Contoh Soal Wesel Bayar dan Wesel Tagih Berbunga

Konten [Tampil]

Contoh soal wesel bayar dan wesel tagih berbunga dan tanpa bunga akan dipergunakan untuk mengakui pendapatan dan beban bunga yang harus dibayarkan. Pengertian wesel menurut para ahli adalah perjanjian untuk mengembalikan pinjaman sesuai waktu yang ditentukan disertai penggunaan prinsip time value of money.

Contoh soal dan jawaban wesel berbunga dan tanpa bunga akan dipergunakan untuk menentukan tanggal jatuh tempo wesel dan bunga terutangnya. Keuntungan memiliki wesel adalah entitas memperoleh kepastian tentang pembayaran hutang dan piutang untuk penjualan kredit kepada customer atau supplier.

Apabila terjadi kerugian dalam wesel tagih maka entitas harus mengakuinya sebagai beban tahun berjalan. Karakteristik wesel berbunga dan wesel tanpa bunga terdapat ketika surat hutang diterbitkan oleh perusahaan. Wesel bayar termasuk akun liabilitas dan wesel tagih termasuk akun piutang dagang entitas.

Contoh Soal Wesel Bayar dan Wesel Tagih Berbunga

Karakteristik Wesel Berbunga dan Tanpa Bunga

Karakteristik wesel berbunga dan tanpa bunga dapat dilihat dari suku bunga pasar yang diberlakukan untuk pengembalian dana perusahaan. Terjadinya wesel bayar dikarenakan entitas menukarkan utang dagang yang belum dilunasi dengan liabilitas jangka panjang dalam bentuk perjanjian pembayaran tagihan.

Bagaimana karakteristik dari wesel berbunga yaitu terdapat bunga atas perpanjangan termin pembayaran tagihan bagi perusahaan. Nilai wesel ketika jatuh tempo terdiri dari nilai nominal dan suku bunga yang harus dibayarkan. Jurnal pencatatan wesel bayar dan wesel tagih seharusnya menjadi pertimbangan liabilitas jangka panjang.

Perbedaan wesel berbunga dan tanpa bunga dapat dilihat secara fisik dari surat hutang yang diterbitkan. Wesel yang menyatakan adanya bunga ketika membayar diakhir masa jatuh tempo disebut wesel bunga. Wesel tanpa bunga artinya perjanjian pembayaran tertentu yang nilainya diatas nilai nominal pada saat perjanjian.

Baca Juga: Cara Mencatat Pembayaran Tagihan Supplier di Myob dan Accurate

Contoh Soal Wesel Bayar dan Wesel Tagih dalam Akuntansi Keuangan

Contoh soal wesel bayar dan wesel tagih dalam akuntansi keuangan diperuntukan bagi perusahaan yang ingin membayarkan tagihannya. Wesel bayar termasuk akun liabilitas jangka panjang yang akan mendatangkan beban bunga ketika dibayarkan pada akhir masa jatuh tempo wesel tagih tersebut.

Contoh soal dan jawaban wesel berbunga dan tanpa bunga didasari oleh bukti transaksi berupa surat hutang dan perjanjian pelunasan tagihan. Siapakah yang menerbitkan wesel? pihak yang memiliki tanggungan kepada entitas lain sebagai dasar untuk memperpanjang termin pembayaran tagihan jatuh tempo.

Contoh soal dan jawaban wesel berbunga terjadi pada PT Masraffi yang membeli peralatan kantor dan kendaraan seharga Rp 846.000.000 dengan bunga 8% per tahun. Masa jatuh tempo wesel adalah 90 hari. Buatlah jurnal penerbitan wesel dan pembayaran tagihan diakhir tempo beserta bunganya.

Baca Juga: Contoh Penerbitan Obligasi Premium dan Diskonto

Cara Menghitung Wesel Berbunga dan Pembahasannya

Cara menghitung wesel berbunga akan menentukan berapakah jumlah pembayaran yang harus dilakukan untuk melunasi tagihan ketika jatuh tempo. Pendiskontoan wesel tagih artinya entitas menjual wesel sebelum masa jatuh tempo untuk mendapatkan kas dan setara kas secara cepat.

Sistem pengendalian internal penjualan kredit harus dapat menilai kualitas pembayaran pelanggan sebelum mengadakan memberikan termin pembayaran. Termin pembayaran adalah waktu yang ditentukan untuk melunasi tagihan sesuai kesepakatan setelah pengiriman barang dilaksanakan.

Cara menghitung wesel berbunga dan tanpa bunga akan membebankan sejumlah biaya tertentu sebagai pelaksanaan kegiatan jualbeli. Perhitungan bunga didasarkan pada jumlah hari yang terutang bunga dengan menggunakan konsep time value of money. Jurnal pencatatan penerbitan wesel dan pelunasan wesel tagih adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/12/2021Account Payable Rp 846.000.000
Noted Payable Rp 846.000.000
(Jurnal penerbitan wesel bayar)
09/03/2022Noted Payable Rp 846.000.000
Interest Expance Rp 16.688.219
Cash Rp 862.688.219
(Jurnal pelunasan wesel bayar)

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Perolehan Aktiva Tetap Menurut Pajak

Demikian contoh soal wesel bayar dan wesel tagih berbunga dan tanpa bunga dalam materi akuntansi keuangan menengah. Karakteristik, pengertian dan keuntungan memiliki wesel harus dipertimbangkan untuk memastikan tidak adanya kas yang menganggur agar keuntungan perusahaan meningkat.

0 Response to "Contoh Soal Wesel Bayar dan Wesel Tagih Berbunga"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel