Contoh Soal Agio dan Disagio Saham Biasa dan Preferen

Konten [Tampil]

Contoh soal agio dan diagio saham biasa dan preferen akan berguna untuk menentukan tingkat saham treasury yang dibeli kembali. Materi modal saham dan laba ditahan dalam akuntansi keuangan menengah menjelaskan bagaimana proses pengolahan investasi dalam bentuk ekuitas dan liabilitas pihak ketiga.

Perbedaan agio saham dan capital gain terletak pada pengakuan keuntungan seseorang atas transaksi pembelian dan penjualan saham biasa. Agio saham adalah nilai lebih yang disetorkan investor atas nilai nominal saham yang dibelinya untuk memperoleh satu lot saham sebagai penyertaan modal di perusahaan.

Contoh soal modal saham dan jawabannya akan memberikan penjelasan mengenai waktu diakuinya keuntungan dan kerugian selisih harga jual dengan nilai nominal. Kapitalisasi agio saham adalah proses penjumlahan seluruh keuntungan selisih dari transaksi jualbeli modal saham biasa dan saham preferen entitas.

Contoh Soal Agio dan Disagio Saham Biasa dan Preferen

Perbedaan Agio dan Diagio Saham Biasa

Perbedaan agio dan disagio saham biasa terletak pada pengakuan selisih keuntungan dan kerugian dari nilai nominalnya. Modal saham dan laba ditahan akan menjelaskan informasi mengenai laba per lembar saham, nilai buku per lembar saham dan saham yang diperoleh kembali setelah diperjualbelikan.

Kapitalisasi agio saham adalah penjumlahan seluruh keuntungan selama tahun berjalan ketika menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Saham bernilai pari adalah nilai nominal saham biasa yang ditentukan dalam akta pendirian dan diperjualbelikan kepada masyarakat sesuai nilai parinya.

Diagio saham adalah penjualan saham yang dibawah nilai pari atau biaya perolehan kembali saham yang telah beredar. Agio saham adalah penjualan saham biasa diatas nilai pari yang menunjukkan selisih lebih harga jual barang dagang. Agio saham termasuk akun ekuitas, disagio saham merupakan akun kontra dari ekuitas.

Baca Juga: Contoh Soal Saham Treasury dan Pembahasannya

Contoh Soal Agio dan Disagio Saham Serta Jawabannya

Contoh soal agio dan disagio saham akan terjadi ketika entitas telah memperjualbelikan saham kepada masyarakat. Ketika entitas mau menerbitkan saham baru dalam rangka go public, maka entitas harus menggunakan jasa lembaga penjamin emisi efek seperti underwriter perbankan atau lembaga keuangan lainnya.

Contoh soal modal saham dan laba ditahan menjadi tujuan didirikannya perseroan terbatas. Karakteristik utama perseroan terbatas adalah dibentuknya saham sebagai bukti penyertaan kas dan setara kas. Underwriter bertugas untuk menjual seluruh saham yang telah diterbitkan pada nilai nominal tertentu.

Contoh soal penjualan saham dengan kurs terjadi pada PT Masraffi yang memiliki saham biasa dengan nilai nominal Rp 8.460 per lembar. Buatlah jurnal mencatat penjualan saham dengan kurs 102 dan 97. Apakah perusahaan akan mengalami agio dan diagio saham ketika menjalankan transaksi jualbeli surat berharga tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dan Jawabannya

Cara Menghitung Agio dan Disagio Saham Biasa dan Preferen

Cara menghitung agio dan diagio saham biasa dan saham preferen ditentukan ketika entitas mengakui nilai nominal saham. Perusahaan dapat menerbitkan saham tanpa nilai pari artinya harga jual dianggap sebagai nilai nominal. Saham biasa adalah saham yang diperjualbelikan kepada masyarakat biasa.

Contoh soal ekuitas modal disetor akan dipergunakan dalam pelaksanaan struktur modal dalam manajemen keuangan. Kebijakan pembagian dividen dan obligasi jangka panjang harus diatur dalam akta pendirian terutama pada bagian modal disetor, modal ditahan dan modal yang ditempatkan di perusahaan.

Cara menghitung agio dan disagio saham akan berpengaruh pada pencatatan akuntansi keuangan menengah. Nilai pari dijadikan dasar untuk menentukan keuntungan dan kerugian selama tahun berjalan. Ekuitas adalah bukti investor telah menyetorkan dana di perusahaan untuk membantu kegiatan administrasinya.

Jurnal Pencatatan Agio Saham

Jurnal pencatatan agio saham dalam akuntansi keuangan menengah dipergunakan sebagai bukti transaksi diperolehnya saham kembali setelah diperjualbelikan kepada masyarakat.

Jurnal agio saham biasa dan preferen atas transaksi penjualan saham dengan kurs 102 sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/05/2021Kas Rp 862.920
Modal Saham Rp 846.000
Agio Saham Rp 16.920
(Jurnal mencatat penjualan saham diatas nilai nominal)

Jurnal Pencatatan Disagio Saham

Jurnal pencacatan disagio saham dalam akuntansi pengantar diperuntukkan sebagai akun kontra dari agio saham. Saham preferen memiliki keuntungan yaitu pembagian laba secara kumulatif setiap periode pembayaran dividen.

Jurnal disagio saham harus membalikkan atau sebagai akun kontra agio saham ketika sudah menerbitkan akun tersebut. Adapun jurnal pencatatan disagio saham biasa dan saham preferen sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
15/07/2021Modal Saham Rp 820.620
Agio Saham Rp 16.920
Disagio Saham Rp 8.460
Kas Rp 846.000

Baca Juga: Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak

Demikian contoh soal agio dan disagio saham biasa dan preferen dalam akuntansi keuangan menengah. Karakteristik saham biasa dan saham preferen harus diketahui agar seluruh pemegang saham mengetahui hak dan tanggungjawab kepada perusahaan untuk memperoleh imbal balik dalam bentuk dividen.

0 Response to "Contoh Soal Agio dan Disagio Saham Biasa dan Preferen"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel