Contoh Soal dan Syarat Kompensasi Kerugian Fiskal

Konten [Tampil]

Contoh soal dan syarat kompensasi kerugian fiskal dalam laporan keuangan digunakan perusahaan untuk mempertanggungjawabkan pengurangan penghasilan kena pajak. Soal pph badan dan orang pribadi hendaknya didasarkan pada kebijakan pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo sesuai termin penjualannya.

Kompensasi kerugian fiskal didasarkan hal-hal seperti keyakinan tentang pemberian informasi keuangan ditahun berjalan. Kewajiban pembukuan dan pencatatan bagi peredaran bruto perusahaan harus didasarkan pertimbangan keuangan entitas seperti kebijakan transfer pricing dan amortisasi aktiva tak berwujud.

Syarat untuk bisa melakukan kompensasi kerugian fiskal adalah entitas boleh melakukan kredit kerugian selama 5 tahun berturut-turut. Sanksi bagi perusahaan yang tidak menyelenggarakan pembukuan dan pencatatan adalah denda administrasi pembayaran pajak atas kekurangan pengembalian dana ke kas negara.

Pertanyaan tentang Kompensasi Kerugian Fiskal

Pertanyaan tentang kompensasi kerugian fiskal akan dilaksanakan wajib pajak ketika mendapatkan laba setelah terjadi penurunan manfaat ekonomis. Rugi adalah keadaan dimana entitas memperoleh penghasilan yang lebih sedikit dibandingkan beban produksi, beban administrasi dan beban pemasaran.

Pertanyaan pilihan ganda dan soal essay kompensasi kerugian fiskal boleh dijadikan pengurang penghasilan bruto sebelum memperhitungkan tarif pajak penghasilan. Jika perusahaan mengalami kerugian, maka entitas dapat mengajukan kompensasi fiskal untuk tidak dibayarkannya pajak penghasilan.

Kompensasi kerugian fiskal didasarkan hal-hal yang menurut pertimbangan dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Rekonsiliasi fiskal adalah tindakan menyesuaikan biaya operasional yang dapat menjadi pengurang penghasilan bruto untuk pelaporan surat pemberitahuan pajak tahunan badan.

Baca Juga: Jurnal Pembayaran Gaji Karyawan Tetap dan Borongan

Cara Mengisi Kompensasi Kerugian Fiskal di E-SPT Badan

Cara mengisi kompensasi kerugian fiskal di e-spt badan bergantung pada kebijakan pembayaran tagihan yang dimiliki entitas. Tarif pajak penghasilan badan dan orang pribadi harus dibayarkan pada waktu yang ditentukan untuk menghindari adanya sanksi administatif dan denda pajak kepada wajib pajak.

Langkah-langkah mengisi kompensasi kerugian fiskal di e-spt badan dan orang pribadi hendaknya disesuaikan aturan perpajakan yang berlaku. Bagi perusahaan yang mengalami kerugian, maka tidak perlu membayarkan pajak penghasilan ditahun berjalan. Entitas dapat melakukan pembetulan informasi pajak yang berlaku.

Cara mengisi kompensasi kerugian fiskal di e-spt badan terjadi pada PT Masraffi yang memperoleh laba sebesar Rp 239.000.000 dan Rp 741.000.000 setelah mengalami kerugian material sebesar Rp 958.000.000. Berapakah penghasilan kena pajak yang menjadi dasar pengenaan pajak tahunan badan?

Baca Juga: Tarif Pajak Penghasilan Badang dan Orang Pribadi

Contoh Soal Kompensasi Kerugian Fiskal dan Jawabannya

Contoh soal kompensasi kerugian fiskal dan jawabannya diberlakukan sebagai informasi tambahan sebelum dilakukan pemeriksaan pajak. Entitas dapat membetulkan kembali spt yang telah dilaporkan sebelum terjadi pemeriksaan guna menghindari adanya kewajiban dan aset pajak tangguhan yang masih ada.

Contoh soal dan jawaban kompensasi kerugian fiskal dapat menjadi pedoman perusahaan untuk membayarkan pajak tahunan. Koreksi fiskal positif dan koreksi fiskal negatif akan diselenggarakan dan dijadikan penentu biaya fiskal atau deductible expance atas penghasilan bruto yang dihasilkan entitas.

Cara menghitung kompensasi rugi fiskal tidak diperkenankan untuk diakumulasikan setiap periodenya. Jangka waktu maksimal kompensasi rugi fiskal adalah 5 tahun. Perhitungan pajak penghasilan tahunan badan memiliki tarif sesuai pasal 17b uu pph. Adapun perhitungan kompensasi rugi sebagai berikut:

Keterangan Jumlah
- Rugi Tahun 2021 Rp (958.000.000)
- Laba Tahun 2022 Rp 239.000.000
- Laba Tahun 2023 Rp 741.000.000
Penghasilan Kena Pajak Rp 22.000.000

Baca Juga: Contoh Kasus Penghentian Pemakaian Aset Tetap

Demikian contoh soal dan syarat kompensasi kerugian fiskal bagi wajib pajak badan dan orang pribadi. Keputusan investasi modal akan memberikan kepastian tentang jumlah kekayaan yang didistribusikan sebagai objek pajak. PPh pasal 21 merupakan pajak atas penghasilan pribadi milik orang pribadi.

0 Response to "Contoh Soal dan Syarat Kompensasi Kerugian Fiskal"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel