Contoh Soal dan Jawaban Break Even Point pdf

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban break even point menjadi titik tolak dimana perusahaan melakukan upaya pengembalian investasi untuk menghasilkan mendapatkan keuntungan. Analisis yang bertujuan sebagai perencana dan pembuat keputusan dapat mempergunakan analisis biaya volume dan laba atau CVP analysis.

Contoh soal dan cara menghitung break even point rupiah dan mata uang asing dipergunakan sebagai upaya analisis investasi jangka panjang. Hubungan antara biaya, volume penjualan dan harga jual produk akan menentukan permasalahan untuk pengambilan keputusan tentang perencanaan penjualan produk entitas.

Cara menentukan harga jual harus diatas harga perolehan produk ditambahkan biaya administrasi dan pemasaran. perencanaan tentang jumlah produk yang dapat dijual untuk mencapai titik impas dan prosedur kenaikan harga jual untuk menambah omzet perusahaan harus dimengerti oleh lawan transaksi.

Contoh Soal dan Jawaban Break Even Point pdf

Pengertian Break Even Point BEP

Pengertian break even point atau bep kewirausahaan essay dan pilihan ganda menjadi prosedur menentukan harga jual barang setelah berlakukan kebijakan akuntansi. Titik impas adalah kondisi dimana tingkat penjualan barang perusahaan setara dengan jumlah investasi untuk mendatangkan produk tersebut.

Konsep break even point ditunjukkan dari jumlah volume aktivitas penjualan untuk mengembalikan biaya produksi barang yang diperjualbelikan. Perusahaan dapat menggunakan pendekatan laba operasi dan margin kontribusi sesuai aturan perpajakan. Laba operasi adalah keuntungan yang didapatkan perusahaan selama periode berjalan.

Fungsi bep dalam persamaan akuntansi manajemen untuk analisis biaya volume laba operasional bertujuan mengetahui kapan investasi perusahaan akan kembali. Investasi jangka panjang harus mendatangkan keuntungan agar entitas dapat melanjutkan kelangsungan hidupnya sesuai basis akrual.

Baca Juga: Contoh Analisis Titik Impas dalam Penjualan Rupiah

Contoh Soal Perhitungan Bep Kewirausahaan Essay dan Pilihan Ganda

Contoh soal perhitungan bep kewirausahaan essay dan pilihan ganda dapat menjadi materi akuntansi manajamen. Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan terletak pada pertanggungjawaban dana yang dikeluarkan entitas untuk mendatangkan laba ditahan bagi pemegang saham.

Contoh sederhana perhitungan bep akan melibatkan sebagaian besar biaya pembentuk harga pokok produksi. Seluruh biaya produksi harus dapat diperjualbelikan dan keuntungan akan terjadi ketika entitas telah mendapatkan biaya produksi serta konversi dari berbagai departemen yang terlibat.

Contoh soal dan jawaban break even point menggunakan metode pendekatan laba operasi akan terjadi ketika perusahaan merencanakan produksi barang sesuai aturan. Adapun laporan harga pokok produksi dan laporan penjualan selama satu periode pembuatan kendaraan sebagai berikut:

Sales 800 unit Rp 96.000.000
Variable Cost Rp (53.000.000)
Contribution Margin Rp 43.000.000
Fixed Cost Rp (21.000.000)
Earning Before Tax Rp 22.000.000

Baca Juga: Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Rumus dan Contoh Soal Break Even Point

Rumus dan contoh soal break even point dan jawabannya diperlukan sebagai alokasi keuntungan entitas selama menjalankan kegiatan operasionalnya. Arus kas perusahaan terdiri dari arus kas operasi, investasi dan pendanaan yang bertujuan meningkatkan laba ditahan untuk dibagikan kepada para pemegang saham.

Pengertian bep atau break even point menurut para ahli adalah suatu situasi dimana biaya perolehan sebuah produk sesuai dengan jumlah penjualan barang kepada pelanggan. Pendekatan laba operasi dan pendekatan margin kontribusi dipergunakan oleh entitas untuk mengupayakan terjadinya aktivitas operasi normal.

Rumus bep menggunakan metode pendekatan laba operasi adalah pendapatan dikurangkan biaya variabel dan biaya tetap. Contoh soal dan jawaban break even point kewirausahaan dapat berupa soal essay atau pilihan ganda sesuai aturan perusahaan. Berikut cara menghitung bep dalam rupiah sebagai berikut:

Unit yang harus terjual = Penjualan - Biaya Variabel - Biaya Tetap
= (120.000 x unit) - (Rp 66.250 x unit) - Rp 21.000.000
= (Rp 53.750 x Unit) - Rp 21.000.000
(Rp 53.750 x Unit) = Rp 21.000.000
Unit391

Baca Juga: Contoh Soal Bep Metode Pendekatan Margin Kontribusi dan Jawabannya

Demikian contoh soal dan jawaban break even point menggunakan metode pendekatan laba operasi sesuai aturan akuntansi manajemen. Analisis biaya volume laba bertujuan agar entitas mengetahui kapan sebuah investasi pembiayaan kegiatan produksi telah mencapai titik impas pada saat penjualan terjadi.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Break Even Point pdf"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel