Perbedaan Efisiensi dan Efektivitas dalam Manajemen

Konten [Tampil]
Perbedaan antara efisien dan efektif selalu ada di dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berkaitan dengan kegiatan produksi, akan tetapi sebagian orang tidak mengetahui perbedaan antara efisiensi dan efektifitas.

Perbedaan Efisiensi dan Efektivitas dalam Manajemen

Sebagai seorang manajer dari sebuah organisasi yang mengemban tanggung jawab untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya tentunya harus memperhatikan bagaimana pengambilan keputusan yang baik sesuai dengan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.
Baca Juga ✓ Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Umum
Berbicara tentang sumber daya, kita akan mengenal istilah Efisiensi dan Efektifitas yang berasal dari kata dasar efisien dan efektif. Sebenarnya akan ada tripel E yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi yaitu efisien, efektif dan ekonomis ya, mereka adalah hal yang serupa akan tetapi memiliki makna yang berbeda.


Pengertian Efisien

Pengertian efisiensi adalah sebuah kemampuan perusahaan untuk menyelesaikan sesuatu dengan benar atau sering disebut dengan istilah doing things right. Berapapun pengeluaran yang dilakukan akan dibenarkan selama pengeluaran tersebut mencapai hasil yang telah ditentukan sebelumnya.

Pengertian Efektif

Definisi efektif adalah sebuah kemampuan perusahaan untuk tujuan yang tepat ketika peralatan yang digunakan sesuai untuk mencapai tujuan yang ditetapkan atau seing disebut dengan istilah doing the right things. Jadi, masukan (input) barang seharusnya lebih sedikit dari keluaran (output).
Baca Juga Peranan Manajer Dalam Organisasi Perusahaan

Perbedaan antara Efisiensi dan Efektifitas.

Perbedaan antara efisiensi dan efektifitas terletak pada hasil yang ingin dicapai, efisiensi menekankan kepada berapapun biaya yang dibutuhkan asalkan tujuan tercapai maka dapat dilaksanakan. Sedangkan efektivitas menekankan kepada biaya yang paling minimal yang dikeluarkan untuk menghasilkan sebuah barang.
Baca Juga Keterampilan yang Wajib dimiliki Manajer
Jadi efisien itu lebih penting daripada efektifitas, misalnya seorang manajer yang bersikeras ingin memproduksi mobil-mobil yang berkapasitas besar dengan biaya yang cenderung murah padahal permintaan masyarakat justru terhadap mobol-mobil berkapasitas kecil sehingga apa yang dilakukan oleh manajer tersebut tidak efektif yang dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

Demikianlah perbedaan efisien dan efektifitas dalam organisasi, semoga dapat membantu anda memahaminya ya

0 Response to "Perbedaan Efisiensi dan Efektivitas dalam Manajemen"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel