Contoh Soal dan Jurnal Perhitungan PPh Pasal 22 Atas Impor Barang

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal perhitungan pph pasal 22 atas impor dan ekspor barang dari luar negeri harus membayarkan pajak melalui bea cukai. Saat terutangnya pajak penghasilan dilaksanakan ketika terjadi pembayaran bea masuk, penyelesaian pemberitahuan impor barang secara dibebaskan atau ditunda.

Contoh soal pph pasal 22 atas pembelian barang dari luar negeri secara import dan eksport barang dianggap menambah manfaat ekonomis perusahaan. Cara membedakan pph 22 dipotong/dipungut dengan dibayar sendiri wajib dilaporkan melalui spt tahunan orang pribadi dan badan setiap akhir tahun fiskal perusahaan.

Contoh perhitungan pajak impor barang dan ekspor barang wajib memberitahukan transaksi tersebut melalui spt masa. Tata cara pemungutan, penyetoran dan pelaporan pph pasal 22 harus mengikuti ketentuan umum perpajakan yang berlaku agar dapat memaksimalkan pajak terutang yang harus dibayarkan.

Contoh Soal dan Jurnal Perhitungan PPh Pasal 22 Atas Impor Barang

Pertanyaan PPh Pasal 22 atas Impor dan Ekspor Barang

Pertanyaan pph pasal 22 atas impor dan ekspor barang diperuntukkan bagi wajib pajak yang membeli bahan baku dari luar negeri. Saat terutangnya pajak impor adalah ketika entitas menerima PIB atau pemberitahuan impor barang yang harus membayarkan pajak pertambahan nilai dan bea masuk pelabuhan.

Pertanyaan pajak penghasilan pasal 22 atas impor dan ekspor barang dipergunakan sebagai alokasi dasar pengenaan pajak sesuai aturan yang berlaku. Tarif pph pasal 22 bagi wajib pajak yang tidak memilik npwp adalah 2x lipat dan bagi yang tidak memiliki angka pengenal impor (API) akan dikenakan tarif 7,5% dari dpp.

Pertanyaan wawancara dan pilihan ganda pajak impor dan ekspor barang dari luar negeri wajib dibayarkan ketika barang akan masuk pelabuhan. Nilai impor adalah harga barang, biaya asuransi dan biaya angkut dari lokasi penjual yang ditambahkan bea masuk lainnya untuk menjadi dasar pengenaan pajak bagi importir.

Baca Juga: Contoh Kasus Biaya Kualitas dan Produktivitas

Contoh Soal Perhitungan PPh Pasal 22 atas Impor dan Ekspor Barang

Contoh soal perhitungan pph pasal 22 atas impor dan ekspor barang bertujuan agar wajib pajak membayarkan iuran untuk mendukung pedagang di daerah pabean. Subjek dan objak pajak penghasilan pasal 22 adalah seluruh aktivitas transaksi dengan pemerintah, bumn, bumd dan industri tertentu.

Contoh kasus perhitungan pajak penghasilan impor dan ekspor barang menjadi pedoman dalam ketentuan umum perpajakan tentang pph pasal 22. Tata cara pemungutan, penyetoran dan pelaporan pph pasal 22 mewajibkan perusahaan mengalokasikan keuntungan ketika membeli bahan baku dari luar negeri.

Contoh soal pph pasal 22 atas impor dan ekspor barang terjadi pada PT Masraffi yang menerima PIB sebesar $ 45.000 dengan kurs menteri keuangan Rp 14.000 dan kurs BI sebesar Rp 14.500. Hitunglah pajak terutang apabila perusahaan memiliki angka pengenal impor dan dikenakan bea masuk sebesar 2,5%?

Baca Juga: Contoh Soal Interview Staff Accounting dan Tips Menjawabnya

Contoh Jurnal PPh Pasal 22 atas Impor Barang

Contoh jurnal pph pasal 22 atas impor barang mewajibkan entitas memperhitungkan nilai CIF. Kepanjangan dari CIF adalah cost, insurance and freight. Nilai impor dihitung dari nilai cif ditambahkan bea masuk yang harus dibayarkan ketika barang sudah sampai dipelabuhan pilihan importir.

Bagaimana cara membedakan pph 22 dipotong dan dipungut sendiri bergantung pada jenis lawan transaksi yang melakukan jualbeli. Buatlah perhitungan pajak pasal 22 atas impor memiliki tarif sebesar 2,5% bagi yang memiliki API dan 7,5% bagi yang belum memiliki angka pengenal impor.

Perhitungan Pajak
KeteranganUSDKurs Menteri KeuanganRupiah
Nilai CIF $ 45.000 Rp 14.000 Rp 630.000.000
Bea Masuk $ 1.125 Rp 14.000 Rp15.750.000
Nilai Barang Dagang Rp 645.750.000
PPh Pasal 222,50% Rp 645.750.000 Rp16.143.750

Jurnal pencatatan transaksi impor dan ekspor barang dari luar negeri harus dilaporkan pada spt masa pph pasal 22. Pemberitahuan impor barang dan pemberitahuan ekspor barang menjadi kunci untuk menentukan kurs pajak sesuai kurs menteri keuangan yang berlaku. Adapun jurnal pph pasal 22 atas impor barang sebagai berikut

TanggalKeteranganDebitKredit
23/04/2022Persediaan Rp 645.750.000
PPh Pasal 22 Dibayar Dimuka Rp 16.143.750
Kas Rp 31.893.750
Hutang Usaha Rp 630.000.000
(jurnal mencatat pembelian bahan impor)

Baca Juga: Cara Mengisi Spt PPh Pasal 22 dan Membuat CSV

Demikian contoh soal dan jurnal perhitungan pph pasal 22 atas impor barang bagi wajib pajak yang memiliki angka pengenal impor API. Tarif pph 22 bagi yang tidak memiliki npwp akan dinaikkan sebesar 100% dari pph yang harus dibayarkan dan diperkenankan dijadikan kredit pajak ketika melaporkan spt tahunan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jurnal Perhitungan PPh Pasal 22 Atas Impor Barang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel