Cara Menghitung Break Even Point dalam Unit dan Rupiah

Konten [Tampil]

Cara menghitung break even point dalam unit dan rupiah dipergunakan sebagai pertimbangan entitas melakukan inovasi produk baru. Analisis biaya volume laba bertujuan agar pengambilan keputusan tentang investasi perkembangan produk baru mendatangkan keuntungan ketika diperjualbelikan kepada pelanggan.

Contoh soal break even point dan jawabannya menjadi materi akuntansi manajemen di perusahaan. Apa itu bep dan rumusnya? Pengertian bep menurut para ahli merupakan peristiwa penyetaraan antara pendapatan dan pengeluran untuk menciptakan penghasilan sesuai aturan perkembangan produk baru di perusahaan.

Titik impas atau break even point berguna bagi enterpreneur baru ketika mendapatkan peluang bisnis. Laba operasi bertujuan agar seluruh pendapatan dapat dibagikan sebagai dividen ketika akhir periode. Grafik dan komponen bep perlu dipertimbangkan ketika melaksanakan investasi jangka panjang.

Cara Menghitung Break Even Point dalam Unit dan Rupiah

Apa itu BEP dan Rumusnya

Pengertian break even point menurut para ahli sering disebut titik impas yang artinya kondisi dimana pengeluaran sesuai dengan penjualan produk jadi. Perhitungan bep dilakukan dengan membagi total biaya dengan pendapatan per unit barang sesuai biaya variabel atau biaya tetap yang dikeluarkan setiap periodenya.

Rumus bep = fc/(p-vc) merupakan rumus yang digunakan untuk menghitung bep dengan dasar pertimbangan keseluruhan informasi bagi perusahaan. BEP merupakan tolak ukur awal tentang jumlah yang harus mampu diperjualbelikan oleh marketing perusahaan untuk mendatangkan keuntungan periode tersebut.

Apa itu bep dan bagaimana konsep break even point perlu dipertimbangkan dalam menjalankan kegiatan bisnis bersama. Titik impas dapat dihitung sesuai jumlah rupiah penjualan atau jumlah unit terjual. Perhitungan titik impas dipusatkan pada margin kontribusi dan laba operasi sebelum pembayaran pajak penghasilan.

Baca Juga: Contoh Kasus Pembiayaan Istishna dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal Break Even Point dan Jawabannya

Contoh soal break even point dan jawabannya diberlakukan sebagai upaya mempertimbangkan informasi akuntansi manajemen. Perbedaan akuntansi keuangan, akuntansi manajemen dan akuntansi biaya menjadi upaya penyetaraan informasi sebagai dasar pelaporan pajak penghasilan tahunan badan.

Contoh soal dan jawaban break even point dapat terjadi pada perusahaan manufaktur seperti toko makanan khas sebagai bentuk aktivitas kewirausahaan. Grafik bep akan menyilangkan antara pendapatan dan jumlah yang harus mampu diperjualbelikan agar menutup biaya produksi sebelum memperoleh keuntungan.

Contoh sederhana bep dan grafiknya akan terjadi ketika PT Masraffi menggunakan pendekatan laba operasi untuk menilai batas minimal jumlah unit terjual. Informasi laba periode berjalan dan laporan biaya produksi dengan sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan yakni.

Sales 800 unit Rp 50.000.000
Variable Cost Rp (22.000.000)
Contribution Margin Rp 28.000.000
Fixed Cost Rp (13.000.000)
Earning Before Tax Rp 15.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Persediaan Akhir Metode Laba Bruto

Cara Menghitung Break Event Point dalam Rupiah dan Unit Terjual

Cara menghitung break event point dalam rupiah dan unit terjual memang menjadi salah satu bentuk titik impas di perusahaan. Analisis biaya volume laba diperlukan sebab entitas harus dapat menentukan keseluruhan informasi kondisi keuangan yang terlaporkan selama periode akuntansi belum berakhir.

Nah, bagaimana cara menghitung bep dalam menentukan harga jual produk jadi? Hal ini berpengaruh pada harga pokok penjualan dikarenakan entitas harus berhasil memperjualbelikan diatas harga tersebut. Kesalahan penetapan harga jual akan memiliki pengaruh pada laba ditahan yang didapatkan perusahaan.

Cara menghitung analisis biaya volume dan laba perlu dipertimbangkan sebagai sarana mengalokasikan informasi keuangan di perusahaan. Contoh soal bep kewirausahaan essay dan pilihan ganda menjadi pedoman dalam menilai kualitas investasi jangka panjang. Adapun contoh perhitungan break even point sebagai berikut.

Unit yang harus terjual = Penjualan - Biaya Variabel - Biaya Tetap
= (62.500 x unit) - (Rp 27.500 x unit) - Rp 13.000.000
= (Rp 35.000 x Unit) - Rp 13.000.000
(Rp35.000 x Unit) = Rp 12.000.000
Unit371

Baca Juga: Keterampilan Yang Wajib Dimiliki oleh Seorang Manajer

Demikian cara menghitung break even point dalam unit dan rupiah sesuai contoh soal bep kewirausahaan. Bep bermanfaat agar entitas mengetahui sampai dimanakan sebuah investasi dikatakan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan sesuai harga jual yang diterbitkan oleh entitas tersebut.

0 Response to "Cara Menghitung Break Even Point dalam Unit dan Rupiah"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel