Cara Mencatat Transaksi Retur Pembelian di Myob Accounting

Konten [Tampil]

Cara mencatat transaksi retur pembelian di myob accounting merupakan langkah untuk memotongkan tagihan pembelian barang dagang dimasa lampau. Mengentry bukti transaksi ke dalam program myob versi 18 diperlukan agar entitas dapat mempertanggungjawabkan pembelian barang dagang selama periode tersebut.

Langkah-langkah mencatat transaksi pembelian kredit dan tunai pada myob accounting akan menjadikan perusahaan dapat menghitung nilai persediaan akhir dan harga pokok penjualan. Setelah mengentri bukti transaksi jurnal sementara dapat dilihat oleh akuntan dengan mengkombinasikan ctrl+r untuk melihat rekap.

Modul apa yang digunakan untuk menerima pelunasan piutang dan penerimaan selain piutang dagang akan terjadi ketika seseorang melaksanakan perhitungan harga pokok penjualan menggunakan metode fifo, lifo atau average. Bukti kas keluar dan bukti kas masuk harus dilakukan pencatatan selama periode berjalan.

Cara Mencatat Transaksi Retur Pembelian di Myob Accounting

Langkah-Langkah Mengentri Transaksi Pembelian Tunai dan Kredit di Myob

Langkah-langkah mengentri transaksi pembelian tunai dan kredit di myob accounting merupakan bagian dari alokasi perolehan harga pokok penjualan barang dagang dan persediaan akhir. Kolom yang berisi angka saldo pada kolom piutang dan hutang dagang dapat menerapkan sistem persamaan dasar akuntansi.

Fitur yang digunakan untuk mencatat penerimaan persediaan dan pembelian barang dagang dapat menggunakan modul purchase. Receive payment digunakan untuk mencatat penerimaan uang untuk peluasan tagihan atau uang muka penjualan barang dan jasa sesuai pesanan yang diberikan oleh para pelanggan.

Cara input transaksi pembelian tunai dan kredit di myob perlu mempertimbangkan bukti transaksi diantaranya faktur pembelian, faktur pajak dan surat jalan penerimaan barang. Termin pembayaran akan menentukan kapan tagihan akan jatuh tempo. Adapun langkah-langkah input transaksi pembelian barang di myob sebagai berikut:

  1. Pilih modul Purchase
  2. Pilih enter purchases.
  3. Dilanjutkan dengan memilih layout item atau servise.
  4. Isilah termin pembayaran yang disepakati.
  5. Masukan kode barang dan harga beli barang dan klik record.

Baca Juga: Perbedaan Sistem Perpetual dan Sistem Periodik dalam Persediaan Barang Dagang

Cara Input Pelunasan Pembelian Barang Dagang di Myob

Cara input pelunasan pembelian barang dagang di myob dapat dilakukan dengan memberikan kas, aktiva dan wesel bayar. Menu yang digunakan untuk melakukan entri penerimaan kas dari pelunasan piutang adalah modul bank dan enter received. Diskon termin pembayaran akan langsung terpotongkan secara otomatis.

Langkah-langkah mengentri pelunasan pembelian barang dagang di myob accounting harus melaporkan seluruh transaksi pencatatan kas dan setara kas yang diterima. Setelah mengentri bukti transaksi jurnal sementara dapat dilihat dengan mengklik tombol kombinasi ctrl+r agar terlihat jurnal umumnya.

Langkah untuk mengentri kas masuk dan kas keluar ke dalam program myob harus disertai bukti transaksi yang valid. Keberadaan invoice tagihan, faktur pajak dan surat jalan dapat menjadi bukti terjadinya kebenaran terjadinya transaksi. Adapun cara mencatat pelunasan tagihan pembelian barang di myob sebagai berikut:

  1. Pilih modul purchase
  2. Pilih pay bill
  3. Pilih tagihan yang ingin dilunasi per invoice yang diterima dari pelanggan.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Pemeriksaan Persediaan Barang dan Jawabannya

Cara Mencatat Transaksi Retur Pembelian di Myob Accounting

Cara mencatat transaksi retur pembelian di myob accounting berfungsi untuk mengembalikan barang yang tidak sesuai pesanan kepada supplier. Sistem penentuan biaya berdasarkan pesanan dan proses dapat dibuatkan kartu biaya pesanan untuk menenetukan harga jual dari sebuah produk yang diterimanya.

Menu yang digunakan untuk mencatat transaksi pembayaran di myob adalah pay bill. Menu yang digunakan untuk mencatat penerimaan pelunasan tagihan adalah received payment. Rekonsiliasi bank myob accounting harus diselenggarakan setiap periodenya untuk mengakui pendapatan dan biaya bank.

Langkah-langkah untuk mengentri transaksi retur pembelian di myob accounting berguna sebagai informasi pengembalian barang dagang dan nota pembatalan faktur pajak. Cara memasukan bukti penerimaan kas pada myob dipergunakan sebagai sarana menghitung hpp dan persediaan akhir. Adapun cara input retur pembelian sebagai berikut:

  1. Pergi ke modul puchases
  2. Pilih menu purchases register
  3. Pilih menu recaived refund
  4. Masukan kode barang yang hendak di retur.

Baca Juga: Cara Menghitung Hpp dan Persediaan Akhir Metode Fifo

Demikian cara mencatat transaksi retur pembelian di myob accounting dalam materi komputer akuntansi. Agar pembelian tunai dan pembelian kredit dapat diakui oleh perusahaan maka sebaiknya diselenggarakan sistem pengendalian internal persediaan dan pergudangan yang diberlakukan di perusahaan.

0 Response to "Cara Mencatat Transaksi Retur Pembelian di Myob Accounting"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel