Cara Cek Rekening Penipu Online dengan Mudah

Konten [Tampil]

Pernahkah kalian belanja online lalu diminta untuk transfer uang terlebih dahulu sebelum barang dagang. Tentunya hal ini akan membuat anda ragu karena uang sudah dibayarkan tetapi barang tak kunjung datang. Biasanya penjual akan memberikan nomor rekening bank atau e-money untuk dilakukannya pembayaran sebagai bukti mempersiapkan paket tersebut.

Bagi pembeli online pemula, biasanya akan tertarik ketika memperoleh harga miring atau harga murah tetapi diminta untuk transfer dana terlebih dahulu. Saran saya, jangan mudah untuk mengirimkan uang melalui rekening bank tetapi terlebih dahulu di cek apakah penjual seorang penipu atau bukan.

Cara Cek Rekening Penipu Online dengan Mudah

Perbedaan Marketplace dan Direct Market

Bagi penjual untuk memasarkan barang dagangannya dapat dilakukan melalui media sosial dan marketplace secara gratis. Bagi penjual yang memperjualbelikan barang melalui marketplace, akan dipengaruhi oleh rating bintang yang diberikan pelanggan. Pelanggan berhak memberikan rating ke setiap pesanan yang dipesan sebagai penilaian terhadap kualitas produk yang diberikan oleh penjual.

Penjual yang melakukan jual beli secara direct market tentu harus membangun kepercayaan dengan pelanggan. Karena direct market tidak memiliki riwayat pesanan yang mengakibatkan pembeli susah untuk mengetahui kualitas dari penjual barang tersebut.

Beberapa oknum penjual direct market memanfaatkannya untuk memberikan harga murah untuk mengelabuhi pelanggan. Ketika pelanggan sudah mentransfer sejumlah dana, oknum penjual tersebut tidak mengirimkan barang dan langsung memblok komunikasi dengan pembeli sehingga terjadi penipuan.

Baca Juga: Cara Menghapus Verifikasi Ktp di Shopee, Tokopedia dan Bukalapak

Cara Cek Rekening Penipu atau Tidak

Bagi pembeli, keberadaan direct market tentu merugikan karena dana akan langsung menuju ke rekening penjual. Tidak seperti bertransaksi melalui marketplace dimana dana ditahan terlebih dahulu sebelum pembeli puas terhadap barang yang dikirimkan.

Untuk menghindari hal tersebut. Maka alangkah baiknya pembeli melakukan cek rekening penipu atau tidak melalui langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pertama kunjungi situs https://cekrekening.id/ lalu pilih menu cek rekening.
  2. Dilanjutkan mengisi data bank seperti nama perbankan dan nomor rekening dari penjual.
  3. Apabila terdapat informasi seperti gambar dibawah ini, maka penjual merupakan penjual yang dapat dipercaya karena belum ada yang melaporkan nomor rekening tersebut

Kesimpulan

Ketika pembeli melakukan transaksi jual beli melalui direct market sebaiknya memeriksa rekening penjual terlebih dahulu untuk mengetahui apakah penjual seorang penipu atau tidak ya. Pembeli jangan langsung transfer dana ke penjual agar terhindar dari kerugian dimana dana sudah ditransfer tetapi penjual tidak kunjung mengirimkan barang tersebut

0 Response to "Cara Cek Rekening Penipu Online dengan Mudah"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel