Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham atau Earning per Share

Konten [Tampil]

Cara menghitung laba per lembar saham atau earning per share berdampak pada keuntungan yang dihasilkan perusahaan selama satu periode. Return of asset dan return of equity diperlukan sebagai sarana memperhitungkan keuntungan yang didapatkan para pemegang saham per saham dasar dan dilusian.

Contoh soal menghitung harga saham per lembar digunakan oleh perusahaan untuk menentukan tingkat pengembalian atas investasi yang dilakukan. Pengertian saham menurut para ahli adalah keikutsertaan modal pemegang saham untuk menjalankan aktivitas operasional perusahaan selama satu periode akuntansi.

Rumus harga saham berdasarkan opening price dan closing price menentukan tingkat pertanggungjawaban entitas ketika melaporkan pajak penghasilan. Laba per saham dilusian artinya keuntungan yang diperoleh perusahaan berdasarkan seluruh saham yang beredar di pasar termasuk saham biasa dan saham preferen.

Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham atau Earning per Share

Hubungan ROA dan ROE

Hubungan antara roa dan roe akan mempertimbangkan kemampuan perusahaan ketika menghasilkan laba dari aktivitas utamanya. Return of asset adalah kekayaan yang disetorkan oleh pemegang saham dengan tujuan mendapatkan imbal balik atas investasi jangka panjang dan jangka pendek yang dilakukannya.

Hubungan antara return of asset dan return of equity terletak pada kemampuan entitas memperoleh hasil sesuai keinginan dari pemegang saham. Laba yang diperoleh perusahaan ketika menggunakan aset tetap dapat dialokasikan ke beberapa kreditur dan keuntungan pemegang saham. Kreditur akan menerima bunga setiap periodenya.

Komponen-komponen perhitungan laba untuk menghitung laba per lembar saham akan menampilkan informasi tentang nilai htang dan modal saham perusahaan. Investor akan menggunakan laba per lembar saham untuk menilai kemampuan menghasilkan laba selama satu periode setelah pembayaran pajak penghasilan.

Baca Juga: Cara Menghitung Stock Split dan Reverse Split

Pengertian dan Rumus Laba per Lembar Saham

Pengertian laba per lembar saham adalah keuntungan yang didapatkan perusahaan dibandingkan total saham yang beredar. Earning per share menjadi patokan bagi pemegang saham untuk menilai kemampuan dalam menghasilkan laba yang didapatkan perusahaan selama satu periode akuntansi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai laba per lembar saham dilusian dan saham dasar adalah pemilikan saham treasury, saham biasa dan saham preferen yang beredar dipasar. Contoh soal sekuritas dilusian dan laba per lembar saham dipengaruhi oleh kekayaan yang dilaporkan ke kantor pajak setempat.

Rumus harga saham menurut para ahli diperhitungkan berdasarkan seluruh harga senilai jumlah saham yang diperdagangkan dipasar modal. 100 lembar saham terdiri dari 1 lot yang dapat diperdagangkan dipasar modal. Pajak penghasilan badan untuk perusahaan yang listing di bursa efek indonesia adalah 19% dari pph terutangnya.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pembelian Saham Anak Perusahaan

Contoh Soal Laba Per Lembar Saham dan Jawabannya

Contoh soal laba per lembar saham dan jawabannya akan membandingkan antara total keuntungan yang didapatkan perusahaan dengan total saham yang beredar. Perseroan terbatas membagi investasi modal berdasarkan kekayaan yang telah disetorkan baik berupa aset tetap dan kewajiban jangka panjang.

Cara menghitung laba per lembar saham dilusian dan saham dasar menjadi informasi tentang perubahan akta pendirian perusahaan. 1 lot saham diartikan setara dengan 100 lembar saham. Minimal pembelian saham perusahaan dipasar modal adalah 1 lot dengan pembayaran pph pasal 4 ayat 2 yang terutang.

Contoh soal laba per lembar saham akan memprioritaskan pembayaran kepada pemegang saham preferen dan saham biasa. PT Masraffi mendapatkan laba setelah pembayaran pajak sebesar Rp 85.000.000 untuk 1000 lot saham yang beredar. Berapakah earning per share yang dihasilkan perusahaan?

Earning per Share = Rp 85.000.000 / (1000*100) = Rp 850

Demikian cara menghitung laba per lembar saham atau earning per share dalam laporan posisi keuangan. Sistem pengendalian internal harus dapat mencegah terjadinya kesalahan dalam pembayaran pajak terutama denda dan sanksi administrasi perpajakan yang dikenakan bagi wajib pajak yang melanggar aturan.

0 Response to "Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham atau Earning per Share"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel