Keterampilan yang Wajib dimiliki Manajer

Konten [Tampil]
Keterampilan manajer harus dimiliki oleh setiap individu manajer karena hal ini akan membantu mereka dalam memimpin jalannya kegiatan di perusahaan. Jadi, seorang manajer yang mempunyai banyak keterampilan akan lebih maju daripada manajer yang sedikit mempunyai keterampilan.

Keterampilan yang Wajib dimiliki Manajer

Ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh manajer di sebuah perusahaan yang wajib ada pada diri manajer sebagai seorang pemimpin. Seorang manajer puncak akan cenderung mengandalkan keterampilan konseptual yang lebih tinggi daripada keterampilan teknis karena mereka akan bergelut dengan keputusan yang memiliki kadar ketidakpastian yang tinggi.


Keterampilan yang Wajib di Miliki Manajer

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer akan membantu dalam pengambilan keputusan baik keputusan yang bersifat teratur atau tidak teratur. Ada beberapa keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap manajer yaitu. Baca Juga Cara Membuat Data File Laporan Keuangan Baru di Myob

  • Keterampilan Teknis (technical skills)
Keterampilan teknis adalah keterampilan yang dimiliki oleh manajer yang berkaitan dengan penggunaan alat produksi, proses produksi, dan teknik tertentu misalnya akuntansi, programmer bahkan produksi barang-barang khusus.
  • Keterampilan Kemanusiaan (human skills)
Keterampilan kemanusiaan atau human skills adalah keterampilan yang dimiliki oleh manajer yang berkaitan dengan cara komunikasi dengan orang lain untuk menjalin kerja sama, mampu memotivasi dan memahami keadaan mereka baik secara individu ataupun kelompok.
  • Keterampilan Konseptual (conceptual skills)
Keterampilan konseptual adalah keterampilan yang dimiliki oleh manajer yang berkaitan dengan proses pengorganisasian dan pengkoordinasian serta pengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi sehingga menghasilkan kesatuan yang terpadu.

Keterampilan Tambahan yang Bisa dimiliki Manajer.

Keterampilan tambahan akan memberikan nilai lebih bagi manajer daripada manajer lainnya, sehingga mereka akan cenderung belajar mengenai keterampilan yang lain yang bisa membantu mereka mendapatkan jabatan sesuai dengan keinginan.
Baca Juga Cara Agar Invoice / Faktur Tidak Berganda di Myob
Adapun keterampilan tambahan yang bisa dimiliki oleh manajer adalah

  • Ketrampilan administratif
Keterampilan administratif adalah keterampilan yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap keberlangsungan tujuan yang telah ditetapkan. Keterampilan ini berhubungan dengan kemampuan untuk mengikuti kebijakan dan prosedur untuk mengelola anggaran yang terbatas untuk mencapai target yang telah ditentukan.
  • Ketrampilan diagnostik
Keterampilan diagnostik adalah kemampuan untuk meneliti sebuah masalah, kemudian mampu menentukan alternatif penyelesaian dan dapat menentukan keputusan yang terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.
  • Ketrampilan politis
Keterampilan politis adalah kemampuan untuk memperoleh kekuasaan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuannya seperti kemampuan untuk menguasai orang lain untuk bekerja atas namanya.
  • Ketrampilan desain
Keterampilan desain adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah tertentu dengan cara yang dapat menguntungkan atau memberikan manfaat bagi organisasi, misalnya kemampuan untuk mencari dan merancang solusi atas masalah yang dihadapi secara praktis dan tepat waktu.
Baca Juga Jenis-jenis Manajer di Perusahaan

Hubungan antara Tingkatan Manajer dan Ketrampilan yang Diperlukan 

Seorang manajer dalam tingkatan tertentu diperusahaan akan memerlukan keterampilan tertentu pula. Semakin tinggi tingkatan manajemen maka keterampilan yang dibutuhkan adalah keterampilan konseptual dan semakin rendah tingkatan manajer maka keterampilan yang dibutuhkan adalah keterampilan teknis karena manajer tingkat bawah akan berhubungan langsung dengan karyawan.
Baca Juga Arti dan Fungsi Manajemen dalam Organisasi Perusahaan

Demikianlah jenis-jenis keterampilan yang wajib dimiliki oleh seorang manajer beserta ketrampilan yang menambah daya jual manajer dalam perusahaan ya.

0 Response to "Keterampilan yang Wajib dimiliki Manajer"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel