Contoh Soal Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal masuknya anggota sekutu dalam persekutuan dan jawabannya dapat menghasilkan informasi metode goodwill dan bonus firma. Akuntansi pendirian firma akan melibatkan perbandingan antara nilai wajar aktiva tetap yang disetorkan berdasarkan nilai buku aset tercatat pada usaha yang telah dijalankan.

Soal dan jawaban persekutuan akuntansi keuangan lanjutan dipergunakan sebagai media pembelajaran tentang siklus pencatatan bukti transaksi. Pembubaran firma dan pendirian persekutuan hendaknya menyesuaikan akta pendirian sesuai isi perjanjian kerjasama yang telah disepakati para sekutu sebelumnya.

Pada saat pembentukan partnership aset yang diinvestasikan masing-masing sekutu dicatat berdasarkan sistem informasi akuntansi keuangan. Metode goodwill dan metode bonus dipergunakan untuk mengakui pencatatan aset yang disetorkan masing-masing sekutu yang terlibat dalam perjanjian kerjasama bisnis tersebut.

Prosedur Masuknya Anggota Baru dalam Firma

Prosedur masuknya anggota baru dalam firma mengakibatkan pembaruan dalam keanggotaan di akta pendirian. Firma memiliki usia terbatas artinya setiap perubahan dalam akta perjanjian kerjasama mengakibatkan perubahan pada komposisi pemodal dan persentase pembagian laba rugi firma.

Pada saat pembentukan partnership aset yang diinvestasikan masing-masing sekutu dicatat berdasarkan jumlah modal yang disetorkan. Sekutu aktif dan sekutu pasif akan menerima pembagian laba rugi yang berbeda bergantung pada tingkat partisipasi perolehan keuntungan dan kerugian selama operasional berjalan.

Prosedur masuknya anggota sekutu dalam persekutuan dan keluarnya anggota lama dalam firma harus diatur dalam perjanjian kerjasama. Metode penentuan besarnya nilai investasi pada persekutuan harus dicantumkan pada pasal di akta pendirian akuntansi keuangan lanjutan sesuai peruntukkannya.

Baca Juga: Pengertian dan Karakteristik Persekutuan

Contoh Soal Metode Bonus dan Metode Goodwill pada Pembentukan Firma

Contoh soal metode bonus dan metode goodwill pada pembentukan firma diperlukan sebagai dasar membagikan keuntungan dan kerugian yang didapatkan perusahaan setiap periodenya. Sekutu baru dapat menyetorkan modal awal dalam bentuk kas, setara kas, persediaan barang dagang bahkan kendaraan.

Contoh soal dan jawaban persekutuan akuntansi keuangan lanjutan diperlukan sebagai dasar alokasi pembagian laba rugi sesuai persentasenya. Cara bergabung sebagai sekutu dalam partnership dilakukan dengan menyetorkan modal atau memberikan nilai lebih bagi bisnis untuk menghasilkan laba ditahan.

Contoh soal metode bonus dan goodwill terjadi pada Firma Masraffi yang memiliki rasio pembagian laba sebesar 4:3 dengan setoran modal Rp 42.00.000 dan Rp 26.000.000. Sekutu baru menyetorkan kas sebesar Rp 54.000.000 dan diakui sebesar 30% dari total modal baru. Berapakah investasi modal sekutu baru yang diakui?

Baca Juga: Perbedaan Metode Goodwill dan Bonus dalam Persekutuan

Jurnal Sekutu Baru Menyetorkan Modal Metode Goodwill

Pada saat pembentukan partnership aset yang diinvestasikan masing-masing sekutu akan dicatat berdasarkan kondisi setoran modal awal. Jurnal masuknya anggota dalam persekutuan akan mengakibatkan perubahan pada persentase pembagian laba rugi yang berdampak pada akta pendirian.

Bagaimana akuntansi pembagian modal pada saat likuidasi perusahaan persekutuan berakibat pada penurunan kepercayaan pelanggan. Kelemahan dalam menggunakan rasio modal awal dalam pembagian laba adalah tidak diakuinya mutasi modal sekutu dan pembayaran gaji sekutu sebagai beban operasional.

Cara menghitung nilai investasi para sekutu dalam firma harus diselenggarakan berdasarkan tingkat setoran modal awal. Setoran modal sekutu dapat diakui lebih atau kurang dari nilai yang disetorkannya. Menentukan ada tidaknya bonus bagi sekutu berakibat pada modal yang tercantum pada laporan keuangan.

Modal Sekutu Baru Rp 36.600.000
Investasi diakui sebesar 30%
Total Modal Sekutu Baru Rp 122.000.000
Total Modal Sebelum Sekutu Baru Rp 68.000.000
Kenaikan Modal Sekutu Rp 54.000.000
Jumlah Setoran Sekutu Baru Rp 54.000.000
Goodwill Rp -

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pendirian Persekutuan dan Jawabannya

Demikian contoh soal masuknya anggota baru dalam persekutuan akuntansi keuangan lanjutan. Sekutu baru dapat membeli hak sekutu lama, membentuk modal baru bahkan mengganti hak sekutu yang mengundurkan diri. Metode goodwill artinya membentuk akun baru sebagai penampung nilai lebih anggota sekutu.

0 Response to "Contoh Soal Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel