Contoh Soal Penjualan Downstream Aktiva Tetap dan Persediaan Barang Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan downstream aktiva tetap dan persediaan barang dagang diperuntukan bagi perusahaan yang ingin melakukan penggabungan usaha. Laba yang belum terealisasi dari penjualan upstream dan downstream harus dilaporkan sebagai dasar mempertimbangkan piutang tak tertagih

Contoh soal penjualan upstream entitas induk dan entitas anak terjadi ketika adanya transaksi penjualan barang dagangan oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan. Laba rugi yang dilaporkan anak perusahaan akan dipengaruhi oleh hak kontrol induk dan harus dibuatkan jurnal eliminasi antar perusahaan.

Contoh soal penjualan barang dagangan oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan harus mempertimbangkan metode penggabungan usaha yang digunakan. Metode ekuitas dan metode biaya bertujuan agar entitas dapat mengakui perubahan modal anak perusahaan setiap kali aktivitas bisnis terjadi.

Contoh Soal Penjualan Downstream Aktiva Tetap dan Persediaan Barang Dagang

Apa itu Jurnal Eliminasi Antar Perusahaan Afiliasi

Jurnal eliminasi antar perusahaan afiliasi adalah jurnal pencatatan yang bertujuan untuk mengakui adanya transaksi hubungan istimewa dalam perpajakan. Jurnal eliminasi dilakukan atas rekening modal saham, agio saham, kas, piutang dividen dan laba ditahan milik induk dan anak perusahaan.

Mengapa transaksi antar perusahaan afiliasi perlu dibuatkan jurnal eliminasi dan kertas kerja konsolidasi? Hal ini disebabkan adanya penerapan prinsip akuntansi berterima umum yaitu kesatuan usaha. Prinsip kesatuan usaha akan menganggap anak perusahaan sebagai bagian dari induk perusahaan.

Pengertian jurnal eliminasi menurut para ahli adalah jurnal pencatatan yang digunakan untuk menutup akun investasi saham anak perusahaan. Kertas kerja penyusunan laporan keuangan konsolidasi harus mencantumkan hak kontrol atas saham yang dimiliki perusahaan induk terhadap total saham yang beredar.

Baca Juga: Contoh Soal dan Syarat Kompensasi Kerugian Fiskal

Pertanyaan Tentang Penjualan Downstream dan Upstream

Pertanyaan tentang penjualan downstream dan upstream berfungsi untuk memaksimalkan setoran pajak penghasilan badan yang terutang. Penyusunan laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan metode biaya diperuntukkan bagi wajib pajak yang ingin menjalankan kewajiban perpajakan secara bersamaan.

Contoh soal penjualan downstream aktiva tetap dan persediaan barang dagang bertujuan agar laba dari transaksi antar perusahaan afiliasi tidak boleh diakui. Perusahaan mana yang mempunyai laba belum terealisasi pada pembukuannya bergantung pada transaksi entitas induk dan entitas anak yang dijalankan.

Contoh soal transaksi persediaan antar perusahaan afiliasi terjadi pada PT Masraffi yang memiliki barang dagang senilai Rp 50.000.000 termasuk Rp 10.000.000 merupakan pembelian dari PT Adekraffi. Pada saat pembelian barang dagang dari anak perusahaan telah memperhitungkan laba sebesar 25% dengan pemilikan saham penuh. Buatlah jurnal eliminasi yang diperlukan?

Baca Juga: Cara Mengisi E-Spt PPh Pasal 4 Ayat 2 Versi Terbaru

Contoh Soal Penjualan Barang Anak Perusahaan Kepada Induk Perusahaan

Contoh soal penjualan barang anak perusahaan kepada induk perusahaan akan terutang pajak pertambahan nilai. Yang bukan merupakan objek pajak pertambahan nilai adalah penyerahan barang dan jasa kena pajak untuk transaksi penjualan konsinyasi atau barang titipan ke komisioner.

Pengaruh penjualan downstream dan upstream dalam laporan laba rugi induk perusahaan bergantung pada tingkat hak kontrol yang dimilikinya. Anak perusahaan yang dimilik penuh dapat dilakukan penyusunan laporan keuangan konsolidasi menggunakan metode ekuitas dan metode biaya setiap periodenya.

Contoh soal penjualan barang anak perusahaan kepada induk perusahaan menjadi bagian dari transaksi penjualan downstream. Penjualan downstream artinya penjualan hilir dimana penggabungan usaha dimaksudkan mendapatkan harga termurah. Adapun jurnal eliminasi yang dibuat berdasarkan contoh soal penggabungan usaha metode equity adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/01/2022Laba ditahan PT Adekraffi Rp 2.000.000
Laba ditahan PT Masraffi Rp 2.000.000
Investasi saham PT Adekraffi Rp 2.000.000
Persediaan barang dagang PT Masraffi Rp 2.000.000

Baca Juga: Cara Menggunakan Modul Penjualan di Accurate

Demikian contoh soal penjualan downstream aktiva tetap dan persediaan barang dagang oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan yang mengakibatkan timbulnya hubungan afiliasi. Laba transaksi antar perusahaan yang memiliki hubungan istimewa diakui berdasarkan harga perolehannya.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Downstream Aktiva Tetap dan Persediaan Barang Dagang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel