Contoh Soal dan Jurnal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal penghentian pemakaian aktiva tetap diperlukan sebagai upaya perusahaan mempertahankan kelangsungan hidupnya dimasa mendatang. Aset tetap adalah kekayaan perusahaan yang dipergunakan untuk kegiatan operasional yang memiliki nilai materialitas dan masa pakai lebih dari satu periode.

Pencatatan jurnal untuk penghentian aset tetap jika memperoleh kerugian dan keuntungan diakui sebagai pendapatan kena pajak. Pelepasan aktiva tetap dilaksanakan melalui penghentian pemakaian, pertukaran dengan aset sejenis dan pemberian kepada pihak ketiga sebagai donasi atau hibah yang terutang pajak pertambahan nilai.

Penghentian aktiva tetap dan pencatatan akuntansi hendaknya dilaksanakan selama satu periode agar keuntungan dan kerugian dapat dialokasikan. Apa saja jenis penghentian pemakaian aset tetap terdiri dari penjualan, pertukaran dan pemberian secara percuma atau gratis kepada pihak ketiga sebagai relasi perusahan.

Contoh Soal dan Jurnal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Macam-Macam Pelepasan Aset Tetap

Pengertian pelepasan aset tetap menurut para ahli adalah cara yang dipergunakan entitas untuk menyesuaikan kebijakan akuntansi ketika memakai aktiva tetap. Biaya pengeluaran kas selama masa manfaat terdiri dari biaya reparasi, biaya pemeliharaan dan biaya penambahan kualitas harta perusahaan.

Perlakuan akuntansi untuk aset tetap yang sudah habis masa manfaatnya tidak diperkenankan untuk mengakui biaya penyusutan dan amortisasi. Nilai buku dan nilai wajar harus diperbandingkan agar entitas mengetahui keuntungan yang didapatkan ketika mengalokasikan keuntungan untuk tukar menukar aset sejenis.

Penghentian aktiva tetap dan pencatatan akuntansi dapat diselenggarakan melalui pertukaran, menghentian pemakaian aset dan pemberian secara gratis kepada relasi perusahaan. Materi aset tetap terdiri dari biaya perolehan, pengakuan dan penyajian di laporan posisi keuangan serta biaya pemeliharaannya.

Baca Juga: Contoh Soal Penurunan Nilai Persediaan dengan Metode Lower Cost or Market

Contoh Soal Penghentian Pemakaian Aset Tetap dengan Cara Dibuang

Contoh soal penghentian pemakaian aset tetap dengan cara dibuang tidak akan menguntungkan perusahaan ketika masa manfaatnya masih berlangsung. Penyusutan sebagai prosedur mengalokasikan biaya pembelian aset harus dialokasikan selama umur manfaat yang ditetapkan perusahaan sesuai aturan perpajakan.

Contoh soal dan jawaban pelepasan aktiva tetap dapat dilaksanakan untuk memudahkan pengalokasian revenue expenditure dan capital expenditure. Pengeluaran pendapatan atau revenue expenditure tidak diperkenakan untuk diakui sebagai penambah revaluasi aktiva tetap seperti penambahan usia manfaat.

Penghentian pemakaian aktiva tetap dan pencatatan akuntansi terjadi pada PT Masraffi yang memiliki kendaraan seharga Rp 56.000.000 yang telah dipakai selama 2 tahun. Pada akhir tahun ke dua, kendaraan mengalami kerusakan berat sehingga perusahaan memutuskan mengakhiri penggunaannya. Buatlah jurnal pelepasan aset tetap yang diperlukan?

Baca Juga: Contoh Kasus Perhitungan Biaya Berdasarkan Aktivitas dan Pembahasannya

Jurnal Pencatatan Pelepasan Aset Tetap Menurut Perpajakan

Jurnal pencatatan pelepasan aset tetap menurut perpajakan hendaknya dilaksanakan untuk menghindari adanya pelaporan kecurangan ketika memotongkan pajak penghasilkan melalui revaluasi aset tetap. Kerugian penghentian pemakaian aktiva tetap diperkenankan sebagai biaya fiskal untuk mengurangi pendapatan kena pajak.

Penutupan aset tetap disebabkan oleh kerusakan yang tidak dapat diperbaiki, penjualan dan pertukaran dengan aset sejenis bahkan pemberian kepada pihak ketiga. Suatu aktiva tetap diperoleh melalui pemberian kas dan setara kas dengan negosiasi kepada pihak ketiga ketika memilih aset untuk kegiatan produksi.

Jurnal penghentian pemakaian aktiva tetap dengan cara dibuang akan mengakhiri penggunaan aset dan mendatangkan kerugian ketika belum terselesaikan penyusutan atau depresiasinya. Nilai residu adalah perkiraan nilai wajar yang ditetapkan perusahaan ketika diperjualbelikan di akhir periode penggunaan.

Adapun jurnal menutup penggunaan aset tetap sebelum masa manfaatnya habis adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2021Kendaraan Rp 56.000.000
Kas Rp 56.000.000
(jurnal pembelian aset tetap)
31/12/2022Akumulasi Penyusutan Kendaraan Rp 14.000.000
Kerugian Penghentian Aset Tetap Rp 42.000.000
Kendaraan Rp 56.000.000
(Jurnal menghentikan pemakaian aset tetap)

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Terpisah dan Tidak Terpisah

Demikian contoh soal dan jurnal penghentian pemakaian aset tetap menurut perpajakan yang menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Biaya kerugian dan keuntungan dari selisih antara nilai buku dan nilai wajar menjadi objek pajak penghasilan yang harus dipotongkan ketika melaporkan spt tahunan badan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jurnal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel