Arti dan Fungsi Manajemen dalam Organisasi Perusahaan

Konten [Tampil]
Fungsi Manajemen secara umum adalah untuk mengatur proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengawasan terhadap jalannya sebuah organisasi perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah disepakati bersama-sama. Manajemen akan dibutuhkan disetiap perusahaan karena kedudukannya merupakan profesi yang penting yang berguna untuk memberikan sebuah komando apa yang akan dilaksanakan dalam perusahaaan.

Arti dan Fungsi Manajemen

Analisis fungsi manajemen secara umum terbagi menjadi 4 fungsi manajemen yaitu planning, organizing, actuating and controlling dimana semua elemen tersebut tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.


Fungsi Manajemen

Planning / Perencanaan

Planning dalam fungsi manajemen adalah seorang manajemen menentukan pilihan dari berbagai macam alternatif pilihan yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan yang lebih maksimal. Perencanaan tersebut akan mempergunakan asumsi-asumsi kemungkinan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang serta memvisualisasi setiap usulan yang dianggap perlu untuk mencapai hasil yang akan di tuju.
Baca Juga ✓ Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Umum

Organizing / Pengorganisasian

Organizing dalam manajemen adalah manajer membentuk sebuah mekanisme yang dapat dipergunakan untuk mengkoordinasikan pekerjaan para anggota organisasi menjadi kesatuan yang terpadu serta harmonis.

Pekerjaan dalam sebuah perusahaan yang telah dibagikan ke beberapa orang haruslah dikoordinasikan dengan baik sehingga tidak akan terjadi saling berbenturan pendapat. Pelaksanaan proses pengorganisasian yang baik akan membantu perusahaan dalam mencapai tujuan yang diinginkannya.
Baca Juga Cara Menambah, Mengedit dan Menghapus Akun di Myob

Actuating / Pengarahan.

Actuating dalam perusahaan adalah manajer diharuskan mampu mengarahkan para karyawan menjadi pribadi yang baik yang dapat menguntungkan perusahaan di masa yang akan datang, misalnya karyawan yang sering datang terlambat, manajer sebaiknya memberikan arahan berupa nasihat agar karyawan tersebut tidak lagi terlambat yang akan beresiko mengurangi produktivitas perusahaan.

Pengarahan dalam manajemen memiliki fungsi agar semua pihak dalam organisasi berjalan sesuai dengan rencana awal sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan semula.

Controling / Pengawasan.

Controling dalam manajemen berfungsi untuk melakukan pengawasan dari hasil aktual yang diperoleh dalam perusahaan terhadap hasil dari rencana. Pengawasan di perusahaan dibutuhkan karena akan membantu manajemen bertanggungjawab terhadap sumber daya organisasi yang digunakannya.

Pengawasan dalam manajemen mempunyai tujuan utama yaitu membandingkan hasil yang sesungguhnya terjadi dan rencana yang telah ditentukan.
Baca Juga Cara Memberikan Password di Myob
Demikianlah Fungsi Manajemen dalam organisasi perusahaan beserta penjelasannya, semoga dapat menjawab pertanyaan anda ya.

0 Response to "Arti dan Fungsi Manajemen dalam Organisasi Perusahaan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel