✓ Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Umum

Konten [Tampil]
Pengertian manajemen berasal dari bahasa inggris yakni to manage  yang berarti mengatur, lalu berubah menjadi management yang berarti mengelola, mengurus. Manajer di sebuah perusahaan sangat dibutuhkan agar perusahaan dapat terkendali dan berlangsung sesuai dengan keinginan para pemegang saham.

✓ Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Umum

Nah Pengertian manajemen akan dibagi berdasarkan pengertian umum dan dari beberapa ahli sebagai pihak yang memperkuat definisi manajemen tersebut ya.


Pengertian Manajemen secara Umum.

Pengertian manajemen secara umum adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian serta pengarahan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan semula serta pengawasan agar tujuan tersebut dapat berjalan terus menerus.
Baca Juga Perbedaan Firma dengan Perseroan Terbatas ???

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli.

Beberapa pakar telah memberikan definisi dan pengertian manajemen, adapun pengertian manajemen menurut para ahli sebagai berikut:

  • George Terry
Pengertian manajemen menurut george terry adalah pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, dengan mempergunakan bantuan orang lain.
  • James Stoner.
Definisi manajemen menurut james stoner adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya lain, yang ada di dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Luter Gulick.
Menurut Luter Gulick, Pengertian Manajemen adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan mengapa manusia bekerja sama dalam mencapai tujuan dan mengajarkan bagaimana sistem kerjasama yang bermanfaat bagi kemanusiaan.
  • Oey liang lee.
Menurut Oey Liang Lee, Definisi Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan manusia dan barang barang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Baca Juga Jelaskan Apa itu Firma, Tujuan dan Karakteristiknya

Manajemen Sebagai Ilmu.

Manajemen sebagai ilmu adalah manajemen telah memenuhi persyaratan sebagai ilmu pengetahuan sebab telah dipelajari oleh manusia dalam jangka waktu yang lama dan telah mempunyai rangkaian teori yang terorganisir serta dalam penerapannya memerlukan disiplin ilmu yang lainnya, seperti akuntansi, statistik bahkan ekonomi.
Baca Juga Akuntansi Pendirian Firma yang Anggotanya Tidak Mempunyai Usaha

Manajemen Sebagai Proses

Manajemen sebagai proses adalah manajemen dalam mengatur keadaan perusahaan menggunakan sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dari apa yang telah di kerjakan oleh anggota organisasi dan menggunakan sumber daya yang ada di dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan rapat umum pemegang saham.
Baca Juga Cara Mengatur Mata Uang di Myob

Manajemen Sebagai Profesi

Manajemen sebagai profesi adalah manajemen mempunyai persyaratan untuk dijadikan sebagai profesi yaitu
  • Mempunyai ukuran hasil kegiatan.
  • Mempunyai kode etik tertentu.
  • Dapat dipelajari dalam pendidikan formal
Karena sifatnya yang sebagai profesi maka beberapa program studi di beberapa universitas memasukan manajemen sebagai mata kuliah dalam pengajarannya.
Baca Juga Cara Membuat Data File Laporan Keuangan Baru di Myob

Manajemen Sebagai Seni.

Manajemen sebagai seni adalah manajemen itu merupakan pekerjaan seni yang bertugas menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain, misalnya adalah seorang manajer keuangan tentunya akan menyelesaikan laporan keuangan hanya dengan menyuruh orang lain yaitu staff akuntan untuk menyelesaikan laporan keuangan sedangkan beliau hanya memeriksa laporan keuangan saja.
Baca Juga Cara Menambah, Mengedit dan Menghapus Akun di Myob
 Demikianlah Pengertian dan definisi manajemen secara umum dan menurut para ahli, semoga dapat menjawab pertanyaan anda ya.

0 Response to "✓ Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Umum"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel