pajak penghasilan badan yang terutang. Perusahaan mana yang memiliki laba belum terealisasi dalam penjualan konsinyasi dan angsuran berdampak pada analisis daftar umur piutang tak tertagih dan biaya kerugian piutang dagang.

Contoh Soal Penjualan Downstream dan Upstream dalam Perusahaan Afiliasi

Apa itu Penjualan Upstream dan Penjualan Downstream

Penjualan downstream menurut para ahli adalah transaksi jual beli dimana induk perusahaan melakukan penjualan barang dagang kepada anak perusahaan diatas harga pokok. Penjualan downstream sering disebut penjualan hulu karena alihrannya mengalir entitas yang memiliki hak kontrol ke entitas yang memiliki hak minoritas.

Penjualan upstream menurut para ahli adalah transaksi penjualan barang dagang oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan untuk diversifikasi usaha. Tujuan penggabungan usaha dengan konsolidasi dan merger adalah menyatukan kepentingan antar pemegang saham dan meminimalisir monopoli perdagangan.

Perbedaan penjualan downstream dan upstream terletak pada pengakuan laba ditahan antar perusahaan. Laba anak perusahaan harus dilaporkan kepada induk perusahaan untuk menjalankan kewajiban perpajakan secara bersama-sama. Kewajiban pembukuan badan usaha telah diatur dalam ketentuan umum perpajakan.

Baca Juga: Apa Itu Saham Komulatif dan Partisipatif

Contoh Soal Penjualan Upstream dan Downstream dan Pembahasannya

Contoh soal penjualan upstream dan downstream akan terjadi pada perusahaan berafiliasi. Perusahaan afiliasi adalah hubungan induk perusahaan dengan anak perusahaan dikarenakan adanya hak kontrol dari pembelian sebagian besar saham beredar. Transaksi hulu dan hilir terjadi disetiap tingkatan produksi.

Contoh soal penjualan barang dagang oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan harus dilakukan koreksi atas laba ditahan dan persediaan barang dagang anak perusahaan. Hak kontrol merupakan dasar untuk menentukan kebijakan operasional atas penggunaan arus kas masuk dan arus kas keluar perusahaan.

Contoh kasus penjualan barang dagang dari induk perusahaan kepada anak perusahaan terjadi pada PT Masraffi yang menjual komputer dengan harga Rp 41.230.000 kepada PT Adekraffi dengan harga jual Rp 52.000.000. Pemilikan saham yang beredar milik PT Adekraffi adalah 100%. Buatlah jurnal penyesuaian yang diperlukan.

Baca Juga: Contoh Soal Pemilikan Satu Jenis Saham Anak Perusahaan

Mengapa Transaksi Antar Perusahaan Harus Dieliminasi

Mengapa transaksi antar perusahaan harus dieliminasi dalam menyusun kertas kerja penyusunan laporan keuangan konsolidasi? sebab transaksi perusahaan berafiliasi dianggap sebagai satu kesatuan yang setiap kali dan menjalankan kewajiban pembayaran pajak terutang secara bersama-sama oleh induk perusahaan.

Penjualan arus ke bawah disebut penjualan downstream, penjualan arus ke atas disebut penjualan upstream. Pengaruh laba yang belum direaliasi dalam laporan laba rugi komprehensif terletak pada kemungkinan diperolehnya laba rugi fiskal yang harus dikoreksi untuk pembayaran pajak tahunan badan.

Mengapa transaksi antar perusahaan harus dieliminasi untuk menyusun kertas kerja neraca konsolidasi dikarenakan perusahaan afiliasi dianggap sebagai satu kesatuan bisnis. Adapun jurnal yang harus dibuat untuk mengakui laba rugi penjualan barang dagang oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
05/08/2022Laba ditahan PT Masraffi Rp 10.770.000
Persediaan Barang PT Adekraffi Rp 10.770.000

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Hulu dan Hilir

Demikian contoh soal penjualan downstream dan upstream dalam perusahaan afiliasi dengan materi persediaan dan aktiva tetap. Penjualan barang dagang oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan harus dibuatkan jurnal eliminasi atas pengakuan laba induk dan selisih harga jual dengan hpp bagi anak perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Downstream dan Upstream dalam Perusahaan Afiliasi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel