Peranan Manajer Dalam Organisasi Perusahaan

Konten [Tampil]
Peranan manajer dalam organisasi perusahaan akan memberikan status kepada manajer sehingga mereka harus berhati-hati dalam menggunakan jabatan manajer sebab merekalah  yang  akan menjadi panutan bagi bawahannya. Peranan manajer sangatlah sentral karena bawahan biasanya akan selalu ingin menjadi seorang manajer walaupun mereka hanya bisa melakukannya hanya melalui sifatnya saja.

Peranan Manajer Dalam Organisasi Perusahaan

Nah peranan manajer berdasarkan penelitian dari Henry Mintzberg menyatakan bahwa setiap manajer memiliki kewenangan formal atas organisasi yang akan memberikan status kepada manajer. Berdasarkan pendapat tersebut, maka manajer harus dapat menempatkan dirinya sebagai mediator antar individu, sebagai seorang informan dan seorang pembuat keputusan.


Peranan Antar Pribadi Manajer

  • Pemuka Simbolis
Pemuka simbolis adalah tokoh yang melaksanakan tugas seremonial secara rutin baik yang bersifat resmi ataupun tidak resmi. Contohnya adalah manajer ikut dalam upacara, menghadiri rapat dan lain sebagainya.
  • Pemimpin
Pemimpin yaitu berperan sebagai pihak yang memberikan motivasi dan mampu menggerakkan bawahan, staffing serta pelatihan atau tugas-tugas yang harus dikerjakannya.
  • Penghubung
Peranan manajer yang berhubungan dengan komunikasi dengan pihak luar perusahaan serta dapat membina hubungan baik dengan perusahaan lainnya dengan cara menjadi juru bicara yang dapat memberikan informasi beserta penjelasannya.

Contoh peranan menghubungkan dengan perusahaan lain adalah menerima dan membalas surat yang masuk, menjalankan meeting dengan perusahaan lain serta tugas yang telah diberikan oleh pihak lain.
Baca Juga ✓ Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Umum

Peranan Manajer sebagai Informasional

  • Pemantau / Pemonitor
Memantau berbagai informasi yang berkembang di dalam perusahaan mengenai kondisi organisasi dan lingkungan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
  • Penerus Informasi
Peranan manajer sebagai penerus informasi adalah manajer meneruskan informasi yang diterima dari pihak luar atau dari bawahan baik secara langsung ataupun tertulis dan mampu menyebar luaskan keputusan baru kepada para bawahannya.
  • Juru Bicara Perusahaan
Peranan manaje sebagai juru bicara adalah mampu menyampaikan informasi kepada pihak luar yang membutuhkan tentang rencana organisasi dan hasil-hasil yang telah dicapai perusahaan.
Baca Juga Arti dan Fungsi Manajemen dalam Organisasi Perusahaan

Peranan Manager sebagai Pengambil Keputusan

  • Wirausahawan
Peranan manager sebagai wirausaha adalah mencari peluang terbaik untuk menghasilkan penghasilan bagi organisasi dan lingkungan serta mampu merancang sebuah proyek yang inovatif.
  • Pemecah Masalah
Peranan manajer sebagai pemecah masalah adalah manajer bertanggungjawab untuk mengambil tindakan perbaikan apabila perusahaan dalam kondisi kesulitan yang tidak terduga seperti pemogokan karyawan dan pembatalan kontrak.
  • Pembagi Sumber Daya
Peranan manajer sebagai pembagi sumber daya adalah manajer harus mampu mengalokasikan sumber daya organisasi baik manusia, waktu dan dana. Contohnya melakukan kegiatan penjadwalan dan otorisasi atas kegiatan yang berkaitan dengan anggaran dan program pekerjaan bawahan ya.
  • Negosiator
Peranan manajer sebagai negosiator adalah manajer bertanggungjawab atas nama organisasi untuk mewakilikinya dalam perundingan yang sangat penting seperti perundingan dengan klien bahkan serikat pekerja.
Baca Juga Keterampilan yang wajib dimiliki manajer
Demikianlah Peranan Manajer dalam Organisasi Perusahaan, manajer harusnya menjadi panutan bagi karyawan sehingga mereka merasa termotivasi dengan dipimpin manajer tersebut.

0 Response to "Peranan Manajer Dalam Organisasi Perusahaan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel