Cara Agar Invoice / Faktur Tidak Berganda di Myob

Konten [Tampil]
Cara Agar Faktur tidak double di myob adalah langkah pencegahan terhadap dokumen laporan keuangan agar terjaga validitasnya. Dokumen laporan keuangan yang baik adalah dokumen tersebut haruslah unik sehingga dapat dibedakan dengan dokumen yang lain, cara terbaik untuk membuat dokumen tersebut adalah unik adalah dengan memberikan prenumber dengan angka yang berurutan sehingga tidak akan mungkin sebuah dokumen akan berganda.

Nah cara mencegah dokumen berganda di myob dapat dilakukan dengan cara memberikan nomer urutan ketika membuat invoice, akan tetapi pengguna biasanya akan lupa sudah sampai nomer berapakah invoice yang telah di buat tadi. Sehingga pasti akan ada kemungkinan pembuatan faktur ganda di myob.

Kita tidak dapat menyalahkan sistem myob, karena sistem tersebut berjalan sesuai dengan intruksi yang kita buat sendiri, untuk dapat mencegah dokumen yang berganda di aplikasi myob dapat mengaktifkan fitur pemberitahuan mengenai dokumen ganda tersebut ya.



Apa Itu Myob.

Myob Adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat laporan keuangan secara otomatis dengan hanya memasukan dokumen transaksi secara unik. Dalam ilmu akuntansi, myob sering digunakan sebagai bahan pembelajaran karena kemudahan dalam mengoperasikan sistem tersebut.
Baca Juga Cara Membuat Data File Laporan Keuangan Baru di Myob

Cara Agar Faktur / Invoice Tidak Berganda di Myob

Cara agar faktur / invoice tidak berganda di myob akan mencegah dari pemanfaatan kelemahan pengendalian intern yang dapat membuat laporan keuangan menjadi salah saji. Faktur adalah sebuah dokumen yang digunakan untuk menagih pelanggan mengenai transaksi yang telah dilakukannya dimasa lalu, dengan adanya faktur berarti pelanggan setuju untuk membeli barang dari perusahaan kita.
Baca Juga Cara Menambah, Mengedit dan Menghapus Akun di Myob
Penggunaan faktur ganda menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pengendalian internal di perusahaan tersebut, faktur ganda akan dapat menguntungkan salah satu pihak yang menyalahgunakan dokumen faktur tersebut. Oleh karena itu, Mas raffi akan memberikan tutorial Cara membuat faktur menjadi unik di myob, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pertama anda dapat membuka menu Setup > Preference.

Cara Agar Invoice / Faktur Tidak Berganda di Myob

  • Pada tab System, silahkan anda checklist pada menu Warn if Jobs Are Not Assigned to All Transactions.

Cara Agar Invoice / Faktur Tidak Berganda di Myob

  • Pada tab Sales, anda checklist menu Warn for Duplicate Invoice Numbers on Recorded Sales.

Cara Agar Invoice / Faktur Tidak Berganda di Myob

  • Pada bagian Purchases, anda checklist juga Warn for Duplicates Purchase Order Number on Recorded Purchases.

Cara Agar Invoice / Faktur Tidak Berganda di Myob

Baca Juga Akuntansi Pendirian Firma untuk Anggota yang Telah Memiliki Usaha
Dengan mengaktifkan fitur menghapus faktur ganda di myob, faktur yang telah digunakan akan ditimpa dengan faktur baru, sehingga faktur lama akan dihapus digantikan dengan faktur yang baru dibuat.

0 Response to "Cara Agar Invoice / Faktur Tidak Berganda di Myob"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel